Panduan Praktis Menjemput Tiket Terbang Umroh Gratis 2018

Masih terasa segar mukadimah tausiyah Ustadz Muhammad Arifin Ilham di kepala saya tentang haji dan umroh. "Panggilan Allah itu hanya ada tiga. Yang pertama adalah sholat. Adzan itu bukan panggilan muadzin, tapi panggilan Allah. Kemudian, haji dan umroh. Dan yang terakhir adalah kematian."

Menjadi tamu Allah adalah impian mayoritas umat Islam. Sayangnya, ongkos perjalanan yang terus meningkat dari masa ke masa menjadi tantangan bagi kita untuk senantiasa bersabar dalam segala ikhtiar, juga bertawakal.

Gratis umroh 2018

Tak sedikit yang mulai pesimis. Mempertanyakan kemampuan finansial dan sisa usia. Adakah peluang bagi kita melaksanakan ibadah yang paling dirindu-rindukan oleh sejuta umat ini? Benarkah semuanya berkaitan dengan panggilan Allah?

Percaya gak percaya, realitanya, siapa pun bisa berangkat umroh gratis, mudah, nyaman, dan aman insyaAllah. Namun, memang sih, butuh ikhtiar langit dan bumi.

Kita bisa mengebumikan usaha dengan cara mengikuti panduan praktis terbang umroh gratis di artikel mewdavinci.com ini. Kemudian, dilanjutkan dengan ikhtiar langit berupa doa, sholat, dan sabar. Mudah, bukan?


Persiapan sebelum berangkat umroh

"Kupenuhi panggilan-Mu, duhai Allah." Selama orang-orang beriman, para perindu Rasulullah, dan para pencari Tuhan masih eksis dimuka bumi ini. Kalimat talbiyah akan terus bergema di Haramain.

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ لاَ شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيكَ لَك

Tidak peduli berapa pun usianya, asal-usul, warna kulit, bahasa, dan tabiatnya, mereka tetap menyerukan kalimat tersebut dengan penuh rasa haru dan bangga. Bekas lelehan air mata pun terkadang tampak pada wajah-wajah mereka yang bersyukur.

Merindukan tanah suci? Masihkah berdoa agar menjadi bagian dari tamu-tamu Allah? Saya juga.

panduan terbang umroh gratis

Namun, tahukah kamu? Kondisi fisik dan stamina yang tidak dijaga dengan baik, berpotensi mengurangi kenikmatan beribadah. Apalagi, jika travel yang digunakan menyewa penginapan dengan jarak berkilo-kilometer jauhnya dari Masjid Nabawi atau Masjidil Haram.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi pengalaman tidak terduga, mari kita lakukan beberapa persiapan praktis dan sederhana berikut ini.

1. Istiqomah meningkatkan ketaqwaan, meluruskan niat dan membersihkan hati

Walaupun terdengar simple, tapi jika ketiganya baik, maka lelah akan berubah menjadi lillah. Jika Allah tujuannya, ridho Allah harapannya, maka yang sulit terasa mudah. Dan tidak mungkin menjadi mungkin.

Ada banyak kisah spiritual seputar haji dan umroh. Yang mungkin saja pernah kita dengar langsung dari kedua orangtua, saudara, kerabat, dan handai taulan. Atau, kita akses melalui buku-buku motivasi dan kiat-kiat sehat beribadah haji dan umroh.

Apapun itu, doa setiap jama'ah haji dan umroh tetap sama. Yaitu ibadahnya diterima Allah, dan pulang dalam keadaan mabrur-mabruroh.

2. Jagalah stamina dan kebugaran tubuh

Perbedaan suhu dan cuaca yang ekstrim di dua tanah suci memang perlu diperhatikan. Tidak sedikit jama'ah berakhir gugur karena ketahanan fisik yang tidak mendukung.

Cobalah untuk berolahraga ringan selama sebulan atau dua bulan sebelum tanggal keberangkatan, seperti jalan sehat, lari pagi, atau senam. Bagi penggemar beladiri, saya rasa asyik juga mencoba taichi. Pada intinya, kita membiasakan diri untuk bergerak dan terkena sinar matahari.



3. Persiapkan vitamin dan obat-obatan yang cukup

Ibu-ibu, kakak-kakak, dan adek-adekku yang cantik juga sholehah, pernah kah mendapat anjuran untuk meminum pil penunda haid? Kalau kita berkonsultasi ke dokter tentang siklus haid yang tidak stabil, biasanya obat satu ini dianjurkan untuk dikonsumsi.

Sesuai namanya, pil kontrasepsi atau tablet hormonal akan membantu kita mencegah terjadinya menstruasi selama melaksanakan ibadah haji dan umroh. Namun, ada juga dokter yang menyarankan untuk tidak mengonsumsinya, karena bisa menyebabkan darah haid keluar lebih deras.

Nah! Selain berkonsultasi ke dokter, ada baiknya kita pastikan hukum menggunakan pil penunda haid saat melaksanakan ibadah umroh saja. Apakah dia bersifat makruh atau mubah?

Jangan kelupaan mempersiapkan obat-obatan ekstra seperti obat masuk angin dan pelega tenggorokan (antangin/tolak angin), minyak angin, minyak kayu putih, obat flu dan pilek, obat batuk, dan obat-obatan yang memang harus dikonsumsi secara rutin.

4. Bawalah tas pinggang dan jumlah baju bersih secukupnya

Keberadaan tas pingang atau tas tangan membantu kita membawa keperluan-keperluan pribadi seperti uang, KTP, paspor, ID card jama'ah, buku panduan haji dan umroh, kunci kamar hotel, sajadah kecil, tasbih, mushaf, handphone, pembalut wanita, obat-obatan, kaus kaki, plastik, parfum, permen, dan air minum.

Ribet ya, the things-nya perempuan? Hehehe. Rasanya semua mau dibawa. Seakan-akan tas kecil itu bisa berubah menjadi kantong ajaib Doraemon, kapan saja dan dimana saja.

Barang-barang bawaan untuk travel umroh

Kemudian, setelah kita yakin semua benda-benda kebutuhan kita selesai dimasukkan ke tas pinggang. Selanjutnya, giliran menata baju-baju bersih serapi dan seefisien mungkin. Pantau perkembangan forecast di Mekkah dan Madinah untuk memudah kita menentukan baju apa saja yang akan dibawa.

Misalnya, jika kita berencana terbang umroh pada bulan Juni 2018, maka berdasarkan forecast Accu Weather (www.accuweather.com) untuk Kota Mekkah, Arab Saudi, diperkirakan suhu rata-ratanya sekitar 42 derajat Celcius.

Selain mengikuti berita perkembangan ramalan cuaca, kita juga perlu menghitung dengan tepat dan cepat jumlah baju bersih yang akan dibawa, sesuai dengan lamanya perjalanan mulai dari berangkat hingga kembali ke tanah air.

Contohnya, untuk perjalanan paket umroh 9 hari, maka setidaknya kita membawa 4 setel baju tidur, 2 pcs seragam jama'ah travel, 4 pcs outer yang mudah dikombinasikan, 2 pcs baju terusan, 2 pcs baju dalaman, 5 pcs pashmina, 2 pcs hijab syar'i instan, 3 pasang kaus kaki, dan 10 pcs pakaian dalam.

Wow! Kalau dirincikan sedetail itu kayaknya barang bawaan kita membludak ya. Seakan-akan, daripada melaksanakan umroh, lebih mirip mau fashion show. Hehehe.

5. Menjalani program vaksinasi dari Dinas Kesehatan

Sebelum melakukan perjalanan, biasanya dokter menganjurkan para jama'ah haji dan umroh untuk mengikuti progam vaksinasi. Setidaknya, ada 4 jenis vaksin yang harus dilakukan, yaitu meningitis, influenza, tuberkolosis (TBC), dan pneumokokus.

Ada juga 4 vaksin tambahan , yaitu vaksinasi tifoid, tetanus, tetes polio, hepatitis A, dan hepatitis B. Jadi, seandainya semua jenis vaksin itu diambil, maka total vaksin yang akan kita terima adalah 8 jenis.


Mulai dari hemat biaya sampai terbang umroh gratis

Benarkah melaksanakan ibadah haji dan umroh gratis hanya angan-angan belaka? Sebenarnya, kalau kita jeli dalam melihat kesempatan, ada dua trik agar kita punya kesempatan gratis terbang umroh. Pure! Tanpa dipungut biaya sepeserpun. Selain itu, kita juga bisa memilih paket sesuai keinginan.

Yang pertama adalah menjadi freelancer internet marketing travel haji dan umroh. Beberapa agen perjalanan membuka peluang kepada siapa saja yang berminat memperoleh satu tiket penerbangan gratis menuju Mekkah dan Madinah.

Sama halnya seperti bekerja di bawah naungan perusahaan, namun karena yang satu ini sifatnya bebas atau tidak terikat sebagai pegawai resmi, maka kita tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya. Cukup bermodal koneksi atau jaringan pertemanan, kuota internet, dzikir, dan doa.

Adapun daftar travel terpercaya yang menyediakan kesempatan bergabung menjadi freelancer internet marketing travel haji dan umroh adalah ADZIKRA, Kafilah Iman, Daqu Travel, MQ Travel, dan AFI Tour.

Peraturannya sangat sederhana. Cukup ajak teman-teman, para sahabat, tetangga, guru-guru, dan keluarga kita untuk mendaftar sebagai jama'ah travel tempat kita bekerja (secara freelance, maksud saya).

Setahu saya, per jama'ah yang kita bawa, kita akan menerima fee sebesar Rp500.000-1.000.000 (lima ratus ribu hingga satu juta rupiah). Namun, hanya bisa dicairkan setelah orang tersebut tiba di tanah suci.

Berjudi roulette haram

Tips yang kedua, menjadi nasabah bank yang membuka kesempatan menang 100 juta melalui program undian milyaran rupiah. Sebenarnya, dengan melakukan ini kita bisa saja terjebak ke dalam syubhat.

Sifatnya makruh tahrim (mendekati haram), jika kita sengaja menabung dengan tujuan mengikuti undian. Ini sama halnya dengan menjadi peserta roulette atau lotere (Q.S. Al-Maidah: 90). Mengapa?

Salah kaprah jika tujuan kita menabung semata-mata untuk meningkatkan poin. Dimana semakin besar poin, maka chance/peluang kita memenangkan hadiah juga semakin besar. Sehingga, kita jadi enggan mengambil simpanan kita agar tidak terjadi pengurangan poin.

Padahal sebagai seorang muslim, kita diperintahkan untuk menyucikan harta kita melalui zakat, lalu ada juga qurban dan sedekah. Belum lagi kita memiliki kebutuhan-kebutuhan hidup lainnya. Maka, perbuatan ini dengan sendirinya menyeret kita kepada kebatilan. Haram.

Namun, kita bisa terhindar dari semua itu, kok. Caranya, pertama-tama kita luruskan niat. Menabunglah di bank tersebut, karena kecakapan dan kepiawaian mereka.

So, stimulusnya bukan lagi memenangkan undian, melainkan fokus pada kualitas bank tersebut. Serta membiasakan diri untuk menabung.

Misalnya, kemudahan dalam bertransaksi seperti menyimpan uang dan tarik tunai, tidak ada biaya admin, gratis biaya transaksi, dan yang paling penting adalah amanah.

Sekalipun mereka menyelenggarakan event undian berhadiah, seperti undian milyaran rupiah, menang 100 juta, hingga kesempatan terbang umroh gratis. Kemudian, Allah takdirkan kita menjadi pemenang, maka itu merupakan rezeki yang patut disyukuri.

Kenapa bisa berubah hukumnya? Itulah kemurahan hati Allah. Dia bahagiakan kita melalui hadiah-Nya dari jalan yang tidak terduga-duga. Tidak perlu kuatir. Halalan thoyyiban, insyaAllah.




Rekomendasi bank dan solusi terbang umroh gratis

Sudah baca tips di atas kan? Saya masih punya satu teknik handal lagi untuk memaksimalkan peluang kamu mendapatkan kesempatan menunaikan ibadah haji dan umroh gratis. Singkat kata, saya berencana menggabungkan kedua metode tersebut.

Pertama-tama, jadilah freelancer internet marketing salah satu travel terpercaya. Ajak sebanyak-banyaknya dan daftarkan mereka menjadi jama'ah haji dan umroh. Tentunya, under your name, ya. Biar dapat fee. Kecipratan bahagianya dunia-akhirat.

Nah! Setiap recehan yang kamu terima dari hasil kerja keras kamu tersebut, tabunglah di bank atau koperasi simpan pinjam terpercaya. Kalau saya sih, merekomendasikan kamu menyimpannya di Simpanan Online Sahabatku (SOBATKU).

Segudang alasan Simpanan Online Sahabatku (SOBATKU) wajib menjadi pilihan

Ini bukan pujian yang berlebih-lebihan ya. Kalau saya renungkan kembali, kemudahan dan manfaat yang ditawarkan bisa dikatakan menutupi kekurangan mereka.

Coba deh, bayangkan. Di zaman sekarang ini, bank mana yang mengizinkan kita untuk bertransaksi seperti menabung dan tarik tunai melalui mini market (Alfamart dan Alfamidi)? Ya cuma ada di SOBATKU.

1. Gak usah ribet sama ATM

Kadang saya sering was-was sendiri kalau mau tarik tunai melalui ATM di beberapa lokasi tertentu, seperti pom bensin, mini market, atau swalayan. Saya merasa lebih tenang dan aman ketika menggunakan Automated Teller Machine (ATM) yang berada di kantor bank itu sendiri.

Sedangkan, saya ini termasuk yang jarang banget membawa cash. Selain karena kurang praktis, membawa uang tunai secara berlebihan cenderung meningkatkan level kewaspadaan.

Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tersebut, akhirnya saya merasa SOBATKU bisa membantu melegakan hati dan pikiran saya.

Manfaat dan keuntungan menabung di SOBATKU

Praktis! Kalau sewaktu-waktu butuh uang, tinggal ke Alfamart atau Alfamidi terdekat. Mau menabung pun tinggal datang ke salah satu minimarket rujukan Simpanan Online Sahabatku (SOBATKU).

Kalau gak yakin aman bertransaksi di Alfamart atau Alfamidi, kita bisa juga lho memanfaatkan kantor cabang Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati (KSP SMS) yang ada di kota dan kabupaten kita.

2. Khusus buat seller olshop, bisa mengantisipasi transfer tipu-tipu

Kebetulan saya salah satu pedagang online. Kejadian paling nyebelin adalah ketika customer saya mengalami kegagalan transfer, mengirimkan screenshot bukti transfer bohongan, sampai meminta nomor rekening alternatif yang berujung pada penipuan tapi mengaku sudah full transfer.

Otomatis, barang dagangan yang sudah terlanjur saya kirimkan harus di-cancel. Jengkelnya lagi, ketika jasa ekspedisi yang digunakan tidak bersahabat. Walhasil, saya cuma bisa bertawakal setelah memaksimalkan ikhtiar.

Alhamdulillah, ya. Sepertinya Allah menjawab doa-doa saya selama ini. SOBATKU hadir sebagai strategi alternatif dalam menangkis akal bulus konsumen-konsumen nakal. Terima kasih, Simpanan Online Sahabatku. Hahaha!

3. BEBAS biaya admin dan TANPA saldo minimal

Sadar gak sih? Menabung di bank yang memaksa nasabahnya membayar biaya admin bagaikan memotong tangan kita setiap bulan seinci demi seinci. Inilah sebabnya, saya memindahkan seluruh celengan saya dari bank konvensional ke bank syariah.

Sekalipun saya tergiur untuk kembali ke bank konvensional dan membuka rekening dengan benefit gratis biaya admin, niat itu segera saya urungkan kembali tatkala mengetahui betapa sedikitnya manfaat bisa saya peroleh.

Lagi-lagi Simpanan Online Sahabatku (SOBATKU) hadir memenuhi kebutuhan perbankan saya. Dengan menabung di sini, kita terbebas dari biaya administrasi bulanan berkedok ongkos pemeliharaan rekening, lho.

Gak hanya itu, mereka juga membebaskan nasabahnya dari minimal saldo mengendap. Dan, rekening hanya akan dibekukan (dormant account), jika dan hanya jika tidak ada transaksi sama sekali menggunakan SOBATKU selama 24 bulan.

4. Praktis dan mudah dalam melakukan pembayaran

Mau bayar tagihan PDAM? Pengen beli pulsa dan token listrik murah? Atau, mau top up Go-Pay? Semuanya bisa dengan aplikasi SOBATKU. Jadi, kenapa harus cari yang lain? Yuk! Download dan install sekarang juga di hapemu. Gratis!


Cara mendaftar dan buka rekening di SOBATKU

Caranya gampang! Buka Google Play store. Ketik keyword "sobatku" di search bar. Terakhir, klik tombol "INSTALL". Tunggu sampai proses download-nya selesai. Dan... Jreng! Jreng! Aplikasi SOBATKU siap menjadi dompet digitalmu.

Cara install SOBATKU di hape

Nah! Untuk memudahkan kamu melakukan pendaftaran melalui aplikasi SOBATKU, saya juga menyertakan step by step-nya lho. Ini dia!
  1. Tekan link "Daftar" yang berada di bawah opsi "Ingat Nomor Saya"
  2. Isi data diri kamu sesuai KTP
  3. Pilih pertanyaan keamanan yang jawabannya mudah diingat
  4. Upload foto KTP
    • Caranya klik tombol kamera di form pengisian (lihat gambar ya)
    • Pastikan posisi KTP kamu berada di dalam garis putus-putus warna putih dengan ukuran yang sesuai
    • Tekan icon kamera di tengah bagian paling bawah layar
  5. Upload juga foto selfie kamu sambil memegang KTP
    • Tekan tombol kamera di form pengisian (lihat gambarnya ya)
    • Pastikan posisi wajah dan KTP kamu berada di dalam garis putus-putus warna putih
    • Pencet icon kamera yang berada di tengah bagian paling bawah layar
  6. Ketik "mewdavinci" (tanpa tanda kutip dan pastikan semuanya lowercase/huruf kecil) sebagai isi Referral Code
  7. Inputkan Nomor NPWP, jika kamu sudah memiliki NPWP.
  8. Klik tombol "LANJUTKAN", setelah itu kamu akan dibawa ke halaman verifikasi
  9. Selama menunggu kode verifikasi dikirimkan ke nomor kamu melalui SMS, jangan tutup aplikasinya ya. Karena kode verifikasi akan di-input-kan secara otomatis. Hanya menunggu 5 menit kok!
  10. Setelah kode verifikasi tersebut tiba dan ter-input, tekan tombol "VERIFIKASI"
  11. Terakhir, validasi data kamu akan ditinjau oleh Tim SOBATKU. Kamu akan menerima hasil verifikasinya melalui SMS dan email. Jadi, selamat menunggu kabar gembira dari mereka, ya.

Cara registrasi rekening aplikasi SOBATKU

Rekomendasi travel haji dan umroh terpercaya

Hari Sabtu, 21 April 2018, pekan lalu, saya bersama 30 rekan Blogger Bogor (Blogor) menghadiri event "Kejutan Nabung Untung Milyaran Rupiah SOBATKU". Acaranya berlangsung meriah di Alfamart Sempur, Kota Bogor. Dimulai dari jam 9-11 siang.

Menariknya, pemenang undian tidak hanya berasal dari kota-kota besar tertentu saja, melainkan hampir dari berbagai pelosok Indonesia. Oleh karena itu, tidak semua pemenang bisa naik ke atas podium untuk mengabadikan moment rezeki nomplok.

Puncaknya semakin nge-hits saat pengundian pemenang terbang umroh gratis berlangsung. Dari keempat pemenang yang beruntung, Bapak Luqmanul terpilih sebagai perwakilan untuk dihubungi oleh SOBATKU secara live via telepon.

Alhamdulillah. Itu sudah jadi rezeki beliau untuk berangkat ke dua tanah suci, Mekkah dan Madinah. Semoga berkah dan mabruroh, ya Pak. InsyaAllah, aamiin. Oh ya, baca juga liputannya di Mataku Ceritaku (matakuceritaku.blogspot.co.id), yaaa.

Pemenang undian terbang umroh SOBATKU

Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati (KSP SMS) dari SOBATKU telah menyediakan dan bersedia mengurus segala keperluan pemenang umroh dari awal hingga beres. Sehingga, para pemenang tidak perlu kuatir atau ribet mencari travel haji dan umroh.

Bolehkah pemenang umroh memilih travelnya sendiri?

Boleh banget! Budget yang dihadiahkan oleh SOBATKU adalah senilai Rp25.000.000 (dua puluh lima juta rupiah). Selama pemenang bersedia menanggung kekurangan biaya, maka pemenang berhak merekomendasikan travel umroh pilihannya sendiri, termasuk meng-upgrade fasilitasnya.

Akan tetapi, jadwal keberangkatan umroh tidak boleh dilakukan di waktu khusus seperti di bulan Ramadhan, hari raya Idul Fitri, atau saat Idul Adha, ya.

Oh ya, khusus untuk kamu yang ingin berangkat ke Mekkah dan Madinah, tapi masih mencari travel, saya merekomendasikan travel ADZIKRA. Karena ongkos umrohnya dimulai dari Rp20.000.000 (dua puluh juta rupiah).

Dari segi pelayanan dan fasilitas pun cukup baik. Mengedepankan kenyamanan dan keamanan jama'ah travel. Menginap di Hotel Dar Eiman Ajyad (Mekkah) dan Hotel Sama Al Masi (Madinah) yang dekat dengan masjid haramain.

Jika beruntung, jama'ah akan dibimbing oleh Ustadz Muhammad Arifin Ilham. Biasanya, ketika bersama beliau, para peserta umroh akan mereguk manisnya dzikrullah dan indahnya tausiyah. Tentu saja, dengan berumrah bersama travel ADZIKRA, otomatis sudah termasuk berinfaq.

Program umroh travel ADZIKRA

Mau tahu informasi lebih lanjut mengenai Simpanan Online Sahabatku (SOBATKU) dan travel ADZIKRA? Kuy! Kirim pertanyaan kamu melalui email "halo@mewdavinci.com", atau tulis saja di kolom komentar, ya.

Terima kasih telah membaca. Jangan lupa like and share ya. Semoga bermanfaat.

Komentar

  1. Wah... Detail banget...
    Menang ini menang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah... Aamiin... Semoga kamu juga! :D

      Hapus
  2. mudah2an biar terlaksana ya umroh bareng keluarga lewat cara apapun apalgi lewat tabungan sobatku biar bisa kesempatan lebih besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaAllah, aamiin, Ya Allah... Semoga kita semua berkesempatan menjadi tamu Allah di Mekkah dan Madinah...

      Hapus

Posting Komentar

Apa yang Anda pikirkan setelah membaca tulisan ini?