5 Tips Mempopulerkan Online Shop

Kelima hal ini akan membuat online shop anda cepat populer!


Assalamu'alaikum warahmatullah, sohib Mew da Vinci Official.

Sudahkah anda memilki website online shop anda sendiri? Jika anda belum punya website online shop, silakan sohib pebisnisku membuat online shop sendiri di Sirclo.

Namun, jika jawaban anda adalah "Ya", maka artikel ini cocok bagi anda yang ingin serius menjalankan bisnis shopping online.

Apapun barang dan jasa yang anda tawarkan kepada netizen, saya yakin testimoni "best of the best" atau "trusted online shop" merupakan incaran anda di setiap waktu.

Perlu anda sadari bahwa apapun yang anda jual, baik secara online maupun offline, anda memiliki kompetitor yang tidak sedikit. Boleh jadi kompetitor anda memiliki strategi marketing yang lebih tangkas strategi, produk lebih unik, dan mereka lebih lihai meyakinkan calon konsumen bahwa online shop mereka merupakan satu-satunya online shop yang paling cakap serta paling berkelas.

Bagaimana dengan anda dan online shop anda?

Berikut ini merupakan 5 hal yang menyebabkan online shop anda cepat populer :


Buyers paling suka cuci mata, jadi jangan sampai irit items ya...


1. Sediakan banyak items pilihan

Layaknya kita saat berbelanja di supermarket, walau hanya ingin membeli pisang saja, tapi seandainya supermarket tersebut menyediakan macam-macam varian pisang, maka otomatis kita akan memilih yang paling menarik, paling segar, dan paling murah.

Boleh jadi disebabkan oleh banyak pilihan pisang tersedia, menjadikan peluang bagi supermarket tersebut mendapat profit lebih besar karena kita akan datang lagi, lagi, lagi, dan lagi untuk menjajal jenis pisang lain yang lebih mahal.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa online shop akan semakin menarik jika menyediakan produk lebih bervariasi dari segi brand, warna, dan harga. Walaupun hanya menjual satu jenis produk.



Jangan cuma banyak items, tapi terus, terus, terus, dan terus upload items terbaru


2. Update terus item online shop anda

Update tidak mesti up to date, melainkan fresh.

Dengan cara melakukan pembaharuan atau penyegaran pada online shop anda, maka calon konsumen dan konsumen dengan sendirinya akan menganggap online shop anda dirawat.

Sebaiknya hindari terlalu sering meng-upload berita atau kata-kata mutiara, agar online shop anda tidak melenceng ke entertainment news.

Hindari pula terlalu sering melakukan big sale atau event, karena hal tersebut akan merubah minat serta mindset konsumen dan calon konsumen yang datang ke online shop anda.

Tidak menutup kemungkinan pengunjung online shop anda kelak naik dan turun secara drastis akibat event yang anda gelar, sehingga sulit bagi anda membedakan, mana konsumen yang loyal karena benar-benar menyukai produk anda, dan konsumen mana yang hanya memburu big sale event.

Yang paling baik bagi anda dan online shop anda adalah update online shop anda dengan items baru secara berkala. Hal ini akan mengesankan bahwa online shop anda selalu segar, aktif, dan inovatif.



Buyers paling suka kalau semua ditanggapi serba cepat, tepat, dan akurat


3. Perhatikan manajemen waktu

Kata 'online' yang disandingkan pada toko, acapkali diartikan sebagai toko yang buka 24 jam non-stop. Setiap hari. Padahal, arti sebenarnya pada 'online shop'adalah toko virtual yang memudahkan anda berbelanja dari mana saja, sekalipun anda melakukannya sambil berbaring di kasur atau sofa.

Begitu pula dengan manajemen online shop itu sendiri. Pemilik online shop pun masih bisa memantau dan melayani transaksi tanpa perlu berjaga di toko, warung, atau butik.

Namun, walaupun terkesan mudah dan simple, bukan berarti pelayanan kita kepada konsumen menjadi semaunya, kasar, dan bersikap seolah-olah anda tidak butuh dia menjadi konsumen anda.



Mengkomplain anda semudah membeli barang di online shop anda

4. Jadikan diri anda mudah diakses

Saya yakin, bahwa istilah "trusted online shop" diburu semua pebisnis online. Tapi bagaimana caranya membangun citra trusted online shop tersebut?

Point nomor 3 adalah kunci utama, tapi menjadikan diri anda mudah diakses oleh pembeli dan calon pembeli merupakan yang paling utama.

Boleh jadi ketika calon pembeli bertanya-tanya kepada anda tentang produk yang anda jual, anda dengan sigap melayani dia. Hingga akhirnya, calon pembeli anda mantap untuk memboyong produk anda tersebut ke rumah. Akan tetapi, hanya dengan mengirim produk anda dengan paket kilat daja tidaklah cukup.

Anda harus mendapat kepastian bahwa produk anda telah sampai di tujuan, accurately. Zero mistake. Setelah itu, persiapkan diri anda untuk mendengar komentar konsumen tentang produk anda.



Tahu gak sieh? Kalau komentar client memiliki impact besar untuk reputasi online shop anda

5. Publish testimonial produk anda

Cara selanjutnya untuk meyakinkan bahwa online shop anda terpercaya atau one hundred percents legit adalah dengan menunjukkan kualitas barang / jasa anda melalui testimonial konsumen yang pernah bermitra dengan anda.

Poin kelima ini merupakan dampak atau timbal balik atas ke empat effort anda berdarsarkan poin di atas.

Namun, kini pertanyaannya adalah "Apakah anda sudah memiliki online shop?" Kembangkan online shop anda di sosial media dengan membuat website online shop. Caranya mudah dan praktis. Tanpa perlu ngerti coding.

Baca juga pengalaman pertama saya membangun online shop di artikel "How I Build My Online Shop", atau buat website online shop anda sendiri dengan cara klik link Sirclo.

Oh ya, sahabatku, tolong bantu saya share artikel ini melalui akun Facebook, Twitter, Google Plus, dan Pinterest anda, karena anda menyukainya. Dan sampai ketemu lagi di artikel Mew da Vinci Official berikutnya ya. Wassalamu'alaikum!
Bantu saya beli susu hangat sebagai teman menulis artikel
Previous
Next Post »

What do you think? Share your comments below. EmoticonEmoticon