Jangan Asal Pilih Jasa Kurir Murah! Kenali Ciri-Ciri Ekspedisi Nyebelin

Hai, sobat olshop! Sudah belanja apa saja hari ini? Ngomongin soal shopping, saya punya info menarik khusus buat kamu yang doyan berbelanja online. Apalagi saat Harbolnas, banyak toko online ngasih diskon besar-besaran.

Tentu saja, wajar dong kalau kita berharap bisa membeli produk incaran dengan harga semurah-murahnya. Tapi, gimana nih kalau sudah dapat barang murah, ternyata pengeluaran kita malah kebanting sama ongkir yang dua kali lipat lebih mahal ketimbang cost pembeliannya?

Peristiwa ini pernah dialami oleh Kak Ferdi dan istrinya. Sebagai salah satu pedagang bingkai, sekaligus gold merchant nge-hits di Tokopedia, mereka harus struggle menghadapi banyaknya keluhan calon konsumen tentang ongkos kirim yang bikin istighfar.

Daftar jasa kurir murah di Indonesia

Kelima ekspedisi populer seperti Si biru, Si merah, Si kuning, Si belang, dan Si hijau, ---gak ada kaitannya dengan bendera parpol ya, gaess--- belum bisa memenuhi kebutuhan Aneka Bingkai dan Duniya Bingkai untuk urusan ongkir murah meriah.

Apalagi berdagang bingkai rentan menghadapi isu kaca pecah saat proses pengiriman. Kalau sudah seperti itu, mau gak mau mereka harus bersedia ganti rugi dan menanggung ongkir retur serta pengiriman ulang ke pembeli. Maunya untung, tapi malah buntung.

Nah! Boleh kah kita su'udzon kepada penyedia jasa kurir murah, berpikir mungkin saja barang titipan pelanggan diperlakukan secara kasar? Apa saja sih yang bisa kita lakukan selain berprasangka buruk?


Tips mengantisipasi kerusakan paket sebelum melakukan pengiriman menggunakan jasa kurir murah

Rata-rata jasa ekspedisi mengaku sudah berusaha sebaik mungkin untuk menjaga kualitas paket hingga tiba ke tujuan. Walaupun, kadang disertai seabrek rules dari penyedia jasa kurir murah, mulai dari menawarkan asuransi hingga menerapkan packing kayu.

Trusted sellers pun gak mau kalah waspada. Contohnya seperti yang dilakukan Kak Ferdi dan istrinya. Sebelum Aneka Bingkai dan Duniya Bingkai menerima pesanan, mereka selalu mewanti-wanti konsumen untuk menggunakan bungkus ekstra seperti bubble wrap.

Bubble wrap digunakan untuk membungkus kaca bingkai, agar kaca tidak gampang pecah, retak, atau tergores. You know lah, kaca itu kan benda ringkih.



Begitulah seorang pedagang terpercaya mengantisipasi kerusakan paket, sebelum melakukan proses pengiriman. Pada prinsipnya, pedagang semakin diuntungkan, ketika pembeli merasa aman dan nyaman. Artinya, peluang menambah jumlah returning customer semakin besar.

Jika kita mengirimkan paket/dokumen melalui jasa kurir murah, Si Merpati putih ---bukan nama perguruan pencak silat, ya gaess,--- kita akan diikat oleh peraturan mereka, dimana setiap barang elektronik dan pecah belah wajib diasuransikan atau menggunakan packing kayu.

Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Lain pedagang lain ekpedisinya. Pokoknya, sana-sini lain.

Meskipun memiliki aturan serupa, nyatanya ekspedisi ekspress Si Biru cenderung lebih longgar dan fleksibel. Tergantung agen mana yang kita datangi. Karena penerapan aturan di setiap kantor cabang ditentukan oleh pemimpinnya.

Kesimpulan

Jadi, apa saja yang perlu kita ketahui seputar tips mengantisipasi kerusakan paket sebelum melakukan pengiriman? Berikut ini langkah-langkah mudahnya, ya gaess:
  1. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang jasa kurir murah;
  2. Pilih ekspedisi yang sigap dan amanah;
  3. Cermati peraturan, fasilitas, dan testimoninya;
  4. Pahami dengan baik kelemahan isi paket;
  5. Bungkus serapi mungkin dan utamakan keselamatan paket/dokumen;
  6. Ingatlah selalu, bahwa the porter and friends tega melempar paket kita ke dalam truk pengangkut. Jadi, kita perlu melapisinya dengan bantalan yang soft dan empuk untuk mengantisipasi kerusakan paket akibat guncangan;
  7. Informasikan sejelas mungkin mengenai deskripsi paket kita kepada penyedia jasa kurir murah pilihan hati. Langkah ini bermanfaat untuk menghindari operasi bongkar-pasang paket. Ada juga lho ekspedisi ekspress yang kepo berat. Just FYI, not FYA ya.
  8. Menggunakan bubble wrap saja belum tentu aman 100 persen. Coba baca lagi poin nomor 6. Pertimbangkan kebutuhan paket kita. Perlu gak sih menambahkan asuransi atau packing kayu sebagai bentuk keamanan ekstra?
  9. Agar lebih joss, tempelkan sticker FRAGILE. Biasanya, dengan adanya stiker ini, the porter and friends bersikap lebih lembut. Walaupun, terkadang, alhamdulillah, bakalan tetap dilempar, kalau mereka khilaf. Setidaknya, kita sudah berusaha.
  10. Terakhir, perbanyaklah berdoa dan bertawakal.

Gimana? Memang sih, saya akui tips mengantisipasi kerusakan paket di atas kelihatan ribet dan memusingkan. Bahkan Peggy Si Pusing, bintang sinetron Gerhana, pun bakalan keliyengan, kalau membacanya.

Presentasi Kak Ferdi dan istrinya di Zero to Hero Tokopedia

Tidak hanya Kak Ferdi dan istrinya, selaku pemilik toko online Aneka Bingkai dan Duniya Bingkai, yang menyebarkan tips tersebut. Beberapa agen penyedia jasa kurir murah seperti Si Biru dan Si Kuning pernah mengakui kelemahan bergelut di bisnis ini.

By the way anyway busway, harus kah kita sesaklek itu? Mengapa tips mengantisipasi kerusakan paket sebelum melakukan proses pengiriman perlu dilakukan?

Karena the key to success adalah Kunci kesuksesan!


Kenali ciri-ciri ekspedisi nyebelin

Namun, bukan sekali dua kali, pengirim dan penerima paket dikecewakan oleh ulah jasa ekspedisi nyebelin. Misalnya, paket sampai di tujuan sangat terlambat.

Estimasi maksimal pengiriman adalah 3 hari kerja. Tapi, bisa saja molor hingga sebulan penuh. Begitu dilacak, ternyata paket tersebut menginap di salah satu pos ekpedisi selama berhari-hari. Alasan paling klasik yang mereka gunakan adalah traffic penuh atau macet.

Hal seperti ini pernah saya alami sendiri ketika memanfaatkan jasa kurir murah, Si Belang. Belum lagi agen-agen mereka di Kota Bogor yang berani memainkan tarif pengiriman. Ketika dilaporkan ke pusat pun, mereka cenderung membela diri dan lepas tangan.

Padahal, gara-gara kenakalan oknum-oknum itu, otomatis ekspedisi nyebelin tersebut masuk blacklist. Mungkin wajar saja Si Belang bersikap angkuh dan jual mahal, karena saat itu, kompetitornya hanyalah Si Biru dan Si Merpati putih.

Semua ada hikmahnya. Berkat kenakalan agen Si Belang, saya jadi lebih cermat dalam memilih ekspedisi. Pengalaman membuat saya semakin bijaksana dan berhati-hati. Jadi, gak asal pilih jasa kurir murah.

Makanya, melalui artikel ini, saya mau bagi-bagi tips cihuy yang bisa kamu terapkan saat berbelanja di merchants favorit. Baik melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook, maupun di marketplace populer seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli, Carousell, dan lainnya.

Tampilan website SAP Express Courier

Mau tahu kan, apa saja ciri-ciri ekspedisi nyebelin yang wajib masuk blacklist? Cekidot.
  1. Menyediakan layanan pick up, tapi pada prakteknya, paket/dokumen tidak diambil. Sehingga waktu terbuang percuma, dan pengirim terpaksa mengantarkan sendiri ke agen terdekat;
  2. Kurir menitipkan paket seenaknya, bahkan tega berbohong. Ada-ada saja alasan dia. Mulai dari rumah kosong, sampai alamat tidak ditemukan. Padahal, kalau mas-mas kurirnya dilaporin ke call center, secara ajaib dia bisa menemukan rumah penerima paket;
  3. Ketika paket cacat, pihak jasa kurir cenderung berbelit-belit dalam melayani dan menanggapi keluhan konsumen. Kalau perlu, mereka berusaha mencari-cari kesalahan kita, walaupun kita sudah melalukan antisipasi semaksimal mungkin;
  4. Paket/dokumen tiba di alamat tujuan melebihi estimasi. Kalau sudah seperti itu, biasanya status tracking-nya jadi susah terlacak. Jika pengirimnya melakukan cancel order, maka proses pengembalian barang akan bertambah ribet, susah refund, anti-refund, atau paketnya harus diambil sendiri ke pos ekspedisi terdekat.
  5. Penerapan aturan di setiap agen yang tidak global. Artinya, ketika kita mengirim kabel fiber optik menggunakan jasa kurir murah Agen Jalan Baru Bogor. Bisa saja barang selamat sampai tujuan. Namun, saat kita mengirim paket yang sama melalui Agen Sentul Kabupaten Bogor, mereka akan menahan proses pengiriman hingga kita bersedia menambah biaya untuk packing kayu.




Apakah semua penyedia jasa kurir murah sepayah itu?

Gara-gara nila setitik, rusak susu sebelangga. Saya yakin, jika persaingan suatu bidang usaha semakin tinggi, maka pelayanan yang diberikan pun semakin baik. Sekali dua kali mereka mengecewakan konsumen, maka bisa dipastikan pelanggan segera berpaling ke ekspedisi lain.

Kabar baiknya, saya termasuk calon returning customer yang loyal dan royal. Namun sayang, bersamaan dengan itu pula, saya tipe gampang kapok.

Ketika saya merasa pelayanan suatu instansi sangat mengecewakan, maka jangan harap saya akan datang kembali. Secepat kilat, saya mencari penggantinya. Hehehe.

Alhamdulillah, keyakinan saya berbuah manis. Persaingan kini semakin sengit. Sejak kemunculan Si hijau dan Si merah sebagai dua kompetitor baru. Ditambah kehadiran SAP Express Courier yang turut serta memeriahkan dunia bisnis kurir.

Banner ekspedisi SAP Express Courier

Ekspektasi saya, kalau Si merah saja berani jor-joran ngasih kemudahan ini-itu. So, bukankah seharusnya jasa kurir murah yang baru saja launching tahun 2013 tersebut, bakalan lebih joss gandos?!

Ternyata, benar saja. Tahun 2016, SAP Express Courier sukses menyabet 3 awards. Salah satunya sebagai ekpedisi termuda dengan pembukaan kantor cabang tercepat dan terbanyak se-Indonesia.

Setelah saya membaca profil perusahaan di website-nya (www.sap-express.id), wajar saja jika pelopor kurir android pertama di Indonesia ini digadang-gadang sebagai pendatang baru yang cepat melejit.

Segala ide segar yang dihadirkan oleh SAP Express Courier, tidak lepas dari the dalangers. Yaitu, Budiyanto Darmastono, Dendy Hartono, dan Arief Rahardi. Mereka bertiga adalah para senior di bisnis jasa kurir. Itu sebabnya, ekspedisi ini tidak boleh disepelekan.


Kenapa SAP Express Courier layak dijadikan tambatan hati?

Gratis pick up, tanpa berat minimum? Ah! Biasa. Melayani pengiriman paket/dokumen sampai ke luar negeri? "B" aja tuh. Bisa mendaftar menjadi agen jasa kurir murah? Ini sih gak epic, ekspedisi lain juga bisa.

Kalau semua penawaran masih standard seperti bisnis kurir lainnya, lalu kenapa harus pilih dia sih? Tenang, sodara-sodara sebangsa dan setanah air. Ini bukan ekspedisi biasa. SAP Express Courier memberikan lebih banyak fasilitas yang menguntungkan pelanggan.

Mau tahu alasan kenapa SAP Express Courier layak dijadikan tambatan hati? Benefit utama menjadi pelanggan setianya adalah kita dimanjain sampai tingkat maksimal. Dan, masih banyak lagi. Sini deh, saya bisikin satu-satu, ya.

Jasa pengiriman paket/dokumen SAP Express

Keuntungan pertama, kita bisa melakukan cash on delivery (COD). Sekarang, gak hanya tukang ojek yang menerima pembayaran di akhir. Jasa kurir murah ini pun ternyata berani mengambil peluang mengelola uang pelanggan.

Gak hanya trusted sellers yang diuntungkan. Trusted buyers juga semakin percaya diri saat melakukan transaksi online. You know lah, bisnis tipu-tipu makin menjamur. Oleh karena itu, kemudahan jual-beli sanggup memperbaiki kepercayaan antar pedagang dan pembeli.

Kedua, SAP Express Courier sudah melek teknologi. Informasi pelacakan destinasi paket seperti tiba di pos Cianjur atau dalam perjalanan menuju pos Jakarta, sudah ketinggalan zaman. Kemudahan tracking paket menjadi keunggulan pelopor kurir android pertama di Indonesia ini.

Layaknya kita mengirim barang menggunakan ojek online, mereka memanfaatkan GPS pada smartphone untuk mempermudah pelanggan melacak lokasi paket secara real time.

Tarif dan cara menghitung volume jasa ekspedisi murah

Ketiga, ongkirnya super murah. Lupain aja deh yang namanya berat di ongkos. Ekspedisi ekspres ini berani tampil istimewa. Biaya pengirimannya memang bikin gregetan.

Boleh percaya gak percaya. Ketika jasa kurir murah populer lainnya menerapkan ongkir standard sebesar Rp9.000 (sembilan ribu rupiah), SAP Express Courier berani ngasih tarif mulai dari Rp7.000 (tujuh ribu rupiah).

Yakin absolute deh. Ini bukan hoax. Gak hanya saya satu-satunya blogger yang berani menyebarkan info ini. Kamu bisa cek ke Travelosofi untuk memperoleh informasi lebih lanjut seputar rincian dan ketentuan pengiriman paket/dokumen di SAP Express Courier.

Atau, khusus buat warga Bogor, langsung capcus saja ke kantor cabang resminya di Jalan Pandu Raya, Blok C1, No. 2, Bantar jati, Warung jambu, Kota Bogor.

Terakhir dan paling penting, yaitu inilah ekspedisi ekspress yang beneran amanah! Mas-mas kurir yang bekerja di sini, benar-benar dilatih untuk membangun dan menghargai kepercayaan pelanggan.

Seminar SAP Express Courier bersama Blogger Bogor (Blogor)

Contoh kasus, ketika paket/dokumen tiba di alamat tujuan, namun tidak ada orang yang membukakan pintu rumah, dia gak seenaknya berasumsi rumah tersebut kosong. Lantas mentitipkan barang ke sembarang tempat.

Pertama-tama, kurir melakukan check point terlebih dahulu. Kemudian, menginformasikan kepada penerima, bahwa kurir telah tiba di tujuan. Terakhir, dia akan mengantarkan kembali kiriman paket/dokumen sesuai waktu yang telah disepakati bersama.

Benar kata Dilan 1990. Rindu itu berat, Milea gak akan kuat. Biar Dilan saja. Tapi, memegang amanah lebih berat. Dilan gak akan kuat. Makanya, biar SAP Express Courier saja.

Komentar

  1. Pengen nyobain kirim paket lewat SAP...

    BalasHapus
  2. Hukum ekonominya; level of service itu ekivalen dengan cost yang dikeluarkan. Sebagai konsumen, kalo ada offering service bagus dengan iming2 harga murah, check list malah harus lebih panjang sebagai antisipasi resiko. Jika memang betul bisa, naah...itu baru te o pe!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga ya... Ada harga, ada barang... Mesti dicermati ulang nih Si pendatang baru... :D

      Hapus
  3. Apaan...
    Paket Saya dari tanggal 4 sampai Hari ini di dum di kantor cabang... Tiap Kali di tlp besok dikirim.. besok dikirim.. maaf ga Ada kurir buat ngirim nya. Lah kuri ga Ada jadi masalah gwa emang??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk... Waktu itu pernah test kirim, dan langsung dikirim, dan nyampe gan... Coba ane test kirim ke tempat yang jauh ya gan... Kalau gak hasilnya memble, ane bikin reviewnya gan...

      Hapus
  4. Lagi kecewa berat sama merah. Mau coba pindah ekspedisi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biru, merah, kuning, hijau, orange, kadang ada aja permasalahan mereka sih sis...

      Hapus
  5. Yap gw ggak habis pikir dah sama si SAP ni barang gw ngendog di kancab 3 hr besok nya gw cek katanya di kirim ulang dengan alasan tutup sekitar jam 2 an diketerangan kan ada nomer hp kenapa g di telepon atau misscall kek udah gw tungguin ga dateng2 katanya melek teknologi nelpon aja gak bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malah jnt sama jne cman 2-3 hari ,ni SAP hampir seminggu

      Hapus
    2. Wkwkwkwk... astaghfirullah... Eh, payah juga kalau gitu ya? Coba deh ane test kirim paket ke tempat yang jauh gan... Ntar ane tulis ulang hasil reviewnya ya... InsyaAllah..

      Hapus
  6. Dear SAP semoga di perbaiki, jangan berlarut-larut seperti ini, pelayanan buruk awal dari kebangkrutan perusahaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear SAP... Banyak yang komplain nih... Gimana tanggapannya...?

      Hapus
  7. Saya nunggu paket selama 11 hari dan 2kali gagal kirim,dengan alasan alamat tidak di kenal dan rumah kosong,padahal alamat lengkap terdaftar dan tercantum nomor tlpn tapi kurir tidak ada itikad menghubungi,masa saya harus nunggu di rumah ga kemana2 selama 3 hari cuman buat nunggu paket yang gagal antar terus.kaya nya SAP harus banyak di perbaiki pelayanan nya deh,untuk menhubungi cabang terdekat saja tidak ada kontak nya.pengaduan kesana kemari telfon pun ga ada perubahan nya tetep aja paket saya ga sampe2 sampe sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hah?! 11 hari lho... Hmmm... Sepertinya saya memang harus test kirim pakai SAP ke tujuan pengiriman yang jauh nih buat bikin reviewnya...

      Hapus
  8. Saya juga kecewa nih Sama sap... Kenapa dy ga tlp penerima barang nya sih, padahal rumah gue ada isinya, malah status nya kirim ulang karena gad orang. Hadeuh trus fungsi no tlp gue di paket itu apaan?? Kesel bgt be creative n efisien la kedepan nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooo kalau kasus begini gan, sebenernya gak cuma si SAP... Itu sih emang dasar orangnya aja yang nganter wkwkwkw... Ane pernah digituin juga sama ekspedisi si biru... Awalnya dia bilang, "rumah ane kosong, gak ada orang", trus pas ane laporin ke pusat, dia bilang, "dia gak ngelihat rumah ane"... Padahal entah udah berapa kali ane kirim paket ke rumah... Yah gitu-gitulah...

      Hapus
    2. Kyanya anda harus ngubah reviewnya deh, masa dibilang penerima tidak ada dirumah padahal aku nungguin depan pintu kaga datang' -.-

      Hapus
  9. sampai hari ini belm ada perbaikan pelayanan oleh kurir..paket masih terkendala karena alasan kurir tdk ada orang d rumah atau penghuni tdk dikenal masyarakat...ko bisa..kejadian di kota kudus...dan kami coba terus menghubungi telp kantor cab kudus namun masih nihil tdk ada yg angkat telp...bikin kapok ini mah//

    BalasHapus
    Balasan
    1. Astaga... Saat saya bikin artikel ini, saat itu SAP baik-baik saja... Paket saya juga terkirim dengan baik... Malah saya berencana untuk menjadi salah satu agennya... Saya akan coba selidiki lagi ya... Terima kasih telah berbagi pengalaman ya gan...

      Hapus
  10. Sudah 8 hari menunggu SAP Express. Kirim pengaduan kesana kemari tidak ada tanggapan. Lihat di google,ulasan untuk SAP Express cab.Medan dipenuhi dgn kemarahan konsumen & rating bintang 1. silakan anda cek di SAP Express cabang Medan dari Google. Lihat di blog lain, review nya juga parah,sampai 2 minggu barulah diantar paketnya.Separah itukah SAP ini? Saya jd takut paket saya ga akan pernah sampai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampuun... Parah banget ya... Beda banget dengan kejadian ketika artikel ini ditulis... Bisa jadi sekarang sudah berubah menjadi kurir yang menghawatirkan... Terima kasih sudah sharing ya gan... Saya akan coba ulas kembali ya...

      Hapus
  11. Bener2 payah SAP, barang udah 5 hari gk di kirim-kirim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Astaga... armadanya sangat sedikit ya... Saya akan coba review ulang sesegra mungkin ya gan...

      Hapus
  12. lama banget pengiriman nya paket ga sampe" hampir seminggu lebih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh... Apa ini pertanda kebangkrutan...? Makasih sudah berbagi pengalaman ya gan...

      Hapus
  13. masnya agen SAP yak wkwk.. parah sih ni SAP. expedisi abal2. Blacklist..

    BalasHapus
  14. Hadeeeehhhhh....leletnya gak ketulungan....email gak bisa jgn2 gak aktif....ditelepon gak diangkat...
    Benar kata Dilan 1990. Rindu itu berat, Milea gak akan kuat. Biar Dilan saja. Tapi, memegang amanah lebih berat. Dilan gak akan kuat. Makanya, biar SAP Express Courier out saja.

    BalasHapus
  15. Expedisi ter lemot yg pernah sya pake
    Fix tidak rekomended

    BalasHapus
  16. Jgn coba2 pakai si SAP ini , lbh baik di hindari. Ter lambat se asia ga ada tandingan nya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Apa yang Anda pikirkan setelah membaca tulisan ini?