Cara Mengganti Nomor Telepon Di Metode Pembayaran Google Play Store

Panduan Mengganti Nomor Handphone Pembayaran Google Play Store Menggunakan Pulsa


Hello hello! Saya kembali ngisi konten lagi setelah vakum hampir setahun hehe...

Okay, then. Barangkali Anda kurang tertarik untuk mendengarkan alasan saya mengistirahatkan jemari ini selama beberapa bulan lalu. Oleh karena itu, saya pun memutuskan untuk tidak menuliskan kisah apa pun perihal kejadian di masa lampau hihi...

Bahasan pembuka kali ini berdasarkan pengalaman saya beberapa minggu yang lalu ketika saya menambah nomor telepon.

Why? Karena nomor SimPATI saya telah dimigrasi ke Kartu HALO dan sudah mencapai batas pemakaian bulanan, padahal statusnya masih jauh dari tanggal refresh / reset tagihan. Hal ini mendorong saya untuk menambah nomor telepon dengan ketentuan berada di Mode Prabayar.

Apa artinya?

Artinya, saya punya dua Sim Card. Dimana kedua Sim Card tersebut akan dimasukkan ke dalam satu handphone. kartu sim ke-1 saya isi dengan Sim Card Kartu HALO. Dan, kartu sim ke-2 diisi dengan Sim Card XL.

Oho! Wait. Ini bukan bagian dari promosi provider walaupun saya menyertakan merek dagang.

Pengalaman Pertama Memakai Dual Sim Card Untuk Pembelian Aplikasi Google Play Store


Yups! Subheading di atas sudah tepat untuk mengekspresikan ketegangan saya ketika menyatukan dua Sim Card ke dalam satu hati... Eh, handphone.

Seumur-umur saya pegang gadget mulai dari handphone pisang, handphone kapsul, handphone piring, sampai smartphone, pada akhir Bulan Agustus itulah pertama kalinya saya menggunakan fungsi dual Sim Card. Trust me! Percaya deh dengan kekatrokan saya ini.

Pasalnya, bukan karena saya gak pernah punya nomor ganda sebagai alternatif, melainkan handphone saya biasa duet maut ketimbang Sim Card-nya yang duet.

Kebiasaan tersebut menyebabkan metode pembayaran saya yang menggunakan Tagihan Nomor Telepon (pembayaran menggunakan pulsa) selalu diarahkan ke provider Telkomsel.

Nah! Saat saya tambahkan / insert kartu baru ke handphone tersebut, dengan kata lain Sim Card-nya diduetkan, metode pembayarannya sama sekali tidak berganti dari Telkomsel ke XL. Apa artinya?

Artinya... Saya merasa impian saya untuk mengganti nomor telepon yang ada di metode pembayaran Google Play Store saya hanyalah angan-angan kosong belaka. Percuma. Tidak berguna. Kalau kata sistem, "Please try again or contact your provider about this error."



Ho oh! Saya Pikir Ini Salahnya XL Atau Telkomsel

Panik? Enggak dong.

Saya jarang panik, bahkan hampir tidak pernah. Khususnya untuk perkara seperti ini. Paling banter ya cuma ngegresulo sambil mencari solusi dibarengi strategi-strategi alternatif. "Ngegresulo" merupakan salah satu kosa kata Jawa, dimana artinya saya masih belum bisa temukan secara pasti.

Namun, seandainya boleh saya tafsirkan secara bebas, maka arti dari "ngegresulo" adalah meringkuk lemas sambil menahan air mata yang sudah berada di pelupuk mata, sambil bergumam bilang 'kenapa? kok gini? masa sieh gini?', juga berkeluh kesah sambil beberapa kali menghela nafas.

Saat itu saya utarakan segalanya ke Customer Support XL mengenai kendala saya dalam hal pembayaran untuk pembelian aplikasi di Google Play Store.

Bukan hanya sekedar tidak bisa membeli aplikasi baru, melainkan untuk berlangganan fitur yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut (pembelian dalam aplikasi) juga tidak bisa.

Alhasil, setelah datang ke Gerai XL terdekat dan ditangani langsung oleh customer support XL yang bertugas, tetap saya tidak bisa. Mereka menawarkan solusi lain, yaitu dengan membuat akun Google baru, dan menghapus akun saya yang lama dari smartphone android yang sedang digunakan.

Tapi... Tidak! Saya tidak mau melakukannya walaupun saya manggut-manggut menerima saran tersebut. Boleh jadi, saran tersebut akan diposisikan sebagai solusi akhir dari solusi terakhir di antara yang paling akhir.


Pilih Bantuan & Masukan Langsung di Google Play Store


Plan C! Hubungi Google

Aha! Ini dia.

Setelah berpikir bermenit-menit, sekitar 350 menit, akhirnya saya pun lari juga ke Google, dengan harapan Google akan memberikan respon cepat, tepat, dan akurat.

Tapi, gimana dong caranya? Selama ini Google merespon penggunanya dengan jangka waktu kurang dari 1 minggu. Jadi, pernah tuh, Google membalas email saya setelah 2 hari status email saya terkirim. Dan, itu katanya sudah yang tercepat lho.

Nah! Apakah pada peristiwa kali ini, Google akan memberi respon berhari-hari juga?

Ternyata..... Enggak lho!



Google Menanggapi Keluhan Saya Secepat Kilat!

Hanya kurang dari 15 menit, Google langsung menanggapi email saya. Malahan, saya dipandu lewat telepon, dan saya adalah penerima teleponnya hihi... Yahoo! Alhamdulillah... Thank you, Google.

Ketika itu, anggota tim dukungan Google yang memandu saya secara langsung via telepon bernama Aurora.


Cara Mengganti Nomor Telepon Di Metode Pembayaran Google Play Store

Lalu, bagaimana cara mengganti nomor telepon di metode pembayaran Google Play Store?

Melalui operator seluler tertentu, Anda dapat dengan mudah membayar konten digital pada aplikasi Google Play Store, yaitu dengan cara menagihkan pembelian tersebut langsung ke rekening seluler. Berikut cara menyiapkannya:
  1. Pastikan Anda menggunakan perangkat dengan paket data seluler yang aktif. 
  2. Pastikan jika Anda menggunakan ponsel yang memiliki fitur "Dual Sim Card", silahkan mengosongkan kartu sim ke-2 dan meletakkan kartu sim yang ingin digunakan sebagai metode pembayaran pada kartu sim ke-1 
  3. Non aktifkan WiFi, lalu hubungkan langsung ke jaringan operator Anda. 
  4. Cari aplikasi, film, atau konten digital lain yang ingin Anda beli di aplikasi seluler Google Play Store. 
  5. Mulailah melakukan check out. 
  6. Sentuh Opsi pembayaran, lalu Aktifkan tagihan operator, dan Simpan. 

Selesai! Pembelian akan ditagihkan ke rekening seluler Anda, dan untuk setiap belanja aplikasi Google Play di masa mendatang, rekening seluler tersebut akan ditampilkan sebagai opsi pembayaran pada perangkat Android manapun saat Anda masuk (login) dengan akun Google yang sama.

Sebagai catatan tambahan, jika Anda tidak melihat tagihan operator di bagian Opsi pembayaran, mohon pastikan bahwa Anda memenuhi persyaratan di bawah ini, yaitu:
  1. Pastikan Anda menggunakan aplikasi seluler Google Play Store
  2. Pastikan rekening operator Anda bereputasi baik, dan operator seluler tersebut mendukung fungsi ini
  3. Anda terhubung langsung ke jaringan operator Anda, 
  4. Dan Anda menggunakan rekening pribadi, bukan rekening perusahaan. 

Pilih Minta Panggilan Balik Untuk Fast Response


Jika Anda mempunyai pertanyaan lain mengenai Google, silahkan beritahu Tim Dukungan Google dengan cara menekan tombol Bantuan & Masukan. Semoga harimu menyenangkan dan terima kasih telah membaca artikel di www.mewdavinci.com.

Oh iya, jika artikel ini bermanfaat untuk anda, tolong bantu saya share menggunakan timeline media sosial anda agar teman-teman anda pun mendapatkan informasi yang sama. Dan jangan lewatkan untuk berlangganan artikel-artikel Mewdavinci Dotcom dengan cara klik link Subscribe Newsletter Mew da Vinci Official. Sehingga, anda tidak ketinggalan update terbaru.

Sampai jumpa lagi pada artikel berikutnya, wassalamu'alaikum...



--- Artikel ini diperbaharui tanggal 20 Desember 2017 ---
Btw, karena banyaknya pertanyaan serupa, akhirnya saya putuskan untuk menyegerakan update artikel ini. Jadi, masih ada lanjutannya nih, guys.

Berikut ini saya persembahkan pembaharuan artikel berjudul "Cara Mengganti Nomor Telepon Di Metode Pembayaran Google Play Store". Yakkk! Bismillah...


Cara Menambah Nomor Handphone Di Metode Pembayaran Google Play Store

Friends, kamu sudah baca kan langkah-langkah untuk mengganti nomor hape di metode pembayaran Google Play store? Walau terkesan ribet karena lebih banyak tulisannya, tapi sebenernya gampang, kok.

Nah, pada kali ini, saya akan mencoba untuk memaparkan cara praktis menambah nomer telepon seluler, yang akan kita jadikan sebagai metode pembayaran di Google.

Karakteristik hape yang kamu harus tahu, sebelum mendaftarkan no telepon ke Playstore

Pada dasarnya, semua provider seluler, baik Simpati, Halo, Kartu AS, Kartu Loop, Mentari, IM3, XL Axiata, XL Prioritas, AXIS, atau apapun kartu yang kita gunakan, bisa dijadikan sebagai alat pembayaran di Google.

Masalahnya, kita perlu mengenal karakteristik telepon genggam yang kita gunakan. Walaupun handphone yang ada dipasaran itu sudah mendukung dual simcard, tapi hanya kartu yang berada di slot 1 saja yang bisa digunakan untuk bertransaksi.

Akibatnya, ketika simcard yang akan kita gunakan untuk melakukan pembelian aplikasi dipindahkan ke slot 2, nomor telepon tersebut jadi tidak bisa dipakai. Dan ada tulisannya, "this number is not eligible". Pernah ngalamin kejadian seperti ini?



Di tahun 2017 ini, saya mengganti Samsung J7 2017 kesayangan saya dengan handphone buatan anak negeri, yaitu Advan i5e. Ini bukan promo atau review hape, ya.

Sedangkan, untuk simcardnya sendiri, saya menggunakan kartu XL dan Telkomsel (Halo). Fyi, kedua hape itu sudah dual simcard, as we know. Perbedaannya adalah:
  • Kalau hape Samsung, saya harus menyetel metode pembayaran dengan cara memindahkan simcard (Telkomsel) ke slot 1. Seandainya kartu tersebut dipindahkan ke slot 2, saya masih bisa melakukan transaksi dengan Telkomsel.
  • Cara lainnya untuk handphone Samsung, yaitu nonaktifkan simcard di slot 2 melalui pengaturan, dan daftarkan no telp baru ke Google Playstore. Ini lebih praktis, karena tidak perlu pindah-pindah slot.
  • Sedangkan untuk hape Advan, walaupun dual simcard, namun kartu yang berada di slot 2, tidak bisa didaftarkan dan digunakan sebagai metode pembayaran di playstore. Sehingga, hanya nomor selular yang ada di slot 1 saja, yang bisa bertransaksi.

Namun, bisa jadi tidak semua produk Advan dan Samsung memiliki kelemahan dan keunggulan yang sama seperti pemaparan di atas. Dan, saya belum tahu cara mengakalinya. Sekarang, yuk kita mulai aja peragaan mendaftarkan nomer hape, step by step.

cara menambah nomor telepon di Google Play store


7 langkah mudah meregistrasikan nomer hape ke Playstore:

Kita asumsikan, hape yang digunakan sudah dual sim. Dimana slot sim 1 saya isi dengan kartu XL, dan slot ke-2 saya  isi dengan kartu Halo (Telkomsel). Untuk sambungan koneksi internet, saya menggunakan WiFi.

Kali ini, saya ingin menjadikan nomor Halo saya sebagai metode pembayaran di Google Playstore. Jadi, saya harus menukar posisi kartu Halo, yang semula berada di slot 2, dengan kartu XL yang ada slot 1.

Sehingga, keadaan saat ini adalah, nomor XL saya ada di slot simcard 2, dan simcard Halo berada di slot 1. Dan mari kita beraksi! Silakan ikuti 7 langkah mudah di bawah ini:
  1. Buka aplikasi Google Play Store
  2. Tekan icon burger (lambar 3 garis bertumpuk) di pojok atas sebelah kiri layar
  3. Pilih menu "Akun" (kalau kamu pakai Bahasa Inggris, tulisannya "Account")
  4. Pilih menu "Metode pembayaran"
  5. Tekan pilihan "Pulsa Telkomsel (prabayar & pascabayar)", dan Google akan melakukan verifikasi secara otomatis
  6. Tunggu hingga verifikasi berhasil, biasanya sekitar 2-5 menit
  7. Jika berhasil, nomor telepon kamu sudah bisa digunakan untuk membeli aplikasi atau pernak-pernik pembelian di dalam aplikasi (kalau pulsanya cukup)

Simple, kan? Nah, sekarang giliran kamu mencoba. Hasilnya tolong informasikan ke saya ya, melalui kolom komentar.


Langkah Mudah Menghapus Nomor Telepon Yang Digunakan Untuk Metode Pembayaran Google Play Store

Ada berbagai alasan yang mendasari lahirnya keputusan untuk menghapus nomor yang digunakan sebagai alat pembayaran untuk bertransaksi di Google Play store. Salah satunya adalah nomor tersebut sudah tidak digunakan kembali.

Sebenarnya, proses delete phone number di direktori Google kita ini gak sulit. Walaupun, saya akui bahwa kita perlu memberi perhatian ekstra. Khususnya, jika kita menginputkan banyak akun Google dalam satu hape.

Sebelum saya masuk ke step by step menghapus nomor hape yang pernah didaftarkan di Play store, saya ingin menunjukkan kepada kamu gambar di bawah ini.

Menghapus nomor telepon di Google Play store

Gambar di atas merupakan langkah-langkah praktis untuk menghapus nomor kita di Google Playstore. Kelihatannya sih prosesnya panjang ya? Padahal, yang bikin kelihatan ribet hanyalah beberapa hal yang harus kita perhatikan saja.

Tidak perlu berlama-lama dan berpanjang-lebar. Yuk! Kita langsung mulai saja.
  1. Langkah pertama memang selalu diawali dengan membuka aplikasi Google Play store, kan? Setelah itu klik icon burger (3 garis bertumpuk) yang ada di pojok atas sebelah kiri.
    • (Khusus untuk yang punya banyak akun Google dalam satu hape) pilih Google account yang dulu pernah dijadikan akun transaksi.
    • Pada gambar di atas, saya memilih akun "Mew da Vinci". Itu adalah akun yang memiliki nomor hape untuk pembayaran Google Play store.
    • Perhatikan tanda kotak berwarna hijau.
  2. Selanjutnya tekan menu "Akun"
  3. Paling bawah ada pilihan "Setelan pembayaran lain" dengan icon gear (roda bergerigi). Klik aja, gak usah ragu-ragu.
  4. Pada step ini, aplikasi Google Chrome atau browser bawaan hape kamu akan terbuka secara otomatis. Kalau gak muncul tampilan seperti di langkah 5 (pada gambar), ikuti langkah berikut ini:
    • Perhatikan bagian yang saya tandai dengan kotak warna hijau
    • Kemungkinan pertama, akun Google yang sedang digunakan pada browser kamu, bukanlah akun yang digunakan untuk bertransaksi di Google Play store. Jadi, solusinya adalah kembali lagi untuk mengecek akun yang kamu gunakan, lalu ikuti langkah 2-4.
    • Pastikan akun yang saya kotakin hijau pada langkah 1, sama dengan akun yang ada di langkah 4.
    • Kalau masih gak muncul juga, maka kemungkinan keduanya adalah kamu belum memasukkan metode pembayaran apapun di akun tersebut;
    • Sebelum masuk ke langkah 5, pastikan kamu berada di halaman Metode Pembayaran. Caranya, klik icon burger (3 garis bertumpuk) yang ada di pojok kiri atas, lalu pilih "Metode Pembayaran".
  5.  Di langkah ini, seharusnya kamu sudah melihat provider yang kamu registrasikan sebagai pembayaran di Play store.
    • Karena saya menggunakan kartu Halo, makanya tertulis "Telkomsel".
    • Kalau kamu menggunakan provider seluler selain Telkomsel, maka akan tertulis provider simcard kamu.
    • Tekan tombol "Hapus" pada layar hape kamu.
  6.  Secara otomatis, akan muncul pop up konfirmasi.
    • Kamu bisa membatalkannya
    • Atau, melanjutkan menghapus nomor tersebut.
  7.  Kalau nomor itu sudah dihapus, dan tidak ada lagi nomor lain yang digunakan sebagai metode pembayaran Google Playstore, maka kamu akan melihat tampilan seperti di langkah ke-7 yang ditunjukkan pada gambar di atas. Dan selesai!

Saya sudah coba dan berhasil. Bagaimana dengan kamu? Kalau ada pertanyaan atau kesulitan, silakan tulis kendala yang kamu alami di kolom komentar ya.

Tapi, kalau kamu pun sukses, tolong bantu share ya. Dan tinggalkan komentar juga. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah membaca. Sampai jumpa lagi di the next article.

Komentar

  1. Artikelnya kebanyakan becanda, lama nemuin inti masalah, di perbaiki cara penyampaiannya

    BalasHapus
  2. Kalo misalkan di hp Smartfren kan GSM nya kan gabisa buat online, itu gimana solusinya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama-tama cek dulu gan:
      1. Cek masa aktif kartu GSM-nya gan,
      2. Cek ketersediaan jumlah pulsa,
      3. Periksa juga masa aktif langganan internetnya, biasanya kartu-kartu GSM sekarang, kalau mau internetan, harus langganan dulu sebelum kena tarif normal, khususnya XL,
      4. Lalu cek status data seluler-nya dalam keadaan menyala atau non-aktif.
      5. Yang terakhir lihat kekuatan sinyal. Kartu zaman sekarang kalau sinyalnya sudah turun ke H, dia jadi lemot bahkan kadang gak mau internetan.

      Gitu gan... Semoga membantu ya...

      Hapus
  3. bang kan pembayaran Telkomsel gua masih ada cuman nomernya gua udaa ganti nah itu kalo mau ganti nomernya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang, saya asumsikan abang pakai kartu Telkomsel untuk Sim 1 dan Sim 2.

      Kartu yang nomornya dulu dipakai buat pembayaran Google Play Store (0813xxx).
      Sedangkan untuk nomor baru yang mau dijadikan metode pembayaran baru (0852xxx).

      Kalau mau ganti nomor pembayaran dari (0813xxx) ke (0852xxx), caranya simple:
      1. SimCard (0852xxx) yang mau dijadiin pembayaran di Google Play Store, letakkan di posisi Kartu Sim 1.
      2. Lalu Mode SMS, Telp, dan Data Seluler alihkan ke SimCard yang ada di Sim 1 (0852xxx) juga.
      3. Kartu yang nomor lama (0813xxx) dicabut dulu, jadi jangan dimasukin ke Sim 2. Jadi saat hp dinyalakan nanti cuma ada satu kartu.
      4. Setelah hp aktif kembali, masuk ke Google Play Store.
      5. Pilih metode pembayaran via tagihan pulsa. Dan ikuti langkah-langkahnya.
      6. Setelah semua beres, baru masukin Kartu nomor lama (0813xxx) ke Sim 2.

      Semoga membantu ya gan.

      Hapus
  4. Kalo sim cardnya bentuknya beda gimana bro?
    Saya dual-sim (SIM1 = Indosat)(SIM2 = Telkomsel)
    Gw maunya bayarnya pake pulsa Telkomsel, tapi Telkomsel SIM2
    Saat saya mau menukar tempat SIM1 dan 2 bentuk kartunya beda, jadi ga bisa ditukar,
    Terus gimana min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dua cara:

      1. Kalau mau simple, ganti fisik kartunya di GraPARI, gan. Minta yang sesuai sama ikutan slot kartu SIM.

      2. Tapi, kalau mau nyoba, bisa aja dia tetap di SIM 2. Tapi slot kartu SIM 1 dikosongin. Lalu, pas setting cara pembayaran, gunakan data selular, jangan pakai WiFi.

      Cuma cara yang kedua itu untung-untungan ya. Kesuksesannya Fifty-Fifty. Jadi gak direkomendasi.

      Hapus
  5. Gini kan saya sim 1 kartu simpati perdana atau buat data trus yang sim 2 kartu simpati biasa, nah yang sim 2 banyak pulsanya bisa gak saya membeli ato membayar pake sim 2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, kalau sudah selesai di setting metode pembayarannya :D
      cuma kemarin pas saya nyobain, tanpa perlu pindah-pindah slot kartu, sudah bisa dipakai sebagai metode pembayaran...

      Hapus
  6. Kalau agan tahu tidak masalah tentang billing payment yg statusnya 'not eligible' saya pakai Xl, payment methodnya tempo hari bisa2 saja, sekarang jdi ada status 'not eligible' gitu.

    Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Not eligible itu maksudnya si Google gak bisa nge-catch metode pembayaran yang sudah didaftarkan sebelumnya. Sepengalaman saya, ada beberapa sebab, diantaranya, nomor yang digunakan sudah gak aktif, nomor yang digunakan dicopot dari HP, data selular yang digunakan gak sama dengan nomor yang digunakan untuk metode pembayaran, nomornya terblokir, atau kartunya ada di SIM 2.

      Coba gan, masuk ke setting metode pembayaran, lalu masukkan ulang nomor yang mau dijadikan alat transaksi. Mudah-mudahan bisa.

      Semoga membantu ya, gan...

      Hapus
  7. Bang kan saya punya nomor baru terus saya ganti nomor lama saya di akun Google.. Tapi pas saya mo melakukan pembelian di dalam aplikasi ga bisa, katanya metode ya tidak memenuhi syarat (kartu telkomsel)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm.... Bisa jadi yang diganti di Google itu nomor verifikasi untuk ke login / password reminder untuk ke Googlenya, bukan ke metode pembayarannya.

      Coba gan, pastikan dulu kalau nomor metode pembayaran beneran sudah diganti dengan yang baru. Caranya buka Playstore, masuk ke menu akun, klik metode pembayaran, lalu pilih metode pembayaran lain.

      Untuk menghindari kegagalan, pastikan kartu yang mau digunakan sebagai metode pembayaran ada di SIM 1, dan dijadikan sebagai data seluler ya...

      Semoga manfaat ya...

      Hapus
  8. Bang kan saya mau beli diamond di game mobile legenda,pas mau beli pakai pulsa tapi nomer nya salah gimana cara ganti nomer nya bang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nomer apanya gan yang salah? Nomor hapenya ya?

      Kalau mau ganti nomor metode pembayaran bisa lewat menu Akun. Lalu klik metode pembayaran. Terakhir klik setelan pembayaran lain.

      Perhatikan, di pojok kanan atas ada 3 garis (nyebutnya burger icon). Kli Burger icon-nya, habis itu pilih "Metode Pembayaran" di situ ada daftarnya. Hapus aja. Lalu bikin baru.

      Semoga manfaat ya gan...

      Hapus
    2. bang mohon pencerahannya kok gak bisa dihapus ya bang?

      Hapus
    3. bisa bang, ada icon tong sampahnya nanti...

      cuma dipastikan dulu bang, akun google yang bang Daniel pakai buat login adalah akun yang berisi nomor-nomor metode pembayaran selular...

      Misalnya, akun yang ada nomor hapenya agan itu, email di playstore-nya: 123@gmail.com.

      nah, nanti pas setting seperti langkah-langkah yang saya tulis diatas, jangan lupa dicek, akun google yang lagi disetting masih berada di 123@gmail.com.

      ****
      coba saya bikin update artikel ini ya gan, biar lebih lengkap dengan gambar (insyaa Allah)...

      Hapus
  9. Bang kan saya mau beli diamond di game mobile legenda,pas mau beli pakai pulsa tapi nomer nya salah gimana cara ganti nomer nya bang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balasannya udah saya balas di komentar agan sebelumnya ya, gan... ^^

      Hapus
  10. Min says juga ad masalah nih. Saya mau beli aplikasi di play store pake sim card telkomsel tapi sim card nya ga ada paket net nya cuma pulsa nya doang. HP saya ga dual sim card kalo yg buat net nya saya pake kartu paket. Waktu saya mau ngebeli kata nya pulsa saya ga cukup padahal saya udh isi pulsa melebihi harga app nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, iya... Itu sering terjadi lho...

      Gini gan. Sepengalaman saya, kalau pulsa gak cukup pas pembelian app, agan pastikan dulu kalkulasi ketersediaan pulsa beneran cukup.

      Caranya ngitung kebutuhan pulsa yang harus kita sediakan seperti ini:

      (Harga App yang sudah dikonversi ke Rupiah) + (Ppn 10% dari Harga App) + (Rp minimal pulsa tersedia setelah pembelian Rp 10 ribu) = Pulsa yang harus disediakan

      Misalnya, harga App = Rp 100 ribu.
      Nah, 10% dari 100 ribu itu Rp 10 ribu. Lalu, pastikan ada minimal pulsa tersedia setelah pembelian sebesar Rp 10 ribu.

      Jadi total yang harus disediain: Rp 120 ribu.

      Lalu, jangan lupa pastikan nomor pembayaran yang digunakan sudah benar... Jadi gak salah pilih nomor pembayaran pas bertransaksi.

      Semoga membantu ya gan... ^^

      Hapus
  11. Gan mau tanya diakun saya kemarin saya hapus metode pembayaran tlsel nya kalau mau kembai in gimana tolong bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai gan, tinggal dimasukin lagi gan. Langkah-langkahnya sama seperti agan mau ngapus metode pembayaran tsel.

      Cuma nanti jangan pilih menu metode pembayaran lainnya. Tapi pilihnya 'masukkan telkomsel sebagai metode pembayaran baru'.

      Hapus
    2. Kalo di menunya ga ada potong pulsa gimana gan??

      Hapus
    3. Saran saya, ganti metode pembayaran aja gan, kalau gak ada metode pakai bayar pulsa...

      Hapus
  12. Mau nanya bro. Gogle playstore gw cuma bisa melakukan pembayaran via xl/axis saja. Saya mau ganti ke three provider. Gak bisa2. Gimana solusi nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, bro. Itu kemungkinan hape agan seperti hape saya. Dia dual simcard tapi gak support dual number untuk di Playstore.

      Caranya, kartu agan yang XL/AXIS dipindahkan ke slot simcard 2, dan yang Three provider dipindahkan ke slot simcard 1. Jangan lupa di restart hapenya ya.

      Terakhir, jangan lupa untuk mengarahkan semua setelan ke simcard utama (Three provider). Maksudnya seperti telepon, sms, data seluler.

      Kalau masih bingung, saya sudah update artikel ini dengan penjelasan yang lebih rinci. Bisa diskrol lagi ke atas ya, brother. Semoga membantu ya.

      Hapus
  13. Ngaco gak jelas,gak to the point susah dicerna kebanyakan basa basi

    BalasHapus
  14. giman klau misalkan semua metode pembayaran sudah di hapus. tetapi no hp lama masih tesimpan. gk bisa di ganti.
    bnyak akum google yg saya pakai. metode pembayaran nya masih pake no yg lama.
    gmna cara ganti mya mohon penceraham nya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm... Maksudnya no hape lama tersimpan dimana, gan? Di verifikasi email itu ya gan? Yang nantinya bisa dipakai buat account authentication? Atau, dia masih melekat di metode pembayaran salah satu akunnya Mas Imam?

      Hapus
  15. Balasan
    1. You are welcome, brother! Bantu share artikel ke teman-temannya ya...

      Hapus
  16. Terimakasih artikelnya. Tapi saya ttep ga bisa. Soalnya sim 1 dan 2 udah bukan telkomsel tapi yang muncul di pilihan metode pembayaran ttep telkomsel. Jadi mngkin hp saya yang salah ya hmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernta bisa itu gan... Coba deh baca part "7 langkah mudah meregistrasikan nomer hape ke Playstore" di artikel ini. Nanti dia otomatis terdeteksi no pembayaran baru selain telkomselnya... Nomor telkomsel yang pernah didaftarkan memang bakalan muncul terus selama gak dihapus secara manual...

      Hapus
  17. Bang kok sata di suruh verivikasi dulu pas eror trus verivikasi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Error nya gimana, bang? Tulisannya apa...? Boleh minta kirim screenshot nya lewat email saya gak, bang? Barangkali saya bisa lebih maksimal bantuinnya 😸😸😸

      Ini email saya:
      halo@mewdavinci.com

      Hapus
  18. Boleh minta no wa mau nanya nanya soal nya masih bingung saya😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. No no WA gan... 😸😸😸 Kalau mau tanya-tanya atau curhat bisa lewat email di halo@mewdavinci.com

      Hapus
    2. Soal nya penting banget nih ane mas

      Hapus
    3. Facebook jarang online ane gan... Ke Instagram aja @mewdavinci

      Hapus
    4. Ok saya follow nama ig saya irvanardynsyah14.

      Hapus
  19. Okay... Terima kasih... Udah saya folback yach

    BalasHapus
  20. Bro gimana pula dengan akun ku ini, setiap ku masukkan metode pembayaran dengan operator (pulsa) muncul tulisan "SMS verifikasi anda gagal"
    Tolong info nya bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, bro. Kebetulan saya dapat info menarik dari Agan Ipan Ardiyansyah, salah satu pembaca blog ini yang punya pengalaman sama seperti Bro Muhammad. Dan masalah dia sudah solved, alhamdulillah.

      Kalau solusi dari Ipan, kartu kita harus di registrasi dulu ke 4444.

      Nah, tapi ada lagi nih, saya baca di forum Google Play Store.
      Jadi, bisa ambil langkah-langkah berikut ini:

      Pertama-tama, agan pastikan dulu kalau posisi SIM card yang mau dipakai untuk pembayaran ada di slot 1.

      Langkah kedua, buka perizinan menerima telepon dan SMS dari Google Play Store. Caranya:
      1. Masuk ke Pengaturan Ponsel
      2. Pilih Aplikasi terinstall / App Manager
      3. Cari dan klik aplikasi "Google Play Store"
      4. Scroll ke bawah, dan tap menu Perizinan apl
      5. Pada pilihan SMS dan telepon, di tap sampai berwarna biru untuk mengaktifkannya.

      Langkah terakhir, lakukan hapus data dan cache pada aplikasi Google Play Service dan Google Play Store.

      Caranya: Masuk ke Pengaturan Ponsel > pilih Aplikasi Manager > cari aplikasi Google Play Store > Klik tombol "Hapus data" dan "Hapus cache".

      Selanjutnya, cari aplikasi Google Play Service > klik tombol "Hapus data" dan "Hapus cache".

      Selamat mencoba ya... Nanti kalau hasilnya (sukses atau gagal), share ke sini lagi ya...

      Hapus
    2. Inti nya pokonya agan no harus di registrasi kalo udah di registrasi agan harus mengikuti langkah langkah di metode pembayaran

      Hapus
    3. Terima kasih bro atas saran nya,
      Tapi masih belom bisa juga. Sudah saya lakukan semua yg agan sarankan diatas, tapi masih juga muncul tulisan " SMS verifikasi ke akun Anda tidak dapat dikirim."

      Hapus
    4. Nomor hp yg saya gunakan juga sudah saya registrasi

      Hapus
    5. Coba gan, minta bantuan langsung ke Tim Google Play di:
      (001)* 803 852 6437
      (Tarif telepon lokal mungkin berlaku, tergantung operator)

      *kode alternatif bisa menggunakan 007/008/009


      +62 21 2970 3955
      (Dikenakan tarif telepon lokal)

      Atau, bisa minta ditelepon sama mereka, caranya cukup kirim chat langsung melalui aplikasi Google Play Store. Langkah-langkahnya gini gan:

      Buka app Google Play Store > Tap icon strip 3 bersusun (burger icon) di sebelah kiri search bar > Scroll ke bawah, pilih "Bantuan & Masukan" > Tap icon chat

      Di situ, jelasin aja permasalahan agan, trus jangan lupa minta mereka nelepon agan... Dan terakhir jangan lupa tekan tombol "Send" yang gambar pesawat kertas di pojok kanan atas.

      Nanti kalau sukses, kabari ya gan...

      Hapus
  21. Oke gan makasih infonya yaa gan,,, 😄😄

    BalasHapus
  22. Bang verifikasi nomor gagal terus knpa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba scroll sedikit ke atas, di sesi kolom komentar. Ada komentar dari Ipan Aridiyansyah. Singkatnya, dia juga gagal verifikasi nomor. Saya sudah coba kasih bermacam-macam solusi, tapi rupanya, permasalahan dia baru selesai setelah melakukan registrasi ulang ke 4444 (Dukcapil).

      Hapus
  23. bang. gimana kalau kita mau melakukan pembayaran melalui pulsa telkomsel. tapi kartu nya di hp yg bwda dari hp untuk melakukan pembayar. bisa gk ya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Normalnya gak bisa gan. Kalau ternyata bisa, itu keajaiban hahaha... Rare event banget kalau bisa seperti itu... Ditaruh di simcard slot 2 aja kadang rewel pembayarannya, apalagi beda hape gan...

      Hapus
  24. mantap gan cuma perlu ganti ke slot slot 1 terus ganti pembayaran di playstore

    BalasHapus
  25. jangan beli di playstore pakai kartu 3 pajaknya kemahalan mending pake xl pajak cuma 12% beda operator beda pajak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya pajak PPn sama gan... 10%... di operator mana aja...

      Hapus
  26. Bang... aku mau nanya nih, aku punya 2 kartu telkomsel d masing-masing slot, slot yg pertama kartu Halo dan slot yg kedua kartu Simpati. Nah yang herannya slot di kartu halo nomornya (0811xxx) tapi terbaca di sistem nomor As (0852xx) dan slot yang kedua tetap nomor yang sama. KEtika saya mau melakukan pembayaran atau pembelian di playstore, metode pembayarannya terbaca nomor AS (o852xx). Saya sudah melakukan penghapusan nomor pada metode pembayaran tetapi ketika kita mau melakukan tranksaksi diminta pembayaran pulsa dan saya pilih itu trus diverifikasi masuk kembali ke nomor AS (0852xx). Dan saya melakukan ganti nomor Simpati dari Slot 2 ke Pertama dan yang Halo dari Slot pertama kedua. Sama aja. Bang tolong dong kasi solusinya...

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi, awal agan mau bayar pakai kartu Halo... Tapi pas verifikasi terbacanya malah kartu AS di nomor yang berbeda? Pas agan coba ganti pakai simpati, kejadiannya tetap sama ya?

      Hmmmm... Kalau boleh tahu, di hape agan ada berapa akun Google? Trus, waktu bayar agan sudah pernah coba scroll sampai ke bawah gak? Biasanya di tampilan paling bawah ada nomor kartu yang terdaftar di hape agan, statusnya belum diverifikasi...

      Hapus
  27. Balasan
    1. Ooh gitu... Coba anjingnya dikasih makan gan... Mungkin dia lapar...

      Hapus
  28. Saya saat mau memverifikasi ke nomer ssya gak bisa kak, trs bacaannya "akun anda berisiko, coba lagi dalam 30menit" itu gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah kasus kayak gini saya gak pernah ngalamin tapi saya pernah baca studi kasusnya gan... Jadi ini banyak penyebabnya, dan ada solusinya juga... Biasanya sih hapenya pernah di root, atau pernah install aplikasi di luar google play store, jadi kemasukkan malware dan terancam kena phising/pencurian informasi, alias hapenya sudah gak aman buat bertransaksi. Tapi ada juga yang gara-gara error biasa.

      Cara mengatasinya juga banyak...
      Pertama-tama, agan bisa coba matikan hapenya, copot simcardnya... hidupkan... lalu, matikan lagi, lalu pasang simcardnya di slot sim 1. Terakhir, nyalakan lagi, dan coba bertransaksi di Google Play Store.

      Alternatifnya, bisa hapus dulu metode pembayarannya, trus ulangi cara pertama yang tadi saya bilang ya gan... Pastikan pengaturan lokasi negara agan, sudah sesuai ya...

      Cara lainnya, coba pindahkan simcard agan ke hape lain, buat mendeteksi kesalahannya dimana. Kalau agan ngalamin hal kayak gini, walaupun hape sudah dipindah, kemungkinan besar masalah agan ada di operatornya agan sendiri.

      Cara terakhir, ini kalau hape agan pernah di root. Coba di unroot hapenya. Lalu coba bertransaksi lagi setelah 24 jam kemudian.

      Atau, agan bisa coba ganti metode pembayaran pakai metode lain, seperti pakai debit card berlogo visa, credit card, atau voucher google play store. Ini fungsinya buat mancing transaksi aja gan...

      Kalau masih gak bisa, coba agan hubungi pihak Google Play Store, buat memastikan kalau akun Google gak ada kendala... habis itu kontak ke operatornya agan, coba minta ganti simcard baru ke operatornya agan... Mungkin aja, kartu simcard lecet jadi gak beroperasi maksimal.

      Semoga membantu ya gan...

      Hapus
  29. Gan kalau sim slot 1 ada pulsa untuk pembayaran dan juga ada paket net nya gimana ya , paket net nya itu pakainya harus di slot 2 kah atau di slot 1 juga bisa atau pakai wifi bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm... slot simcard di hape itu mirip dompet kita gan... pulsanya gak bakalan berkurang kalau kita gak melakukan pembelian...

      Saran saya, seandainya agan kuatir misahin dananya, agan boleh coba pisahin simcard-nya... misalnya yang di simcard 1 khusus buat beli-beli aplikasi di Google Play Store. Di slot sim2 agan isi sama kartu buat beli paket internet... Atau kalau mau internetan pakai wifi juga boleh gan...

      Hapus
  30. Gan pembayarnnya tidak bisa di ubah saya sudah isi pulsa ke no axis saya tetapi metode pembayaran saya tetap indosat padahal metide pembayaran indosat saya sudah saya hapus
    Jawab yg ini aja ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Posisi simcard Axis-nya udah di taruh di Slot SIM1 belum gan? Kalau dia di SIM1, otomatis terdeteksi gan...

      Hapus
  31. Kok gak langsung kartu sim malah disuruh kartu debit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya tuh, ke menu metode pembayaran dan terus mau tambahkan setelan pembayaran lainnya nggk ad plihan kartu sim, tapi lngsung disuruh masukin detail kartu/pokoknya kartu debit gtulah...

      Hapus
    2. Hmmm... Ada kemungkinan kartu sim agan gak terdeteksi di aplikasinya gan... coba pastiin simcard udah di slot sim 1 gan..

      Hapus
  32. Gan....kalau metode pembayaran via indosat udah dihapus gimana cara ngembalikinnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. add lagi gan... begitu kita masuk ke metode pembayaran, langsung terdeteksi otomatis gan...

      Hapus
    2. Begitu terdeteksi otomatis, langsung aja di klik nomor yang mau dipakai gan... Trus verifikasi, dan ya memang sesimple itu prosesnya...

      Hapus
  33. Gan saya mau melakukan pembaran via pulsa smartfren, apakah bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan... Kalau terdeteksi sebagai metode pembayaran di GPS (Google Play Store), gan... ^^

      Hapus
  34. Gan saya nemuin kasus baru...
    di metode pembayaran telkomsel ini tidak bisa ganti nomor hp. setelah hapus langsung terisi ke nomor telkomsel lama saya yg rusak, tidak ada plihan untuk mengganti nomor yg saya gunakan untuk transaksi.
    saya menggunakan xiaomi redmi note 7. single sim saja di slot 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm... Kasus yang menarik... Bagaimana kalau kita panggil Shinichi Kudo ke sini...

      Sebenarnya, untuk permasalahan agan yang kompleks, ada banyak yang mesti dicek gan... Misalnya, akun google yang agan pakai di Playstore apa udah sama dengan akun google yang metode bayarnya udah dihapus sebelumnya?

      Hapus
  35. Aku mau beli di free fire tapi kox aktifkan pembayaran tidak mendukung itu gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh... Kek mana gan? Ane belum pernah ngintip daleman free fire gan...

      Hapus
  36. Verifikasinya sekitar 2-5 menit, tpi kok pnya sya gagal terus....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm.... Coba kasih ane waktu ya gan, ane coba mencari solusi untuk permasalahan agan... Nanti ane tulis di artikel selanjutnya ya, insyaAllah...

      Hapus
  37. Mmaf bang kalo kasus ane
    Nomor udah bisa pake pembayaran, tapi pas ade ane pke hp malah nomornya d hapus dari metode pembayaran..
    Trus ane aktifkan lg malah gk bisa mulu, tapi ane coba pake nomor baru langsung bisa d aktifin d medo pembayaran..
    Trus kenapa nomor lama ane malah gk bisa d aktifkan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, iya itu gan... Kadang-kadang emang gitu, gan... itu coba di-non aktifkan hapenya... pindahin kartunya ke slot sim 1... trus nyalain lagi.... habis itu langsung ke google play store ya... masuk ke setting... lalu metode pembayaran ya gan... biasanya kalau terdeteksi, dia muncul sendiri gan nomornya...

      Hapus
  38. Bang gimana ya nomor telepon saya masih kosong padahal sudah diverfikasi lewat akun googlenya, soalnya sya mau beli loot air drop difree fire udh diisi pulsa tapi nggk bisa mungkin krna nomor teleponnya masih kosong??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apanya gan yang masih kosong...? Pulsanya gan yang kosong...?

      Hapus
  39. min saya sudah menghapus billing metode pembayaran telkomsel apa bisa dikembalikan lagi, soalnya awalnya tidak tersedia untuk telkomselnya trs gak sengaja ke hapus

    solusinya dong min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak apa-apa, gan... kalau nomernya masih terdeteksi, nanti tetap muncul di situ sebagai opsi pembayaran gan...

      Hapus
  40. Bang kalau kartu smartfren bisa kga? Saya sudah coba terus kirim pesan kan ke sms tetapi di sms balesan nya itu maaf pelanggan yth pembelian anda tidak berhasil ituh gmna bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smartfren bisa gan... Itu mungkin saldonya gak cukup gan... coba dilebihin pulsanya dari nominal yang agan mau beli... Misalnya harganya 90ribu... sediain pulsa 120ribu ya, gan... soalnya ada pajak pembelian gan 10%...

      Hapus
  41. Kak, milikku kok enggak bisa dirubah metode pembayarannya ke pulsa prabayar ya? Waktu di klik pasti munculnya, pihak google tidak dapat mengirim verifikasi ke nomor ku. Ini kayak gimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu... Coba pastikan nomernya agan bisa digunakan untuk menerima dan mengirim SMS... Ada pulsanya... Dan lancar digunakan untuk internetan...

      Hapus
  42. Bang, w mo hapus.metode pembayaran habis di klik hapus kok malah suluh ngisi debit/credit card sbg pengganti pembayaran ya. Tulung pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu enggak diisi juga enggak apa-apa gan... di skip saja.. coba matikan ponselnya... lalu pastikan ada sim card aktif di dalamnya... nyalakan kembali, dan masuk ke menu metode pembayaran, nanti paling atas ada opsi pembayaran menggunakan pulsa...

      Hapus
  43. Bang,minta tolong dong..kan ini saya pake hp dual sim aktif..lha,yg di slot 1 indosat sdngkan yg d slot 2 telkomsel..metode pmbayarannya saat sih msh pke yg telkomsel dan itu tdk ada mslh tp disini sy jg ingin mnambhkan metode pmbayarannya mnggunakan yg indosat jg bang..kira2 bs gak ya 2 pilihan mtode pmbayaran d opsi plihannya dngan 2 no.provider brbeda.jd yg indosat bs dan yg tlkomsel jg bs...mohon pencerahan dan bimbingannya gan..trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, gan... Google Play Store sekarang sudah lebih rapi... Enggak melihat simcard 1 dan 2 lagi...

      Hapus
  44. pernah ngalamin.
    sempat hubungi pihak Google juga. tapi ya.... tetep ribet deh.
    untungnya setelah itu ada pembelian voucher Google Play via Alfamart. Gak pakek lebihan.
    cuma minusnya, kita belinya denom udah ditentukan. Yang mana konsekuensinya kita harus isi/topup lebih dari jumlah pembelian di game. Dan sisanya nanti ngendon jadi saldo Google play
    Kalo bayarnya lewat pulsa, kita bisa minimalkan jumlah pulsa. di-pas-in gitu pulsanya.

    BalasHapus
  45. min saya tidak dapat membeli melalui pulsa telkomsel

    BalasHapus
  46. nomor telpon yg lama selalu muncul sehingga nomor yg baru tidak tersedia

    BalasHapus

Posting Komentar

Apa yang Anda pikirkan setelah membaca tulisan ini?