Program Investasi Nabung Saham Panin Sekuritas Yang Kamu Harus Tahu

Siapa yang gak kenal Panin Bank? Walaupun tidak bisa disebut sebagai bank tertua di Indonesia, namun fyi, Bank Panin tercatat sebagai bank pertama di Indonesia yang memperdagangkan sahamnya secara terbuka di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Baca selengkapnya di Wikipedia.

Lalu, bagaimana ceritanya sampai akhirnya lahir Panin Sekuritas? Baca selengkapnya dengan cara scroll ke bawah, atau klik tombol play pada podcast Mew da Vinci, untuk mendengarkan ulasan singkatnya.


Siapa Panin Sekuritas?

Selamat datang di Panin Sekuritas, salah satu perantara pedagang efek terkemuka yang memiliki visi menjadi broker andalan dan dipercaya mampu memberikan solusi finansial bagi para investor saham Indonesia.

Bicara tentang prestasi, Panin Sekuritas terus berusaha memberikan yang terbaik kepada nasabah mereka. Tahun 2007, broker saham Indonesia satu ini pernah menerima penghargaan dari Bursa Efek Surabaya sebagai anggota bursa dengan transaksi efek ekuitas teraktif dalam kategori nilai transaksi.

Menabung saham di Panin Sekuritas

PT Panin Sekuritas Tbk juga pernah menduduki peringkat ke-8 dari 171 perusahaan efek yang meraih laba perusahaan tertinggi versi Majalah Infobank. Penghargaan ini mereka peroleh pada tahun 2003. Dan, masih banyak penghargaan lainnya yang bisa kamu lihat di Halaman Prestasi.

Seberapa amankah bertransaksi di Panin Sekuritas?

Kalau saya diminta untuk menceritakan seberapa aman bertransaksi di Panin Sekuritas, boleh dibilang tingkat keamanannya setingkat dengan broker ternama lain. Misalnya, waktu mau transaksi jual/beli saham, user akan diminta untuk memasukkan username, password, dan PIN transaksi.

Buat kamu yang ingin menggunakan jasa broker, Panin Sekuritas menjamin bahwa mereka mempekerjakan tim yang handal dan mumpuni di bidangnya. Orang-orang tersebut pun terdaftar secara resmi sebagai pegawai tetap di kantor mereka.

Singkat kata, Panin tidak menggunakan jasa orang ketiga untuk membantu nasabah melakukan transaksi saham. Dan, sebelum transaksi dilakukan, broker mengedepankan komunikasi yang optimal di antara mereka, sehingga tidak terjadi fault transaction (transaksi nakal).

Kenapa pilih Panin Sekuritas?

Akhirnya kita masuk ke topik favorit saya. Hal menarik dari Panin Sekuritas adalah mereka menawarkan pilihan Rekening Dana Investor (RDI) lebih beragam dibandingkan top perusahaan efek lainnya, yaitu:
  • BCA, 
  • BCA Syariah, 
  • Bank Permata, 
  • Permata Syariah,
  • Bank Panin,
  • Bank Mandiri
Calon nasabah, juga bisa memilih apakah nantinya keputusan bertransaksi mereka sepenuhnya diatur oleh dirinya sendiri, atau menggunakan jasa broker untuk memberi masukan dalam memilih saham dan timing jual/beli. Literally, Panin Sekuritas menyediakan 2 pilihan akun investor, yaitu:
  • POST Reguler dan Syariah (self-trading)
  • Broker Reguler
Dengan ketentuan setoran awal sebagai berikut:
  • Akun POST Syariah dengan minimal deposit awal Rp1 juta. Tapi ini hanya berlaku untuk calon nasabah yang membuka rekening investor menggunakan Bank Panin.
  • POST Reguler: Rp10 juta.
  • Broker Reguler: Rp25 juta.
Nasabah online trading (POST) dan yang menggunakan jasa broker dibebankan persentase fee transaksi jual beli yang berbeda.

Pengguna POST dikenakan charge sebesar 0.20% di setiap transaksi pembelian saham, dan fee jualnya 0.30%. Biaya ini berlaku untuk kedua akun POST, baik syariah maupun reguler.

Berbeda dengan nasabah yang menggunakan jasa broker. Fee belinya adalah 0.25% per transaksi yang sukses, dan 0.35% per transaksi penjual saham.

Ada info unik tentang Panin Sekuritas dari customer support mereka. Jika kita memiliki saham di sekuritas lain, kemudian berencana memindah bukukan ke Panin Sekuritas, maka kita dikenakan biaya penerimaan transfer saham sebesar Rp20.000 per emiten.

Beban biaya tersebut (Rp20.000) juga diberlakukan pada kondisi ketika kita ingin mentransfer saham dari Panin Sekuritas ke sekuritas lain.

Informasi lainnya yang kamu wajib tahu

  • Jika buka akun menggunakan RDI Bank Panin, dan melakukan deposit Rp1 juta rupiah dengan batas waktu maksimal 7 hari setelah rekening nasabah diaktifkan, maka nasabah (umum) akan memperoleh tambahan (cashback) sebesar Rp200.000 (dua ratus ribu rupiah).
  • Untuk mahasiswa, cashback yang diperoleh sebesar Rp100.000 (seratus ribu rupiah).
  • Gratis biaya data feed untuk nasabah POST (online trading).
  • Untuk nasabah yang bertransaksi menggunakan bantuan broker, dikenakan biaya Rp25.000 (dua puluh lima ribu rupiah).
  • RDI bank syariah hanya bisa diminta untuk calon nasabah yang membuka akun syariah juga.

Cara menghubungi Panin Sekuritas

Tertarik menjadi bagian dari Panin Sekuritas? Segera download formulir pembukaan rekening efeknya di website mereka, www.pans.co.id atau klik link download ini. Isi dengan data-data yang valid.

Sertakan copy KTP, NPWP, dan halaman depan buku tabungan. Jangan keluapaan buat menyiapkan 2 lembar materai 6000 asli sebagai pelengkap. Terakhir, kirim lewat pos ke alamat Head Office mereka:
PT Panin Sekuritas Tbk
Indonesia Stock Exchange Building, Tower 2, Floor 17, Jalan Jenderal Sudirman Kav 52-53, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12190, Indonesia.

Oh ya, kamu juga bisa make sure informasi yang kamu baca di artikel review broker saham lokal Panin Sekuritas ini dengan cara menghubungi customer service Panin Sekuritas via line telepon, chat WhatsApp, atau media sosial mereka di bawah ini:
Telepon: (021) 515-3055 atau (021) 2977-3655
WhatsApp: +62 812 8884 7699 (Klik untuk chat)
Email: care@pans.co.id

LinkedIn: PT Panin Sekuritas Tbk
Instagram: @panin_sekuritas
Twitter: @paninsekuritas
Facebook: @paninsekuritas
Website: www.pans.co.id || www.post.co.id

Apa yang saya suka dari Panin Sekuritas?

Ini penilaian subjektif dari sudut pandang pribadi sebagai calon user. Artinya, saya mengukurnya dari kebutuhan saya sendiri. Menurut saya, hal yang menarik dari Panin Sekuritas adalah sebagai berikut:

Tampilan aplikasi Panin Online Stock Trading (POST)

  1. Bisa request demo account POST
  2. Pas ngetik artikel ini sebenarnya saya penasaran akan beberapa hal. Salah satunya adalah aplikasi Panin Online Stock Trading (POST) mereka.

    Singkat cerita saya mencari aplikasinya di Google Play Store, dan saya temukan 2 aplikasi POST Mobile. Satunya "POST Mobile" saja, sedangkan satunya lagi "POST Mobile 3".

    Mungkin, Panin berencana mengajak users mereka untuk bermigrasi ke aplikasi terbarunya yang dirasa lebih canggih, simple, dan mampu memenuhi kebutuhan investor. Setidaknya, ini hasil pengamatan saya setelah membandingkan kedua aplikasi tersebut.

    Sayangnya, langkah saya terhenti di halaman depan/tampilan awal. Intinya, saya gak bisa login karena gak punya akun. Gak punya username dan passwordnya.

    Akhirnya, saya pergi ke website mereka, sambil berharap bahwa mereka menyediakan Demo Account. Dan alhamdulillah wa syukurillah, mereka memang menyediakan fitur itu. Tapi, harus request dulu.

    Walaupun begitu, caranya mudah kok. Cuma tinggal kasih nama lengkap, email, dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

    Alhamdulillah, berhasil ya, upaya saya ini.

  3. Kinerja Panin yang terus meningkat
  4. Fakta yang gak bisa ditampik, yaitu broker saham satu ini meraih banyak penghargaan pada di berbagai sektor.

    Misalnya, pada Desember 2018, Panin Sekuritas sukses menyabet penghargaan IDX Appreciation 2018 sebagai anggota bursa terbaik dalam kategori kinerja keuangan.

    Sebulan kemudian, di bulan Januari 2019, Warta Ekonomi menobatkan Panin Sekuritas sebagai The Excelence Digital Innnovation Company pada ajang penghargaan LIVING LEGEND COMPANY AWARD 2019.

    Jujur, saya gak ngerti maksudnya, tapi ya, tetap patut diapresiasi hehehe.

  5. Pelayanannya ramah
  6. Berkali-kali saya telepon ke Panin Sekuritas, menanyakan ini-itu, tapi customer service-nya tetap cepat tanggap, terbuka, dan melayani dengan hati. Singkat cerita, sales marketing mereka loveable dan care.

  7. Pilihan rekening dana nasabahnya banyak
  8. Gak hanya open untuk RDN dari bank konvensional, tapi tersedia rekening syariah juga.

    Seperti yang saya tulis di atas, mereka menyajikan 7 bank populer di Indonesia sebagai pilihan bagi calon investornya.

  9. Aplikasinya bisa digunakan di berbagai platform
  10. Aplikasi POST tersedia di perangkat mobile maupun PC/laptop. Kalau gak mau ribet install aplikasi ini dan itu, para investor tetap bisa bertransaksi menggunakan web browser. Dan tentunya, mereka terus berupaya meningkatkan keamanan software dan hardware mereka, agar gak kecolongan sama hacker nakal nan iseng.

  11. Gratis fitur conditional order
  12. Sudah pernah dengar apa itu "conditional order"? Jadi, dengan fitur ini, kita bisa mengatur timing transaksi pada harga-harga yang diincar. Baik buy, maupun sell order (dengan catatan, kita punya sahamnya ya).

  13. Aplikasinya user friendly dan menawarkan banyak kemudahan
  14. Entah kenapa, saya perhatikan, rata-rata aplikasi saham itu warnanya cenderung gelap. Mungkin, biar lebih bersahabat dengan mata, kali ya? Dan, begitu pula dengan aplikasi Panin Online Stock Trading (POST) ini.

    Kelebihan POST Mobile 3 adalah Panin lebih memperhatikan fungsi option, desain tab, dan space/jarak antar tulisan, sehingga memberi efek tampilan yang lebih luas. Pilihan font mereka kali ini pun ramping dan tipis, mirip font Bebas Neue Thin.

  15. Menerapkan sistem keamanan berlapis
  16. Akun nasabah dibekali dengan 2 lapis keamanan saat bertransaksi, yaitu password akun investor dan kode PIN transaksi. Jadi, kalau kita mau jual/beli, nanti bakalan diminta menginput dua hal itu.

    Sebenarnya, ini biasa ya. Di BNI Sekuritas juga gitu. Indopremier juga menerapkan hal yang sama. Sehingga, kalau mau dibilang spesial, ya enggak istimewa juga sih, hehehe.

  17. Menyediakan free download file edukasi saham gratis
  18. Panin Sekuritas juga menyediakan edukasi gratis untuk pemula yang dibukukan dalam bentuk file PDF yang bisa diunduh oleh semua orang.

  19. Rutin mengadakan seminar
  20. Setiap minggunya diadakan pelatihan gratis, seperti training analisa fundamental, training analisa technical, training aplikasi POST, dan Market Outlook.

  21. Harga saham dan nomor antrian orderan mengikuti aktivitas bursa
  22. Dulu, di artikel sebelumnya, ada yang tanya, apa ada sekuritas yang melakukan permainan transaksi saham, alias kecurangan?

    Kalau saya baca di berita, rupanya memang ada kejadian seperti itu. Tapi, alhamdulillah, sekuritas-sekuritas nakal yang ketahuan berbuat curang sudah ditangani oleh pihak yang berwenang. Jadi, gak perlu kuatir adanya permainan harga broker di sini.

    Panin Sekuritas menjamin perusahaan mereka aman. No tipu-tipu. No manipulasi data.

Ini dia alasan-alasan kenapa saya tertarik buat buka rekening investor saham baru di Panin Sekuritas. Tapi, karena saya sudah nabung saham di BNI Sekuritas, dan pernah tahu rasanya jadi nasabah Indo Premier, saya sebenarnya pengen cari sesuatu yang segar.

Maksudnya, saya mencari sekuritas saham online yang berbeda. Karena, selain fitur, saya menginginkan pasar saham yang lebih luas dan lebih besar. Kabar bagusnya, saya sudah menemukan yang saya cari.

Apa ya kira-kira? Nantikan update-nya ya.

waktunya panin sekuritas

Apa yang bikin saya mikir-mikir buat jadi nasabah mereka?

    Sejelek itukah Panin Sekuritas sampai-sampai saya harus mikir-mikir dulu buat bergabung menjadi salah satu investor mereka? Gak dong. Bagus kok. Tapi kan, sebelum mengambil keputusan, alangkah baiknya kalau kita memikirkan dan mempertimbangkannya terlebih dahulu.

    Apa sih yang perlu dipikirin? Padahal, kelebihan broker legendaris satu ini sudah seabrek-abrek. Oke, jadi gini.

    Yang pertama adalah biaya transfer saham. Biaya menerima transfer saham dari sekuritas lain dikenakan charge sebesar Rp20.000 (dua puluh ribu rupiah) per emiten. Nominal ini setara dengan jumlah charge transfer saham dari Panin Sekuritas ke sekuritas lain.

    Yang kedua, fitur conditional order hanya akan berfungsi dan berjalan selama aplikasinya tidak ditutup.

    Ketiga, fee beli sahamnya 0.20% per transaksi. Kalau buat saya, fee order buy segini lumayan tinggi sih. Soalnya saya masih tergolong investor kere hehehe.

    Selain itu, rekening dana nasabah yang syariah hanya untuk investor dengan akun syariah. Jadi, kalau mau pakai RDI BCA Syariah atau Bank Permata Syariah, tergolong gak leluasa ya. Karena cuma bisa digunakan untuk membuka rekening efek POST syariah saja.

    Tapi, ya gak masalah, karena saya memang lebih tertarik bermain di saham syariah saja.
      Nah! Ini pendapat saya. Kalau kamu bagaimana? Tulis opini atau pengalaman kamu di kolom komentar ya. Kalau menurut kamu artikel ini bermanfaat, bagikan ke teman-teman kamu, dan jangan lupa cantumkan review dari saya ini sebagai sumbernya, ya.

      Terima kasih! Semoga artikelnya bermanfaat.

      Komentar

      1. Wah menarik. Saya menunggu post tentang sesuatu yang segar itu hehe

        BalasHapus

      Posting Komentar

      Apa yang Anda pikirkan setelah membaca tulisan ini?