Mengenal Lebih Dekat IDwebhost, Web Hosting Terbaik Asal Kota Gudeg

Beberapa hari lalu, saya mengajukan pertanyaan kepada teman-teman saya melalui media sosial: ketika mencari penyedia layanan hosting, apa yang paling penting untuk diperhatikan?

Melalui mereka saya mendapat persepsi unik, yaitu mencari web hosting terbaik sama halnya seperti menyeleksi calon pasangan hidup. Pengennya bisa setia, sehidup semati, sehidup sesurga. Biar bisa loyal dan royal, dibutuhkan partner yang penuh kasih sayang dan maksimal perhatiannya.

Namun, saya punya pandangan sendiri. Mencari web hosting ibarat mencari kosan-kosan.

Cari tahu dulu tipe-tipe kamar yang ditawarkan, ada apa saja fasilitasnya, berapa pengeluaran per bulan, apakah para pekerjanya bersedia melayani dengan senyum dan sepenuh hati, dan yang terpenting adalah sebaik apa keamanannya.

Orang gila mana yang mau menghuni rumah web hosting yang gampang kecolongan? Walaupun, ada saja pemilik usaha yang memerlukan kehadiran maling untuk mengetahui secanggih apa tingkat keamanan area bisnis mereka.

Singkat kata, sehebat-hebatnya satpam, masih ada penyusup yang lebih lihai.

Rupanya, petualangan saya mencari tempat hosting terbaik pun masih belum rampung. Masih ada banyak pilihan untuk dikoleksi sebelum menyeleksi. Kali ini saya ngaso dulu di shelter IDwebhost.


Ada Apa Dengan IDwebhost?

Sudah pernah mampir ke website resmi IDwebhost? Kalau belum, coba deh sesekali kamu mengunjungi dan membaca profil lengkap mereka langsung dari web-nya di alamat https://idwebhost.com.

IDwebhost web hosting terbaik

FYI and as you see, begitu kita masuk ke halaman utama, kita akan melihat berbagai macam informasi yang dibutuhkan. Mulai dari penjelasan singkat tentang keunggulan, daftar paket hosting, carousel iklan, hingga testimoni.

Pada Main Page itu pula, kita disuguhi alasan-alasan mengapa kita harus mempercayakan urusan kita kepada tim IDwebhost. Singkatnya, mereka berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan umum, seperti:


Fakta atau Hoax: Sedia paket hosting dengan harga bersaing?

IDwebhost sendiri menawarkan 5 macam paket hosting, yaitu Personal, Cute, Awesome, Fantastic, dan Corporate. Paket personal dibuka dari harga Rp1000 (seribu rupiah) per bulan. Dengan kapasitas penyimpanan data maksimalnya 90 MB, dan bandwidth bulanannya 1 GB saja.

Walaupun terlihat menggiurkan, sebenarnya paket ini hanya cocok digunakan untuk menampilkan profil, portfolio, preview template website, dan preview produk digital lainnya.

Blogger pasti tahu banget

Sebagai penulis blog sangat penting bagi saya untuk memperhatikan tampilan dan kecepatan loading website yang dikelola. Selama proses tersebut, saya bisa menghabiskan waktu berhari-hari untuk mencari template yang tepat dan mampu mencerminkan esensi blog secara menyeluruh.

Kadang-kadang saya nyari sendiri. Terkadang pula, saya minta rekomendasi dari teman-teman sesama blogger. Pas lagi hunting di marketplace kategori template website, baik untuk Wordpress, Blogspot, maupun Tumblr, biasanya desainernya menyematkan tombol Preview/Lihat dan Download.

Halaman Preview akan menayangkan secara menyeluruh tentang tampilan default template tersebut. Gara-gara itu pula, ekspektasi saya jadi gak melambung kemana-mana.

Dulu, saya kira, Halaman Template Preview dibuat dengan memanfaatkan banyak blog. Logikanya begini, kalau untuk membuat template Blogspot, maka kode-kode yang digunakan adalah default script milik Blogspot itu sendiri.

Berdasarkan pemikiran itu, saya mengaplikasikannya ke semua CMS, khususnya Wordpress. Rupanya, tidak begitu lho, teman-teman. Kita bisa membuat Halaman Template Preview dengan memanfaatkan paket hosting terbaik dari IDwebhost seharga Rp900/bulan.

Biar cepat balik modal, sebaiknya standard desain template Wordpress kita secakep Evdistio Theme dan Avada Theme. Tahu kah kamu? Keduanya menginspirasi saya untuk merancang sendiri tampilan blog mewdavinci.com. Walhasil, saya belajar basic pembuatan template Blogspot.

Mantap! Harganya bisa lebih miring sampai guling-guling

Kita bisa dapat web hosting dengan harga gopek tambah nopek, alias citpek sebulan. Dengan syarat, kita mau ngontrak selama 3 tahun dibayar kontan. Tapi kamu perlu tahu, harga ini cuma ada saat masa promo berlangsung, selain itu saat perpanjang, otomatis tagihan kita adalah untuk per 3 tahun.

Detail paket hosting terbaik dari IDwebhost bisa kamu lihat di web address idwebhost.com/hosting-indonesia. Dan jangan sungkan untuk bertanya ke live support-nya. Mereka online setiap hari, 24 jam non-stop, termasuk saat hari raya dan hari libur nasional.

Fakta atau Hoax: Server cepat dan stabil?

Menurut kamu, apa bikin males pas ngebuka website? Kalau saya, paling ngebetein itu ketika loading web-nya lama banget. Sudah ditungguin lebih dari 15 menit, eh tahu-tahunya yang muncul cuma blank page putih aja.

Ada juga website lemot yang kalau dibuka malah banjir iklan. Klik background, iklan. Klik link, iklan. Mau close browser pun, masih saja nampilin pop up ads. Apesnya lagi, web tersebut ternyata nyebarin malware! Walhasil, perangkat saya jadi terinfeksi.

Kalau begini, salah siapa? Barangkali sudah terlalu telat buat salah-salahan. Normalnya, yang sepantasnya aware terhadap isu ini adalah pemilik website dan teknisi provider hosting.

Pada kesempatan ini saya menguji coba kecepatan hosting IDwebhost menggunakan 3 online tools yaitu:
  • DNS Hosting Speed dari Neustar Ultratool
  • Ping Server dari Check Host, dan
  • DNS Propagation Checker dari What's My DNS.

URL domain yang menjadi kelinci percobaan saya adalah http://bunderan.id.or.id. Berdasarkan informasi dari cs online IDwebhost, lokasi server mereka saat ini hanya berada di Indonesia saja. Lebih tepatnya ada di Jakarta (Duren 3) dan Yogyakarta.

Jadi, konsep dari ping itu sendiri adalah sama halnya dengan menguji kecepatan jasa kurir seperti JNE, Pos Indonesia, atau SAP Express dalam pengiriman barang. Artinya, semakin dekat lokasi tujuan, semakin cepat pula barang tersebut diterima.

Saya mencoba mendefinisikan sendiri kecepatan server melalui tabel di bawah ini. Tolak ukur yang saya gunakan adalah kecepatan rata-rata provider hosting di Indonesia, ditambah tingkat kesabaran saya sebagai pribumi asli Indonesia. Hehehe.

Indikator Kecepatan Akses Server (ms)
Turbo 0-50
Sangat cepat 50-100
Cepat 100-250
Lumayan 250-400
Lambat 400-600
Tulalit 600-800
Diculik alien >800

Seberapa cepat IDwebhost di mata DNS Speed Test?

Pertama-tama saya memakai tool dari Neustar Ultratool, yaitu DNS Hosting Speed. Fungsinya sendiri untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan DNS Server dalam merespon permintaan mengakses domain atau host.

Jadi, sebenarnya, ini gak pure menguji kecepatan server hosting itu sendiri sih. DNS Speed Test merupakan upaya untuk mengetahui seberapa cepat suatu server domain menanggapi permintaan user yang ingin mengakses website tersebut.

FYI not FYA, pengujian ini mengabaikan faktor image, video, text, script website, dan lain-lain. Jadi tidak ada kaitannya dengan size halaman website, ya.

Lokasi pengujiannya sendiri dilakukan di Reston, (VA) United State. Dan saya memperoleh angka rata-rata sebesar 267 ms untuk server IDwebhost. Anda bisa lihat hasilnya melalui gambar di bawah ini.

Server hosting speed test IDwebhost

Mengingat lokasi pengujian cukup jauh, sehingga butuh banyak tempat transit (router), maka untuk saat ini, IDwebhost masih berada dalam batas wajar. Saya pun membandingkannya dengan beberapa provider hosting terbaik yang pernah saya ulas di artikel sebelumnya.

"DNS Speed Test digunakan untuk mengetahui kecepatan server domain menanggapi permintaan user dalam mengakses website."

Kamu bisa membandingkan hasil tes melalui gambar di bawah ini. Gunakan tabel kecepatan akses di atas untuk melihat indikatornya.

Hasil tes server hosting Niagahoster
DNS speed test Niagahoster / Hostinger (lokasi server Singapura)


Hasil tes server hosting speed rumahweb
DNS speed test Rumah Web (lokasi server Indonesia)

Bener gak sih tool DNS Speed Test bisa mengukur kecepatan hosting? Berdasarkan pengamatan saya sih jawabannya "bisa ya, bisa tidak". Tergantung apa yang diinputkan. Seandainya yang mau diukur adalah kecepatan server domain, maka hasilnya bergantung pada kemana kita menginduk.

Dalam kasus pada gambar di bawah, domain website mewdavinci.com berada dalam naungan server Rumah Web. Itu sebabnya, result di DNS Speed Test berada di kisaran 202 ms. Berbeda dengan hasil ditunjukkan oleh tool Ping Server dari Check Host.

Online tool, yang bisa kita gunakan di www.check-host.net ini, menampilkan data server hosting. Karena saya masih ngekos di Google Inc, jadi wajar saja kalau kelihatannya aksesnya cepat. Padahal, kalau orang Indonesia sendiri yang buka, ya speed-nya so so lah.

Penjabaran lainnya begini, pada lokasi pengujian yang sama, yaitu di USA, server speed mewdavinci.com di Ping Server berada pada kisaran 15.8 ms. Tahu kenapa?

Karena sebenarnya yang diukur oleh alat tersebut adalah server hosting milik Google Inc. Intinya, Check Host mengabaikan provider yang menyewakan domain. Dalam hal ini, online tool tersebut tidak peduli pada siapa saya membeli domain.

Kamu bisa juga mencoba menginputkan domain awal blog Mew da Vinci ke tool DNS Speed Test. Dengan cara mengetik web address saidoonee.blogspot.com pada box pengujian. Lalu, klik tombol Go. Maka, kamu akan melihat hasilnya sinkron dengan hasil yang ditunjukkan oleh Ping Server.

DNS Speed Test Result mewdavinci.com


Faktanya, server IDwebhost terbukti stabil dan sangat cepat

Dengan menggunakan online tool Ping Server, saya jadi tahu bahwa jika server hosting IDwebhost diakses dari Vietnam, maka kecepatannya sekitar 67 ms.

Bagaimana? Sangat cepat, bukan? Jangan beralih kemana-mana dulu, karena saya masih punya 2 fakta menarik lainnya. Jadi, lanjutkan membaca, ya.

Hasil tes kecepatan hosting IDwebhost

Fakta atau Hoax: CS IDwebhost tetap online di Hari Raya?

Kamu suka ngalong (tidur larut malam)? Saya bukan tipe orang yang suka begadang, tapi saya terbiasa bangun di tengah malam. Seusai mendirikan sholat tahajjud, baca Qur'an, dan dzikir, saya mengisi waktu luang saya dengan berselancar di situs-situs, seperti portal berita atau komik.

Terkadang pula, saya memeriksa website saya. Sekedar ngetes apakah blog mewdavinci.com masih bisa diakses atau enggak, selancar apa loading-nya, apakah ada komentar, berapa banyak visitors. Pokoknya, aktivitas gitu-gitu saja lah.

Nah, kira-kira apa hubungan antara cs online dengan akses website?

Dari kacamata outsider, tentu saja merasa tidak ada kaitanya sama sekali. Tapi, bagi developer, ketika web yang dia kelola mendadak gagal diakses, gara-gara kehabisan bandwidth misalnya, tentulah yang harus dihubungi pertama kali adalah operator penyedia layanan hosting tempat mereka bernaung.

Apa jadinya ketika lagi genting seperti itu, tapi operator-operator provider tersebut malah pada bocan (bobok cantik)? Online sebatas status, tapi orang-orangnya offline?

Bener gak sih customer service IDwebhost online 24 jam non-stop setiap hari? Kayak gimana pelayanan mereka ketika hari semakin larut, terutama menjelang dan sesudah subuh?

Ada gak sih operator yang nakal ketika menerima pesan atau telepon dari lawan jenis saat tengah malam? Atau, mungkin gak sih di jam-jam segitu live support mereka malah jadi parno, jutek, judes, julid, males-malesan, gak ramah, bahkan throw the customer needs like a trash?

Di sinilah, peran saya sebagai reviewer untuk mengetes informasi yang disuguhkan secara real-time. Bagi saya, waktu yang paling tepat melihat perbedaan pelayanan adalah di waktu Tahajjud, menjelang adzan Subuh, pas masuk Syuruq, ketika Dhuha, dan selepas sholat Ashar.

Spesifikasi keamanan hosting IDwebhost

IDwebhost didukung oleh operator yang kooperatif dan bertanggung-jawab

Suatu provider tidak layak dinobatkan menjadi yang terbaik kalau kerap kali menjengkelkan. Banyak teman-teman saya yang memilih setia menggunakan jasa dari perusahaan tertentu karena mereka merasa nyaman, secure, dan akrab.

Sudah bukan rahasia kalau menjadi online customer service itu berat. Lebih berat daripada Dilan 1990 yang katanya siap memikul rindu milik Milea.

Selain itu, sudah resiko operator online untuk berusaha sekuat mungkin menghadapi jutaan ragam karakter manusia di dunia maya. Mulai dari yang pura-pura awam, sampai yang benar-benar gaptek.

Terlepas dari gaya bicara live support IDwebhost yang sesuai dengan kepribadiannya masing-masing, namun saya menilai mereka masih tetap sopan, santun, ramah, tulus, dan bekerja sepenuh hati.

Misalnya, sewaktu saya berusaha mempelajari tentang perusahaan mereka. Saat itu, mereka tahu bahwa saya sekedar tanya-tanya saja. Tapi, saya salut, karena cs online IDwebhost masih tetap mau membantu saya memperoleh informasi yang aktual dan real.

Jujur saja, online customer service IDwebhost pernah membuat saya menunggu direspon hampir 10 menit. Padahal, sebelumnya, percakapan kami cukup lancar dan fast response. Saya sempat mengira, hal yang saya tanyakan merupakan sesuatu yang tabu untuk di-share oleh mereka.

Rupanya, ketika dia, live support yang melayani saya tersebut, kembali ke chat room, dia tidak sungkan untuk membalas chat saya, dengan teks: "Maaf, Pak, mohon tunggu sebentar, saya sedang menanyakannya ke bagian teknisi kami".

Begitu saya menerima pesan tersebut, saya jadi punya kesan positif. Yaitu, diamnya online customer service IDwebhost adalah diam yang worth it. Layak buat ditunggu. Dan, saya jadi bersemangat untuk mengetahui lebih dalam tentang provider hosting terbaik dan domain murah meriah satu ini.

Fakta atau Hoax: Banyak kemudahan dan promo menarik?

Saya suka diskonan! Hehehe. Bulan Agustus memang bulannya hemat. Banyak toko yang ngasih potongan harga. Seperti di IDwebhost, diskon up to 90 persen diberikan kepada pelanggan yang ingin membuat domain dot id (.id).

Apa saja syaratnya? Mudah sekali. Selipkan salah satu pilihan kata yang berhubungan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia berikut ini, yaitu: Indonesia, bersatu, pancasila, merdeka, bhineka, agustus, proklamasi, garuda, merah, putih, 17, 08, 45, dan/atau 73.

Tidak berhenti di domain murah saja. Potongan harga juga bisa didapatkan jika kita membeli salah satu dari 2 paket hosting terbaik IDwebhost. Diskon 53% untuk Paket Cute, dan 57% untuk pembelian Paket Awesome.

Sampai kapan promo menarik ini berlangsung? Telat banget sih kalau saya baru upload di akhir bulan Agustus ini, sedangkan kupon diskonan yang saya angkat pun berakhir di bulan yang sama. Tapi, tidak perlu kecewa. Karena provider hosting dan domain murah ini masih punya banyak kejutan.

Tidak hanya sekedar produk serba murah yang mereka tawarkan lho, gaeess. IDwebhost juga memberikan garansi kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Kalau kamu suka ngehosting di sini, silakan lanjutkan. Tapi begitu kamu dikecewakan, jangan ragu buat minta refund 100 persen.

Walaupun begitu, IDwebhost terus menerus berusaha memberikan yang terbaik kepada pelanggan. Tidak hanya sebatas menyodorkan produk, mereka juga ingin hadir sebagai solusi.

Tekad itu dibuktikan melalui segala bentuk kemudahan yang mereka harapkan mampu menjawab permasalahan-permasalahan umum yang sering dialami customer. Misalnya, seperti:

Memberi kemudahan dalam proses pembayaran

Asyik ya kalau bisa bayar tagihan tanpa harus mikirin biaya transfer antar bank yang berbeda. Gaess, seperti penyedia layanan hosting terbaik lainnya, IDwebhost juga menyediakan 8 pilihan bank.

Mau transfer dari BNI ke BNI? Bisa.

Antar rekening BRI? Boleh banget.

Pengen transfer pakai rekening BCA? Silakan saja.

Nyari rekening Bank Mandiri? Ada kok.

Mau pakai bank apa lagi? Tersedia Permata Bank, CIMB Niaga, Bank Mega, dan BII.

Males transfer pakai bank? Pengen nyobain bertransaksi menggunakan Paypal biar bergaya? IDwebhost siap menerima pembayaran invoice melalui dompet online ini juga lho.

Nanti setelah transfer, jangan lupa konfirmasi ya. Gak perlu ribet mikirin kirim email. Manfaatin nomor WhatsApp kamu, dan kirim bukti transfernya ke nomor WA 0821 4000 1000. Atau, tinggal telepon saja ke 0811 2956 604. Kamu juga bisa mengonfirmasi via live chat mereka.

Untuk detailnya, silakan baca petunjuk metode pembayaran IDwebhost di tautan ini, ya teman-teman.

Mulai memperbanyak jumlah kantor cabang

Hey! Anak muda sekitaran Jogja, Jakarta, dan Semarang. Sudah pernah ke kantornya IDwebhost belum? Dengar-dengar, kantor IDwebhost termasuk bersih dan stafnya ramah.

Ngomongin soal kantor IDwebhost, dengan bermodal handphone yang sudah terinstall aplikasi Google Map dan GPS, kita bisa langsung samperin mereka buat konsultasi, curhat, komplain, order langsung, atau sight seeing ke sana.

Buat kamu yang tinggal di area Jabodetabek, langsung capcus ke IDwebhost Jakarta di alamat:
Jl. Mampang Prapatan Raya
No. 19 C, Jakarta Selatan, Indonesia
Telepon: (021) 79184155




Kalau lokasi kamu lebih dekat dengan kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia, yang kita kenal sebagai Kota Lumpia atau nama gaul lainnya Venice Van Java, ngapain jauh-jauh datang ke Jakarta? Langsung samperin saja kantor IDwebhost Semarang di alamat:
Jl. Kedung Mundu Raya
No. 99 B, Semarang, Indonesia
Telepon: (024) 6716780



Bakalan lebih joss seandainya kita bisa menyempatkan mampir ke kantor pusat mereka yang berlokasi di Jogja. Sambil silaturahim, enaknya sambil bawa camilan khas Kota Pelajar, yaitu bakpia dan bolang-baling yang di jual di area alun-alun Keraton Jogjakarta.

Sebelum kamu nge-Google lokasi Head Office IDwebhost, saya bakalan share ke kamu tanpa diminta. Saya baik banget, kan? Hehehe. Gaess, tunggu apa lagi? Yuk datang ke kantor pusat mereka di alamat:
Jl. Perintis Kemerdekaan
No. 33, Yogyakarta, Indonesia
Telepon: (0274) 415585


Menyediakan paket hosting murah gratis domain

Sudah tahu kan, kalau harga paket di IDwebhost start dari Rp1000 (seribu rupiah) per bulan? Tapi itu paket itu gak ada gratis domainnya sama sekali lho. Kalau mau dapat 1 domain gratis setahun penuh, bisa ambil Paket Cute.

Beda lagi seandainya kita ambil Paket Awesome. Kita bakalan dapat 1 domain free life time, alias seumur hidup hosting tersebut, ditambah 1 lagi domain gratisan untuk 12 bulan full.

Walaupun saya sudah membahas soal paket hosting murah meriah IDwebhost ini di atas, tapi saya rela kok mengulang informasinya kembali biar makin to the point. Baca juga pemaparan mereka tentang kenapa kita gak bakalan rugi memilih mereka sebagai hosting terbaik.

Sering mengadakan promo domain murah

Mau yang gratis atau yang beneran murah? Terus terang, gak selamanya yang gratis itu match dengan kondisi financial saya. Saya mesti kalkulasi ulang, agar pasak jangan sampai lebih besar dari tiang.

Kabar gembiranya, IDwebhost gak hanya kasih kejutan harga spesial untuk pelanggan yang mau menyewa hosting. Mereka juga sering memberikan diskon domain murah. Contohnya, seperti potongan harga untuk konsumen yang tertarik memiliki domain dot XYZ (.xyz).

Hanya dengan uang Rp9.000 (sembilan ribu rupiah), kita sudah bisa dapat TLD XYZ selama setahun. Tentunya, saat melakukan perpanjang, harganya bakalan balik lagi ke normal.

Sudah berlangganan hosting? Kalau belum, gak ada salahnya nyobain IDwebhost. Kuy! Grab sekarang juga paket hematnya. Tapi, jangan asal pilih paket ya, cari tahu dulu kebutuhan kamu, baru tentukan mau deal or no deal.

Paket hosting murah IDwebhost

Hey, guys! Saya masih butuh bantuan kamu untuk lebih memperkenalkan IDwebhost kepada teman-teman pembaca lainnya. Kalau kamu pernah menjadi user mereka, share pengalaman kamu di kolom komentar, ya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Komentar