General Mistake of Contest Participants at Sribu.com

I notice you to learn from my experience as a contest participant at Sribu.com. In case, if you were entering a contest too. Both at 99designs and Sribu.com, this tips will be good for you.
*** Terjemahan Bahasa Indonesia ***
Berikut ini adalah pengalaman pribadi saya sebagai peserta kontes Sribu.com, yang bisa diambil hikmah dan dijadikan pelajaran. Jika kamu adalah peserta kontes juga. Tips ini bisa diaplikasikan baik di 99designs, maupun Sribu.com.
Please read it carefully, because this is the main basic knowledge that you have to notice as a design contest participant. Okay?! Good.
*** Terjemahan Bahasa Indonesia ***
Baca dengan seksama ya... Karena ini pengetahuan dasar untuk peserta kontes yang baru gabung ke perlombaan seperti di Sribu.com. Oke?! Sip.

I joined in Sribu since 9 August 2014. The first contest that I follow is a blind logo contest of Winalum. Winalum is the brand for the manufacturing company of aluminium doors and windows. They need a simple, elegant, and bold logo.
*** Terjemahan Bahasa Indonesia ***
Saya bergabung dengan Sribu sejak tanggal 9 Agustus 2014. Kontes pertama yang saya ikuti adalah kontes logo Winalum yang bersifat blind contest. Winalum adalah brand dari sebuah perusahaan manufaktur pintu dan jendela aluminium. Mereka menginginkan logo yang simple, elegan, dan tegas.
Each designer is given 5 slots to propose their logo design, included me. And, I had have 2 days and 5 hours to upload my design before the time is ran out.
*** Terjemahan Bahasa Indonesia ***
Setiap desainer diberikan 5 slot untuk mengajukan desain logonya, begitu juga saya. Saat saya mengikuti kontes ini, waktu yang tersisa untuk upload desain masih ada 2 hari 5 jam.
Logo WINALUM is eliminated by contest holder

Alhamdulillah... I successfully completed my work by proposing 5 logo designs with remaining time in about 10 hours. Because of the slot upload are consumed, then I re-logged on the next day.
*** Terjemahan Bahasa Indonesia ***
Alhamdulillah... Saya berhasil menyelesaikan tugas saya dengan mengajukan 5 desain logo. Bahkan, saya masih punya sisa waktu selama 10 jam. Karena sudah gak ada lagi sisa slot, maka saya putuskan untuk login lagi keesokan harinya.
The contest holder gave me a logo feedback that two logo designs are rated 3 of 5 stars. A logo is rated 4 of 5 stars. But else are eliminated. If you want to learn why it is rejected by the contest holder, then please read Reason A Logo Is Rejected.
*** Terjemahan Bahasa Indonesia ***
Penyelenggara kontes merespon kelima desain logo saya dengan dua logo mendapat rating bintang 3 dari skala 5. Satu logo dinilai bintang 4 dari skala 5. Dan sisanya dieliminasi. Banyak sekali alasan kenapa suatu desain logo gak dilirik klien, untuk tahu alasan-alasannya baca artikel Kenapa Sieh Desain Logo Ditolak.
Unfortunately, the logo has been reviewed and improved, but I can't upload the design because the contest design has finished. So, what should I do?
*** Terjemahan Bahasa Indonesia ***
Sayangnya, logo yang sudah direview dan saya perbaiki tersebut, tidak bisa saya upload karena kontes sudah berakhir. Yaaah... Trus, gimana dunk?
Don't panic! Don't tell yourself not to panic
Photo by mulattodiaries

First step: Ask senior for advices

This is an important part to do, because I am still a new comer and never thought the Upload button would be lost after reach the deadline. Some friends will give a good solution based on their experiences. And others will give a mentally support.
*** Terjemahan Bahasa Indonesia ***
Satu: Minta saran senior
Ini bagian penting bagi saya sebagai pendatang baru. Saya gak nyangka kalau tombol Upload akan hilang ketika batas deadline sudah lewat. Melalui pengalaman-pengalaman serta saran dari para senior, saya akan memperoleh beragam solusi dan dukungan moril.

Second step: Send a ticket to administrator

I need to know how to solve this problem wtihout break their rules. Who knows the admin will allow me to provide a link portfolio outside of the contest. Or maybe, there is another solution provided by the admin.
*** Terjemahan Bahasa Indonesia ***
Dua: Hubungi administrator
Saya tidak boleh gegabah dalam bertindak. Oleh karena itu, perlu dipastikan bahwa saya tidak akan melanggar aturan Sribu.com untuk menyelesaikan permasalahan ini. Siapa tahu, dengan menghubungi admin, mereka akan membantu saya seperti diizinkan mengirimkan link portfolio di luar website Sribu.com. Atau, mungkin saja ada solusi lainnya.

Third step: Mention and ask the contest holder's permission to show the revision

Keep trying and don't give up, right? I asked an opportunity to show the revised logo design according by the contest holder's request. I also added reasons which supports the request to be granted.
*** Terjemahan Bahasa Indonesia ***
Tiga: Kabari panitia kontes dan minta izinnya untuk menunjukkan hasil revisi
Coba terus dan jangan nyerah, bener kan? Bukan melas atau ngemis kok, kalau melakukan hal ini. Asalkan, selama masih dalam batas kewajaran dan merupakan salah satu bentuk usaha. Saya jelaskan apa adanya kepada panitia kontes, dan memintanya memberi kesempatan untuk menunjukkan revisi desain.

Fourth step: Pray. Stay update. Join another race

Make a wish. Many ways to be a winner. Listen! There are two possibilities, inside possibilities. I would probably win although my request is not accepted. Or perhaps, the request is accepted and I am the winner.
*** Terjemahan Bahasa Indonesia ***
Empat: Berdoa. Tetap update. Ikut kontes lainnya
Saya sudah melakukan tahapan-tahapan yang perlu dilakukan. Sisanya, pasrahkan saja kepada Allah Jalla Jallaluh. Tidak mesti ngotot harus menang di kontes itu kan? Perhatikan! Selalu ada kemungkinan di balik kemungkinan. Bisa saja saya menang walaupun permintaan saya ditolak. Atau mungkin, permintaan saya diterima dan saya pun menang.

The last but not least: Always note the remaining time

Yes! This is not a big mistake but is enough to be learned, then make sure that I would never do it again.
*** Terjemahan Bahasa Indonesia ***
Setidaknya ini langkah terakhir: Selalu perhatikan sisa waktunya
Yaaah... Ini memang bukan kesalahan besar tapi cukup bagi saya untuk dijadikan pelajaran. Maka, lain kali saya perlu berhati-hati agar tidak terulang lagi kejadian seperti ini.
If the time left is 10 hours or more, then watch the current time. Normally, a contest holder will give a feedback of the progress for Entries in the last few hours. Then, it would be better to re-logged on at least two or three hours before the contest ends.
*** Terjemahan Bahasa Indonesia ***
Kalau pada kontes yang saya ikuti nanti, tersisa waktu 10 jam atau lebih, sebaiknya saya mengatur jadwal untuk kembali login dan mengecek feedback dari panitia kontes. Biasanya, penyelenggara kontes akan melakukan penilaian dan melihat perkembangan kontesnya pada jam-jam terakhir.

Komentar

Posting Komentar

Apa yang Anda pikirkan setelah membaca tulisan ini?