Progress 1 - Desain Layout Web Template Menggunakan Photoshop

My personal blog template design, but still in PSD, or you may say it as Photoshop

Just a minute, guys. Artikel ini membahas tentang teknik mendesain template website bertema blog. Tentunya, dirancang khusus bloggers.

Walaupun tempat eksekusi template-nya masih saya rahasiakan, apakah dirancang untuk blogger dengan platform Blogspot, Wordpress, atau Tumblr, artikel ini berisi simple tutorial bagi anda yang ingin ikut belajar mendesain template website bersama saya.

Selain itu, saya mengulasnya dengan penuh perhatian dan kasih sayang tercurah pada setiap detail kalimat dan susunan paragraph. So, nantikan dan ikuti terus progress pembuatannya step by step...

Okay?!

After The Prologue

Assalamu'alaikum warahmatullah, sohib Mew da Vinci Official.

Sahabatku, kita jumpa lagi dalam artikel terbaru di blog Finally, It's Solved. Bahasan hari ini, merupakan lanjutan dari artikel berjudul, "Build A Landing Page With Skeleton", yaitu tentang cara mendesain mendesain template menggunakan HTML, CSS, dan framework Skeleton, untuk pemula.

Kabar baiknya adalah saya sudah memiliki mentor untuk membantu saya menyelesaikan permasalahan ketika merancang blog template, based on case.

Dahulukan Sketch Template Atau Memilih Framework?

Ketika saya menginformasikan bahwa saya ingin mempelajari cara pembuatan desain website atau blog template, dua pertanyaan yang diajukan kepada saya pertama kali adalah (1) sudah bisa HTML?; Dan, (2) sudah bisa CSS?

Jawaban saya adalah Ya untuk kedua pertanyaan tersebut.

Selanjutnya, saya memaparkan kendala yang kerap kali terjadi saat mendesain layout template website, yaitu hasil akhir yang tidak sesuai dengan tampilan yang saya inginkan. Artinya, permasalahan utama saya ada pada positioning dan griding.

Terdapat dua anjuran agar saya mudah memahami pelajaran membuat layout desain website template. Yaitu, pertama, saya disarankan untuk belajar nge-grid menggunakan framework populer, seperti foundation, bootstrap, atau skeleton. Anjuran lainnya, adalah dengan mengonsep terlebih dahulu tampilan website yang akan dibuat.

Langkah Pertama

Saya memulainya dari melihat-lihat tampilan template website yang telah jadi dan telah beredar di internet, seperti fonticon.com, envato.com, colorlib.com, dan ouo.io.

Website-website tersebut dikunjungi sebagai referensi, menambah kekayaan intelektual, dan mengestimasi hasil akhir yang akan diperoleh.


Langkah Kedua

Saya mencari dokumentasi framework dari beberapa pilihan yang mudah dipelajari dan mudah diterapkan.

Ada yang mengatakan bahwa, saat ini terdapat 2 frameworks populer di kalangan web developers, yaitu Bootstrap dan Foundation. Walaupun, kedua frameworks tersebut, memiliki pesaing baru yang perkembangannya cukup pesat, yaitu Skeleton. Akan tetapi, Skeleton tidak bisa melakukan nested column.


Langkah Ketiga

Akhirnya saya membuat desain layout website template dalam bentuk PSD atau Photoshop. Gambar di bawah ini merupakan desain template website bergaya news atau blog :



Homepage layout template design oleh Mew da Vinci



Nah! Sahabatku, segini dulu ya artikelnya.

Jika anda mempunyai ide desain layout template yang ingin dibagikan kepada saya dan teman-teman pembaca lainnya, silakan langsung upload gambar anda melalui kolom komentar di bawah ini, atau mention @mewdavinci di Twitter atau Instagram.

Jangan lupa subscribe atau berlangganan artikel Finally, It's Solved! untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru langsung ke email anda. Caranya, klik link ini, untuk registrasi email.

Oh ya, tolong bantu saya share artikel "Progress 1 - Desain Layout Web Template Menggunakan Photoshop" kepada orang-orang yang anda sayangi, melalui akun media sosial anda seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Tumblr, dan Google Plus, karena artikel ini bermanfaat dan anda pun menyukainya.

Terima kasih telah membaca hingga akhir, dan sampai jumpa lagi ya, pada artikel selanjutnya. Wassalamu'alaikum warahmatullah!

Komentar

  1. oiya kalau stock image untuk product biasanya dapat darimana ? beli ? seperti headermu. Karena kalau asal comot, lalu dijual templatenya kan bisa jadi masalah... info2 ya, karena saya lagi nyari stock image sebagai product buat template yang saya buat...tp pake opencart... btw keren desainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stock image ya...? Hmmm... Coba cari di maxpixel. Saya belum pernah coba jualan template. Tapi, sepegalaman saya, pada template (premium), mereka gak menyertai gambar asli seperti yang ada di preview.

      Maksudnya, gini... Pas lagi preview kan, ada images yang cantik-cantik. Nah, begitu tempate itu dibeli, gambarnya diganti sama images lain. Kalau ada penggunaan ikon yang memang imagesnya harus berbayar, mereka sertakan link untuk beli ikonnya itu.

      Hapus
    2. Nah iya, yang preview itu kan tetap butuh image buat sample product biar kelihatan posisi layoutnya... itu biasanya beli imagenya kayaknya ya ? masih lagi nyari-nyari info yang buat preview-nya itu, soalnya takut asal ambil dipersoalkan pihak yang punya... nanti coba cari di maxpixel deh... thanks yo... kalau km biasanya bagian apanya ? desain mentahnya gitu ya a.k.a format psd nya

      Hapus
    3. Iya, gan... Dilihat aja lisensinya... Lewat Google Image Search juga bisa diatur preferensi lisensi gambarnya... Tinggal di-set ke Free for modifying atau no license.

      Kalau yang saya pakai buat contoh di artikel ini, saya ngambilnya dari adsense banner image sources yang saya ikuti, jadi bebas pakai.

      Aah~ saya bagian tester aja gan, karena saya gak mahir bikin template blog...

      Hapus
  2. Hi Min... artikelnya sangat dimengerti bagi saya sipemula yang baru belajar ini, sukses dan semangat terus ya Min, ditunggu artikel lainnya
    salam kenal ya Min nama saya Margiana Rahayu
    kunjungi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  3. Artikel admin tentang "Layout web dengan Photoshop" cukup baik, tetapi saya ada sedikit saran ya min mohon untuk ditambahkan gambar tentang cara-cara menggunakannya agar pembaca pun lebih mengerti dan kebih tertarik untuk membaca artikel admin, apalagi kalo untuk pemula seperti saya hehe. semoga saran ini membantu admin untuk menciptakan karya-karya yang lebih baik lagi yaa
    Perkenalkan saya Mutia Amirah Rahim
    Mari Kunjungi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Thank u kak utk artikel nya. Saya sedang belajar tntg mendesain layout web dgn menggunakan Photoshop dan saya menemukan artikel anda. Semoga mempermudah saya. Perkenalkan nama saya tantiara, kunjungi website kampus saya di https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  6. hai kak. artikelnya simple dan cukup dipahami buat saya tang baru mempelajari tentang membuat desai web ini. thank you dan tetap membuat artikel laiinya. tetap semangat perkenalkan nama saya Ulfa Maryanti website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  7. Terima kasih kak atas artikelnya keren kak dan sangat berguna bagi kami, setelah saya baca dan pelajari sangat membantu saya pemula yang lagi banyak belajar tentang mendesain layout web menggunakan photoshop. semoga kedepan nya kakak bisa membuat artikel yang bermanfaat lainnya, sukses buat kakak ya…Terimakasih atas tips dan cara-carany...semangat...terus berkarya,, perkenalkan nama saya Derma Anzeny, silahkan kunjungi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  8. Terima kasih kak atas artikelnya,artikel ini membantu saya yang sedang belajar mendesain halaman web menggunakan photoshop.Penjelasannya simple dan cukup untuk dimengerti. Semoga kedepan nya kakak bisa membuat artikel yang bermanfaat lainnya, sukses buat kakak ya..
    Perkenalkan nama saya Meilianda Aryanti A beli,kunjungi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  9. Terima kasih kak atas artikelnya,artikel ini membantu saya yang sedang belajar mendesain halaman web menggunakan photoshop.Penjelasannya simple dan cukup untuk dimengerti. Semoga kedepan nya kakak bisa membuat artikel yang bermanfaat lainnya, sukses buat kakak ya..
    Perkenalkan nama saya Meilianda Aryanti Abelia,kunjungi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus



  12. Allhamdulillah..Terimakasih artikelnya kak..
    Tentang Desain Layout Web Template Menggunakan Photoshop.
    Dengan adanya artikel ini saya menjadi tau dan lebih paham.
    Artikelnya juga mudah untuk dimengerti.Terus berkarya kak.
    Ditunggu artikel kakak selanjutnya.
    Perkenalkan nama saya Lailatul Marfu'ah.
    Website kampus kami https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  13. Terimakasih ya kak sudah membuat artikel ini..Saya udah cari² artikel tentang desain layout web template menggunakan photoshop saya ngak paham..tapi berkat artikel yang kakak buat saya jadi paham dan mudah mengerti..apalagi penjelasannya jelas dan saya tidak binggung lagi...sekali lagi makasih ya kak!
    Oh ya kak..perkenalkan nama saya Sawalia Safitri,kunjungi website kampus kami https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  14. Terimakasih kak atas artikel ini sangat membantu saya yang sedang belajar mendesain layout web menggunakan photoshop. Semoga artikel ini dapat mempermudah saya dalam memahaminya. Ohyaa kak kalau boleh kasih saran coba ditambahin gambar biar saya bisa lebih mengerti secara detailnya kak. Ditunggu next artikelnya kak.
    Perkenalkan nama saya Ardelia Dwi Maharani. Nim : 1922500137. Ini website kampus saya : https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  15. Terimakasih artikel yang menarik kak, dari beberapa artikel yang sempat saya kunjungi dan saya baca masih banyak penulisan, bahasa, dan penyajian dalam menjelaskan suatu materi yang rumit untuk saya pahami.
    Perkenalkan nama saya,ernita resva julina
    Kunjungi web kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  16. Wow bagus banget ni artikel nya sangat mudah sekali dpahami cara dan tata caranya dengan saya sebagai pemula yah saya harap masih banyak lagi artikel lainnya perkenalkan nama saya kamelia kunjungi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah.. terimakasih Kaka, dengan adanya artikel kakak ini saya dengan mudah mengerti tentang cara medesain layout web menggunakan Photoshop. Saya berharap kakak dapat memberikan artikel2 yang berguna dan bermanfaat bagi orang banyak sukses terus kak.. , di tunggu artikel selanjutnya perkenalkan nama saya Eva Maulani kunjungi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  18. Terimakasih kak, artikel ini membantu saya dalam belajar mengerti tentang cara mendesain lyout web menggunakan photoshop.semoga sukses terus ya kak.perkenalkan nama saya jheny sandella, silahkan kunjungi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  19. Terimakasih ya min,, sudah membuat artikel ini..Saya sudah mencari cari artikel tentang desain layout web template menggunakan photoshop karna saya sipemula ingin belajar bagaimana sih cara membuat desain layout web template menggunakan photosop tapi berkat adanya artikel ini buat saya jadi paham .bagaimana cara membuat nya ,,,artikelnya mudah dimengerti ,,,semangat terusyaa,, terus berkarya,,
    oh ya perkenalkan nama saya Miftahul jannah
    kunjungi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  20. Teeimah kasi ya min atas artikel diatas sangat membantu saya bagaimana cara desain web dengan photoshop katena artikel mudah dimengerti semoh kelanjutanya admin lebih brekerasi banyak lagi nama saya claudio khelvin ini webssiye kampus saya
    https://www.atamluhur.ac.id/

    BalasHapus
  21. Thank you kak atas artikel yang membahas cara membuat desain layout web template menggunakan photoshop, penjelasannya sangat mudah dimengerti dan sangat bermanfaat bagi saya yang baru belajar. Semangat kak membuat artikel lainnya supaya bisa membantu orang lain. Perkenalkan nama saya Tamara Oktavia website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  22. artikel ini membantu saya yang sedang belajar mendesain halaman web menggunakan photoshop.Penjelasannya simple dan cukup untuk dimengerti. Semoga kedepan nya kakak bisa membuat artikel yang bermanfaat lainnya.
    Perkenalkan nama saya Muhammad arga sendiansyah ,kunjungi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  23. Allhamdulillah....Terimakasih kak atas artikelnya....dengan adanya arrikel ini sangat membantu saya untuk belajar mendesain halaman web menggunakan photoshop.
    Penjelasannya sangat mudah untuk dimengerti.saya dan teman-teman yang lain berharap kakak dapat membuat artikel yang bermanfaat lainnya.
    Sukses terus yaaaa kaaakkk dan tetap berkarya......
    Ooohhhh yaaaa perkenalkan nama saya adeka sri purwanti.
    Website kampus kami https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  24. Terimakasih ya min,, sudah membuat artikel ini..Saya sudah mencari cari artikel tentang desain layout web template menggunakan photoshop karna saya sipemula ingin belajar bagaimana sih cara membuat desain layout web template menggunakan photosop tapi berkat adanya artikel ini buat saya jadi paham .bagaimana cara membuat nya ,,,artikelnya mudah dimengerti ,,,semangat terusyaa,, terus berkarya,,
    oh ya perkenalkan nma saya Putra Raniansyah
    kunjungi website kampus saya www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  25. ohh begini ternyata cara membuat desain layout web template ..terimakasih min sudah membuat artikel yang bermanfaat ini semoga admin selalu mau membuat artikel sekeren ini
    perkenalkan nama saya indah lestari website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  26. wahh artikel ini sangat menarik dan sangat membantu saya sekali dalam memahami cara mendesain layout dengan photoshop,saya masih dalam tahap belajar,ini sangat membantu sekali
    teruss berkarya lagii,ditunggu artikel menarik lainnya
    perkenalkan nama saya risa aprilia
    kunjungi juga website kampus saya di link https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  27. Artikel yang bagus kak , dengan artikel ini saya menjadi lebih mudah mempelajari dalam html , semoga semakin sukses ya kak , perkenalkan saya Hadiyatan Nazilah , jangan lupa mampir ke website kampus saya ya kak https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  28. Terima kasih kak atas artikelnya sangat membantu saya sebagai pemula yang lagi belajar tentang mendesain layout web menggunakan photoshop. semoga kedepan nya kakak bisa membuat artikel yang bermanfaat lainnya, perkenalkan nama saya Rian Cahya Fajar , silahkan kunjungi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  29. Terimakasih min atas artikelnya, sangat mudah dipahami,dan sangat membantu saya yang sebagai pemula yang sedang belajar tentang mendesain layout dengan Photoshop,terus berkarya kak,dan semoga kedepannya kakak bisa memberikan artikel lainnya yang bermanfaat.perkelkan nama saya afgar wira satriaji
    Ini website kampus saya
    https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  30. Thanks Min atas artikelnya,memudahkan saya dalam memahami bagaimana cara mendesign layout dengan menggunakan photoshop pada pemprograman web di html gua,sekarang udah ngerti gmna cara nya.dan langkah” yg admin berikansangat mudah.Seemangat terus min dalam artikelnya supaya dalam membantu dan menolong orang lain Aamiin
    Perkenalkan Nama saya Dhita Heru Pambudi
    Kunjungi website kampus kami https://www.atmaluhur.ac.id/
    Makasih yaa

    BalasHapus
  31. Mkasih min artikelnya sangat membantu sekali dalam memahami bagaimana cara mendesain layout dengan menggunakan photoshop pada pemrorgaman web html, semoga kedepannya bisa lebih bagus dari yang sekarang terus berkarya ya min terimkasih. Sebelumnya perkenalkan saya Candra Ardiansyah Jangan lupa mampir ke web kampus aku ya https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  32. Hallo min, nama saya Diva Fathiya. Mahasiswi STMIK ATMA LUHUR PANGKALPINANG. Wahhh makasih ya min artikelnya, bagus sekali sangat membantu saya yg masih pemula dlm design web terutama design web dengan menggunakan photoshop, semangat min untuk terus berkarya agar bisa lebih banyak membantu org diluar sana yg masih belum paham. Kunjungi juga ya min website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  33. Thanks Min atas artikelnya, artikel admin sangat bermanfaat untuk saya dan memudahkan saya dalam memahami bagaimana cara mendesign layout dengan menggunakan photoshop pada pemprograman web di html gua,sekarang udah ngerti gmna cara nya
    Semangat terus min dalam membuat artikelnya, sukses selalu..
    Perkenalkan Nama saya Mozza Muthia Rahman
    Kunjungi website kampus kami https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  34. terimaksih kak atas informasinya ini sangat membantu saya. semangat terus min untuk blog selanjutnya karna saya sangat menunggu blog kakak selanjutnya semoaga bermanfaat untuk orang banyak.Perkenalkan Nama saya Rida anggraini jangan lupa kunjungi website kampus saya di https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  35. Terimakasih gan artikelnya sangat membantu saya dalam belajar mendesain header web dengan Photoshop,terus berkarya dan sukses selalu,semoga artikel ini juga berguna bagi teman-teman lainnya.perkenalkan nama saya Reza pahlevi, website kampus saya
    https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  36. Makasih kak buat artikelnya:) Artikelnya sangat membantu dan penjelasannya sangat mudah dimengerti dan dipahami.. Terus bikin artikel yang bermanfaat lainnya ya kak..
    Perkenalkan nama saya Laila Huriana Anisah Rohmawati dari STMIK Atma Luhur kunjungi juga website kampus saya (https://www.atmaluhur.ac.id/)

    BalasHapus
  37. Artikelnya sangat membantu belajar memahami Membuat Website Dengan Photoshop. Terimakasih kak untuk ilmunya. Nama pauziah kunjungi website kampus kami di https://mahasiswa.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  38. Hai kak perkenalkan nama saya Nia zulianti , artikel kakak sunggu membantu sekali dan mudah dipahami , mudah sekali saya mengikuti cara² yang KakaK terapkan , sukses terus kak
    Kunjungi website kampus kami https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  39. Selamat malam, akhirnya saya mendapat artikel tentang desain web di photshop, artikel ini sangat bagus untuk saya dan orang yg mengunjungi web ini, terimakasih atas artikelnya, stay safe 🙂
    Perkenalkan nama saya Dela Novitasari dari kampus STMIK ATMA LUHUR PANGKALPINANG, web kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  40. Oke kak blognya cukup singkat dan jelas tentang Tutorial Mudah Membuat Desain Website dengan Photoshop dan dapat menambah ide ide dalam merancangkan desain website dengan photoshop semoga artikelnya dapat membantu banyak orang ya guys.perkenalkan Nim saya 1922500184 Nama Martin Kel SI2k link kampus saya www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  41. Hai min keren artikelnya sangat membantu saya yang pemula, ditunggu artikel lainnya, perkenalkan nama saya Dela periska kunjungi website kampus kami https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  42. terimaksih kak atas informasinya ini sangat membantu saya. semangat terus kak untuk blog selanjutnya ,semoga materi ini bermanfaat untuk orang banyak.Perkenalkan Nama saya DIAN ANGGREINI NIM 1922500136 kunjungi website kampus saya di https://www.atmaluhur.ac.id/

    Sukses selalu kak🤗

    BalasHapus
  43. Artikel nya bagus kak,buat saya yang baru belajar, semogah bermanfaat buat yg lainnya juga,dan semagt terus buat artikel-artikel yg lainnya kakak,nama saya HENA MITRIANI.https://mahasiswa.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  44. Thanks ya kak atas pembelajaran yang kakak post. Sangat berguna untuk mempermudah dan membantu tugas kuliah saya. Jangan berhenti memposting hal yang bermanfaat kak. Semangat. Perkenalkan nim saya 1922500072, nama amirah hazwani, kelompok si2j, link kampus https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  45. Terimakasih kak. Artikel yang kakak buat sangat bagus. Semangat terus ya kak untuk membuat artikelnya.
    Dan sedikit Saran dari Saya untuk kedepannya Kakak menjelaskannya dengan gambar, supaya lebih mudah lagi untuk dipahami Dan sebagai acuan atau contoh untuk kami para pembaca. Perkenalkan Nim saya 1922500053, Nama Muhammad Intan Arfies, Kelompok SI2K, link kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/
    Salam kenal ya kak.

    BalasHapus
  46. Selamat malam kak,terimakasih telah memberi ilmu,artikelnya sangat menarik dan mudah di praktekan,dan bisa membantu saya menyelesaikan tugas kuliah saya,tetap berkarya terus kak dalam memberikan ilmu.perkenalkan nama saya JEFFRY H SUFRYANTO SIMARMATA,nim 19222500047,dari kelompok SI2j,dan link kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  47. Setelah saya membaca dan mempelajari artikel ini dengan saksama saya sedikit lebih tahu dan mengerti tentang mendesain layout dengen photoshop smoga artikelnya ini dapat bermanfaat bagi semua yg membacanya terima kasih.perkenalkan NIM saya 1922500184 Nama Martin Kel SI2K Link kampus saya www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  48. Terimakasih kak atas artikel ini sangat membantu saya yang sedang belajar mendesain layout web menggunakan photoshop. Semoga artikel ini dapat mempermudah saya dalam memahaminya. Ohyaa kak kalau boleh kasih saran coba ditambahin gambar biar saya bisa lebih mengerti secara detailnya kak. Ditunggu next artikelnya kak.
    Perkenalkan nama saya Tri Utami. Nim : 1922500071. Ini website kampus saya : https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  49. Thanks kak, artikelnya membantu saya yang sedang belajar mendesain halaman web menggunakan photoshop.. Penjelasannya komplit kak.. saya harap website kakak terus berkembang dengan karya" tulisan kakak, sukses slalu kak.. btw, saya Meren Laurensia mahasiswi dari ISB Atma Luhur Pangkalpinang.. skuy mampir ke website kampus saya kak, https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus

Posting Komentar

Apa yang Anda pikirkan setelah membaca tulisan ini?