Mau Jadi Nasabah Phillip Sekuritas Indonesia? Baca Ini Dulu!

"Terus Terang, Phillips Terang Terus..."

Ada yang pernah dengar slogan tadi? Waktu pertama kalinya saya membaca tulisan Phillip Sekuritas Indonesia, yang terbesit pertama kali di pikiran saya adalah: apa ya hubungan antara lampu merek "Phillips" dengan Phillip Sekuritas?

Walaupun hubungan kedua perusahaan tersebut baik-baik saja, namun mereka bukanlah kakak beradik. Hehehe. So, mari kita beralih dari Royal Dutch Philips Electronics Ltd., perusahaan yang lebih kita kenal sebagai produsen lampu, ke Phillip Sekuritas Indonesia.

Kamu juga bisa dengerin versi audionya dengan cara klik tombol Play di widget Anchor ini.


Mengenal Phillip Sekuritas Indonesia

Sebenarnya, Phillip Sekuritas Indonesia merupakan salah satu cabang perusahaan Phillip Capital yang berada di Singapura. Tahun 1989, perusahaan pialang saham yang sedang kita bicarakan saat ini terdaftar secara resmi di Bursa Efek Indonesia (BEI).


Setelah melewati 2 dekade, akhirnya Phillip Sekuritas Indonesia berhasil meraih penghargaan pertamanya sebagai Perusahaan Sekuritas Terbaik se-Indonesia. Perusahaan ini pun terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman dan berusaha menjawab kebutuhan konsumen.

Begini Tampilan Platform Trading Phillip Sekuritas Indonesia

Sebelum saya cerita lebih banyak tentang Phillip Sekuritas, saya mau ngasih tahu dulu kalau artikel ini saya buat semata-mata hanya untuk sharing atas informasi yang pernah saya ketahui ketika mencari-cari wadah berinvestasi saham.

Di Phillip Sekuritas, kita bisa menjajal serunya berinvestasi di broker ini menggunakan trial account. Kalau kamu baca artikel pertama saya tentang 10 Sekuritas Saham Online Indonesia. Karena saya lebih sering berinteraksi dengan handphone, maka aplikasi mobile menjadi prioritas utama.

Kalau kamu mau ikutan ngintip kayak gimana penampakan aplikasi transaksi saham Phillip Sekuritas (POEMS), berikut ini gambar-gambarnya ya:

tampilan aplikasi POEMS ID di android


Cara request trial account POEMS ID (aplikasi Phillip Sekuritas versi android)

Ketika saya ingin mencoba bagaimana rasanya bertransaksi saham menggunakan smartphone android, kendati belum memiliki akun dan belum menjadi nasabah Phillip Sekuritas, ternyata saya bisa login ke dalam aplikasinya tanpa harus melakukan request ke admin Phillip Sekuritas.

Saya hanya perlu melakukan 3 hal ini:
  1. Download aplikasinya dulu. Nama aplikasinya "POEMS ID - Saham & Reksa Dana Online" yang dibuat oleh PT. Phillip Sekuritas Indonesia;
  2. Klik link "Demo Account";
  3. Pilih tipe akun demonya, apakah mau Syariah atau Reguler. Saat itu, saya memilih "Sharia Account";
  4. Klik tombol "Setuju";
  5. Kemudian, kita akan dihadapkan pada 2 pilihan, yaitu "PROSTOCKS (akun saham)" dan "PROFUNDS (akun reksadana)". Saya memilih "PROSTOCKS";
  6. Terakhir, selesai. Tinggal digunakan.

Periode penggunaan akun trading percobaan tersebut hanya bisa berjalan selama aplikasinya tidak ditutup. Berikut ini adalah langkah demi langkah memperoleh akun demo yang saya sajikan dalam bentuk gambar:

Langkah-langkah menggunakan akun trial POEMS ID


Cara login ke ProTrader (aplikasi Phillip Sekuritas versi Windows) pakai akun demo

Nah! Khusus aplikasi yang dijalankan di Windows (ProTrader), kita membutuhkan nomor voucher yang bisa kita peroleh dengan mengajukan request ke pihak Phillip Sekuritas. Proses request-nya sendiri membutuhkan waktu sekitar 24-48 jam di hari kerja.

Caranya gampang banget. Saya tinggal melakukan langkah-langkah di bawah ini agar permohonan free trial saya diterima:
  1. Klik link registrasi gratis akun demo (free trial POEMS) ini;
  2. Isi formulir pendaftarannya dengan data yang valid dan akurat, seperti Nama, No. Telp, No. Handphone, Email, dan lain-lain; **
  3. Klik tombol Request Free Trial;
  4. Setelah pendaftaran berhasil diajukan, tunggu permintaan kita diproses selama 24-48 jam pada hari kerja;
  5. Cek email secara berkala;
  6. Jika permohonan pembukaan akun demo telah disetujui, tim marketing Phillip Sekuritas akan mengirimkan email resmi berisi kode voucher yang berlaku selama sebulan;
  7. Selanjutnya download dan install ProTrader di laptop atau PC; ***
  8. Setelah terinstall, jalankan program dan pilih tipe akun Demo.;
  9. Masukkan kode voucher yang sebelumnya sudah kita terima di email kita;
  10. Klik tombol Login;
  11. Klik tombol Setuju;
  12. Akhirnya, aplikasi siap dijelajahi.

Kira-kira seperti ini tampilan aplikasi transaksi saham ProTrader versi Windows milik Phillip Sekuritas ketika pertama kali dioperasikan:

aplikasi protrader Phillip Sekuritas


Oh ya, ada sedikit catatan:
** kalau kamu tidak memiliki no. telp, bisa mengisinya dengan no. hape
*** untuk menjalankan ProTrader, laptop atau PC harus sudah terpasang .NET Framework 2.0

Mahasiswa juga bisa ikutan nabung saham modal Rp100ribu

Nah! Buat mahasiswa yang mau berinvestasi saham, Phillip Sekuritas memberikan keringanan berupa deposit awal sebesar Rp100.000 (seratus ribu rupiah). Caranya, datang ke Galeri Investasi terdekat sambil membawa dokumen-dokumen berupa:
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi NPWP Ayah/Ibu (sumber dana)
  • Fotokopi halaman depan buku tabungan, dan
  • 2 materai 6.000

Kenapa pilih Phillip Sekuritas?

Menurut saya, Phillip Sekuritas Indonesia merupakan salah satu perantara pedagang efek di Indonesia yang bisa mengikuti perkembangan teknologi anak muda. Selain itu, kelihatannya, broker ini juga berusaha merespon permintaan konsumennya secepat dan seefisien mungkin.

Dengan bertransaksi menggunakan POEMS, kita disuguhi 3 fitur cerdas, yaitu Smart SAFE, Smart PLAN, dan Smart START.

Dari segi keamanan, bisa dibilang internet security POEMS insyaAllah sih aman dengan mengaplikasikan teknologi SSL 128 bit encryption. Selain itu, Phillip Sekuritas memanfaatkan finger print sebagai salah satu pilihan login ke akun nasabah.

Hal menarik lainnya adalah hingga saat ini, mereka telah berkolaborasi dengan 25 universitas ternama di Indonesia, dari Sumatera hingga Papua. Kita bisa melihat daftar institusinya di halaman Lembaga Edukasi.

Cara menjadi investor saham di Phillip Sekuritas

Tertarik bergabung dengan mereka? Silakan baca-baca dulu Sebelum kamu memutuskan  komunikasi lebih lanjut bisa menghubungi CS Phillips melalui line telepon, atau kirim pesan ke media sosial mereka di @talktophillip.

Kamu juga bisa memperoleh informasi dasar seputar tatacara pembukaan rekening efek di Phillip Sekuritas. Misalnya, tahukah kamu? Sekuritas ritel asing yang terpercaya dan memiliki izin resmi berkiprah di Indonesia ini menawarkan 5 pilihan rekening dana investor (RDI), yaitu:
  • Bank Central Asia (BCA)
  • BCA Syariah (khusus akun syariah saja)
  • Bank Mandiri, 
  • Bank Permata, dan 
  • Bank Sinarmas
Kita, sebagai calon nasabah, juga bisa memilih, apakah akan membuka akun Reguler atau Syariah? Tentunya, kalau kita pengen yang syar'i pastinya harus mengikuti aturan hukum Islam tentang emiten mana saja yang berada di zona hijau.

Seperti yang pernah saya informasikan, apapun akunnya, mahasiswa welcome banget jadi investor di sini hanya dengan bermodalkan Rp100.000 (seratus ribu rupiah) sebagai deposit awal. Cukup datang ke galeri investasi terdekat dan ikuti panduan dari salesnya ya.

Tapi, setoran pertama untuk nasabah umum memang lebih tinggi, yaitu Rp500ribu. Walaupun begitu, fasilitas di Phillip Sekuritas dijamin ahoy. Pun, perusahaan perantara pedagang efek ini gampang dihubungi. Kita juga bisa belajar dari video-video yang mereka unggah di YouTube.

cara mendaftar menjadi nasabah phillip sekuritas


Informasi penting lainnya

Sebelum mendaftar di Phillip Sekuritas, yuk cermati sekilas info berikut ini:
  • Sekuritas saham online ini membebankan fee beli sebesar 0.20% dan fee jualnya 0.30% untuk setiap transaksi yang sukses.
  • Jika nasabah ingin melakukan transfer saham dari Phillip Sekuritas ke sekuritas lain, maka invester tersebut akan dikenakan charge sebesar Rp22.000 (dua puluh dua ribu rupiah) per emiten, berapapun jumlah lotnya.
  • Jika fitur Datafeed (real time market info) diaktifkan dan dalam sebulan total fee transaksi nasabah kurang dari Rp25.000, maka Phillip Sekuritas Indonesia akan membebankan sisa biayanya kepada nasabah. Tapi, ini sifatnya opsional, ya. Hanya berlaku jika diaktifkan.
  • Tapi, fee datafeed akan digratiskan, jika akumulasi total fee transaksi jual/beli dalam sebulan mencapai Rp25.000 atau lebih. Artinya, minimal total perputaran uang kita antara Rp25 juta s/d Rp30 juta.

Cara menghubungi Phillip Sekuritas Indonesia (POEMS)

Kalau mau kenalan lebih dekat dengan Phillip Sekuritas Indonesia, bisa langsung datang ke kantornya, buat ketemuan langsung dengan salah satu anggota tim marketing mereka.Sekalian lihat-lihat ruang kerja mereka dan merasakan langsung atmosfir kehidupan di sana.

Alamat kantornya:
PT Philip Sekuritas Indonesia
ANZ Tower Level 23B, Jalan Jenderal Sudirman Kav 33A, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 10220, Indonesia

Telepon: (021) 57-900-900
Instagram: @talktophillip
Twitter: @talktophillip
Facebook: @talktophillip
YouTube: Phillip Sekuritas Indonesia
Website: www.phillip.co.id || www.poems.co.id || www.poems.web.id


Apa yang istimewa dari Phillip Sekuritas?

Tahun 2019 ini harusnya sudah bukan lagi zamannya mencari keburukan pihak lawan untuk meninggikan pilihan terfavorit. Nah, terus terang, POEMS merupakan sekuritas idaman saya. Tapi kenapa ya?

Berikut ini adalah hal-hal yang saya sukai dari sekuritas satu ini. Menurut saya pribadi, Phillip Sekuritas itu...
  1. Ada Philip Webinar yang diadakan 3 kali seminggu setiap jam 8 pagi di hari Rabu, Kamis, dan Jum'at, selama 30 menit.
  2. Pernah dinobatkan sebagai The Best Social Activation versi Majalah Investor dan website Beritasatu.com pada tahun 2015.
  3. Trading platform fleksibel. Bisa digunakan di web browser, smartphone Android dan iOS, dan desktop. Bisa install aplikasi POEMS di Blackberry juga.
  4. Mudah menemukan online customer care. Bisa chat via medsos atau lewat pop chat di website resminya. Walaupun sayangnya, kalau kita nge-ping via chat Website atau medsos, peluangnya masih di bawah 50% untuk ditanggapi.
  5. Ternyata Philip Sekuritas Indonesia termasuk YouTubers aktif, ya. Saat tulisan ini diketik, tanggal last video terbaru mereka adalah 20 Maret 2019. Jadi, kira-kira setiap satu bulan sekali, mereka upload video baru.
  6. Sedia free trial account.
  7. Ada fitur Smart SAFE buat nyimpan pending order saham selama 30 hari.
  8. Ada fitur Smart PLAN untuk menabung teratur dengan jumlah lot dan periode yang stabil.
  9. Mereka juga menyediakan fitur Smart START.
  10. Galeri investasi dan kantor cabangnya tersebar dimana-mana.
Nah! Ini dari sudut pandang saya, si calon nasabah. Bagaimana ya dengan sekuritas lainnya? Yuk, kita pantau.

Komentar

  1. Menarik sekali. Saya baru tahu tentang Phillip sekuritas, dan postingan ini sangat informatif. Terima kasih

    BalasHapus
  2. Ada gak artikel yg membahas daftar sekuritas tanpa fee datafeed?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di artikel saya sebelumnya gan... tentang 10 sekuritas saham online di Indonesia...

      Hapus
  3. D revisi dong min artikel 10 sekuritas saham online terbaik indonesia ny...tambahin phillip sekuritas..biar jdi prbandingan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.... udah terlanjur itu gan saya nge listnya... Padahal awalnya Phillip masuk ke jajaran 10 sekuritas itu gan, karena review dari teman-teman investor tentang Phillip banyak yang positif...

      Sayangnya, waktu itu saya kesulitan cari info lengkap tentang Phillip Sekuritas, seperti susah akses website-nya, gak bisa telepon ke kantor pusatnya, dll... sedangkan artikel sudah ditunda lebih dari 6 bulan dan harus naik tayang, akhirnya posisi Phillip terpaksa diganti sama Valbury...

      Sebagai gantinya, saya bikin artikel eksklusifnya aja ya gan... ^^

      Hapus
  4. Klo daftar reksadana pkek bank BRI bsa gk

    BalasHapus
    Balasan
    1. mereka nyediain 5 bank pilihan ini aja gan:

      Bank Central Asia (BCA)
      BCA Syariah (khusus akun syariah saja)
      Bank Mandiri,
      Bank Permata, dan
      Bank Sinarmas

      tapi, kalau agan mau request RDN ke BRI, saya pikir mereka mau bantu gan...

      Hapus
  5. Gan Philip securitas bisa jual beli saham luar negeri ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Last update saya pas nulis artikel ini, belum bisa gan...

      Hapus

  6. Enak bangt dengerin suaramu nenk..

    BalasHapus
  7. halo gan mau tanya nih kalo semisal kita punya rekening bank tertentu tapi ga punya buku tabungan apakah masih bisa daftar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya dihindari gan... soalnya ada beberapa sekuritas yang merequest foto halaman depan buku tabungan... Tapi coba agan daftar ke Sinarmas Sekuritas, lewat aplikasi Stockbit, di sana gak di request buku tabungan... Cuma diminta no rekening untuk withdraw aja...

      Hapus
  8. maaf oot.. kalo review ttg rhb tradesmart syariah ada ngga min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. RHB Tradesmart Syariah ya... Belum ada hehehe... Boleh dong, kalau ada user RHB yang pengen sharing pengalamannya pakai RHB, kirim tulisannya ke saya.... ^^

      Hapus
  9. Sekarang untuk pemegang rekening BCA apabila memilih BCA sebagai RDN-nya, tidak perlu kirim dokumen lagi, semuanya sudah dilakukan secara digital. Cukup registrasi via smartphone; selfie, foto KTP, dan tanda tangan digital dan BCA akan mengkonfirmasi anda kemudian tinggal tunggu notifikasi via sms & email aktivasinya deh.

    BalasHapus
  10. Mungkin ngqqk mulai investasi tanpa e ktp 😭😭

    BalasHapus

Posting Komentar

Apa yang Anda pikirkan setelah membaca tulisan ini?