Menentukan Jumlah Ideal Pengurus Online Shop

Online shop memang sedang booming. Tapi, sanggupkah kita seorang diri menjalankannya?


Alhamdulillah. Sore hari tanggal 22 Agustus 2015, Muhammad, salah seorang visitor www.mewdavinci.com menguhubungi saya melalui aplikasi chat Purechat.

Berikut ini adalah salinan transkrip pertanyaan dari Muhammad untuk saya, yang tersimpan di database Purechat :

[Finally, It's Solved] Ada Pesan Baru


Assalamu'alaikum Mew, nama saya Muhammad.

Saya sedang merencanakan pembuatan toko online yang bisa menjual semuanya. Ada makanan beku siap saji, parfum, minuman, rumah, mobil, madu, dan lain-lain.

Mew, kira-kira berapa orang yang saya butuhkan untuk menjalankan online shop tersebut?

---Percakapan dengan Muhammad pada 22 Agustus 2015 | 09:36 AM Dalam artikel: How I Build My Online Shop

Catatan: Pertanyaan ini dikirim melalui aplikasi chat Purechat.


Baca dulu intronya...

Wait! 

Sebelum saya mengulas percakapan antara saya dengan Muhammad, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada anda, para visitor www.mewdavinci.com, yang bersedia mengomentari artikel-artikel di website ini, maupun kepada visitor yang bertanya baik melalui email, Blogger contact form, maupun aplikasi chat.

Karena saya bertambah yakin, bahwa artikel-artikel di www.mewdavinci.com diminati dan diperhatikan oleh anda dan visitors. Ngomong-ngomong, agar anda tetap mendapatkan update artikel di www.mewdavinci.com melalui email, saya anjurkan anda untuk subscribe artikel Mew da Vinci, saat ini juga.


Berapakah jumlah pengelola online shop?

Boleh jadi pertanyaan yang anda anggap sederhana ini merupakan pertanyaan bagi pemilik online shop lainnya, yang mempertimbangkan efisiensi dan efektifitas karyawan selama online shop berjalan. Artinya, Muhammad mengajukan pertanyaan yang lazim dan wajar.

Ketika saya mendapatkan pertanyaan tersebut, hal pertama saya yang ingin saya ketahui adalah konsep online shop yang ingin dibangun. Apakah multi-shop atau one-shop? Saya akan mengulas perbedaan antara multi-shop dengan one-shop pada artikel berikutnya. Baca juga artikel "5 Tips Mempopulerkan Online Shop".



How many people that you need to manage an online shop?


Mengintip Manajemen Online Shop Terkenal

Pada proses project pembuatan online shop terdahulu, saya mendapatkan informasi dari seseorang yang pernah menjadi pegawai Blanja.com, bahwa terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum spent money that much seperti rekrut pegawai dan mempergunakan tools. Baca pengalaman saya di artikel "How I Build My Online Shop".


1. Envato Studio

Jika anda mengetahui marketplace bernama Graphic River, Theme Forest, Audio Jungle, dan Code Canyon, maka anda telah memahami alasan menjadi pebisnis online. Ke empat marketplace tersebut merupakan online shop yang dikelola oleh satu perusahaan yang sama, yaitu Envato. Envato menyediakan berbagai macam digital files dengan target pasar adalah para seniman, yaitu graphic desainer, web developer, musisi, video publisher, dan lainnya.

Pengelola ke empat marketplace tersebut, pada awalnya hanya memiliki 3 kolaborator, dimana masing-masingnya sudah mengerti apa yang akan mereka capai, serta area tugasnya.


2. HijUp

Mari kita lanjutkan ke Hijup.com. Hijup adalah islamic fashion e-commerce, yang mengusung konsep online mall. Sekedar informasi untuk anda sahabatku, yang memiliki passion bahkan talenta sebagai desainer fashion muslimah indonesia, maka anda adalah orang yang tepat untuk bersaing di Hijup.com.

Layaknya Graphic River, Theme Forest, Audio Jungle, dan Code Canyon, maka Hijup.com hanya memiliki 2 orang developers saja. Lebih sedikit, bukan?

Ingin lebih meminimal pekerja lagi?



3. Fataya Collection

Mari kita tengok toko online Fataya Collection. Silakan kunjungi instagram @fatayacollection untuk melihat koleksi baju muslimah terbaru. Begitu anda mengunjungi website dan instagramnya, kira-kira berapa jumlah pekerjanya?

1 orang? 2 orang? 3 orang? Atau jangan-jangan ada 10 orang?

Jawabannya adalah 1 pengelola online shop saja.

Anda boleh mentaksir daily sales traffic Fataya Collection sekitar 1 atau 2 pembeli, bahkan mungkin saja hampir tidak ada pembeli. Berdasarkan asumsi, hanya terdapat satu pengelola butik online saja, Tapi, tahu kah anda, bahwa setiap harinya, butik online tersebut mendapatkan order hingga 20 baju.



4. Sirclo

Sirclo merupakan penyedia platform online shop. Bisa disebut sebagai tangan ketiga anda dalam hal pembuatan website. Banyak orang yang menggagalkan rencananya untuk membuat toko online berbasis website karena dituntut mengerti bahasa pemrograman dan tampilan admin yang tidak user friendly, alias memusingkan.

Nah! Bagi anda yang menginginkan kemudahan membuat toko online seperti Hijup, Lazada, Tokopedia, Fataya Collection, dan online shop favorite anda, maka saya sarankan kepada anda untuk memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan oleh Sirclo.

Tidak perlu ngerti coding. Tidak perlu pusing dengan tampilan admin yang membosankan. Tidak perlu pusing dengan ukuran image files yang terlanjur besar. Sirclo secara otomatis menyesuaikan dengan anda.

Oh ya, kabar baik bagi anda yang selalu menyangsikan progress kesuksesan online shop yang hanya memiliki satu atau tiga pegawai. Karena pada start diluncurkannya Sirclo, mereka memiliki 9 orang pengelola Sirclo.


5. Tokopedia dan Rakuten

Aha! Ini dia dua toserba online favorite saya.

Konsep Tokopedia dan Rakuten sama dengan toko online serba ada yang ingin dibuat oleh Muhammad, salah satu visitor www.mewdavinci.com. Yaitu, Palugada (Apa loe mau, Gue ada) atau Toserba (Toko serba ada).

Apakah anda memiliki estimasi start jumlah pegawai yang sama dengan saya terhadap kedua toserba online tersebut?

2 dari 10 pembaca Finally, It's Solved, memperkirakan setidaknya terdapat lebih dari 30 orang yang menangani Tokopedia atau Rakuten, pada awalnya. Kemudian, 5 dari 10 orang memperkirakan terdapat kurang dari 15 developers online shop. Sedangkan, sisanya adalah di antara keduanya, atau mungkin saja tidak memperkirakan jumlah pegawai kedua online shop tersebut.

Jika saya menyarankan kepada Muhammad untuk menyiapkan setidaknya 5 orang yang bertugas mengelola toserba online miliknya, kira-kira berapa jumlah pegawai Tokopedia dan Rakuten saat awal peluncuran?

Apakah sama seperti toserba online milik Muhammad? Atau, berbeda?

Sahabatku, ikuti terus ya artikel mengenai teknik bisnis mudah dan berkah hanya dengan online shop, di website Finally, It's Solved - www.mewdavinci.com.

Jangan lupa untuk subscribe website www.mewdavinci.com dengan cara mendaftarkan email anda melalui link Gratis berlangganan artikel Finally, It's Solved - www.mewdavinci.com. Agar anda tetap menerima artikel terbaru Finally, It's Solved, tanpa perlu menghapal web address-nya hehe...

Dan, tolong bantu saya share artikel "Menentukan Jumlah Ideal Pengurus Online Shop" kepada orang-orang yang anda sayangi dan menyayangi anda melalui akun media sosial anda, seperti Facebook, Google Plus, Twitter, Tumblr, dan Pinterest, karena artikel saya bermanfaat dan anda menyukainya.

Sampai jumpa lagi pada artikel berikutnya. Terima kasih dan wassalamu'alaikum warahmatullah!
Bantu saya beli susu hangat sebagai teman menulis artikel
Previous
Next Post »

What do you think? Share your comments below. EmoticonEmoticon