Daging Hasil Recycle Kotoran Manusia Beredar Di Jepang

Ada-ada saja inovasi dari tim riset pangan di Laboratorium Okayama, Jepang, yang dikepalai oleh Mitsuyuki Ikeda. Keprihatinan ilmuan satu ini, atas membludaknya limbah kotoran manusia yang makin hari semakin sulit ditanggulangi, menggugah sanubarinya untuk mendaur ulang (recycle) kotoran manusia menjadi daging yang bisa dikonsumsi, lagi kaya protein.

Mitsuyuki Ikeda dan Shit Burger-nya
Photo by earthintransition.org

Mungkin Mitsuyuki Ikeda, terinspirasi kepada konsep pupuk kompos. Seperti yang sudah diketahui bersama, bahwa pupuk kompos merupakan recycle kotoran hewan ternak seperti bebek, ayam, sapi, dan lain-lain. Pupuk kompos yang sifatnya natural dan alami, menjadikan tanaman tumbuh lebih subur dan berbuah lebih lebat dengan kandungan protein pada tiap buah atau lembaran sayurannya mengungguli pupuk kimia.



Tidak mengherankan jika Mitsuyuki mengklaim kandungan gizi pada daging recycle kotoran manusia, --atau diberi nama "Shit Burger" alias "Poop Meat", mencapai 63% protein dan 25% karbohidrat.

Wow?! Mengesankan, sekaligus menjijikan.

Hoeekh!
Berita unik ini, saya peroleh melalui News Feed Facebook Timeline teman saya, Mas Saiful Ngorbitz Antikarat. Mas Saiful menyebarkan berita dari kapanlagi.com, tentang daging hasil olahan human feces.

Gak perlu dibayangkan, karena dengan membaca beritanya saja sudah bikin saya bergidik dan mual-mual.

Begitu banyak berita unik, aneh, dan nyeleneh beredar, bikin para receivers perlu pandai-pandai mengolah informasi. Oleh karena itu, saya segera mengecek kebenaran berita tersebut, melalui berbagai sumber.

Sayangnya, berita ini pun terkesan semakin real, semakin nyata, semakin heboh, saat LA Weekly, International Business Times, Village Voice, Gizmodo, dan Andrew Sullivan, ikut menulis dan menyebarkannya.

New York Daily News juga ikut menjadikan kehebohan ini sebagai headline surat kabar mingguannya. Tertulis: Ilmuan Jepang terlalu jauh berinovasi dalam mendaur ulang limbah.

Website MyHealthNewsDaily pun mewawancarai ahli kesehatan pangan untuk menjelaskan keamanan mengonsumsi poop meat tersebut. Komentarnya hanyalah: Pastikan saja daging recycle kotoran manusia (Poop Meat) itu dimasak.

Okay! Then, poop meat adalah hoax atau fakta?

Berdasarkan temuan saya, Mitsuyuki Ikeda benar-benar sosok nyata. He seems to be a real person. Hal tersebut bisa saya buktikan melalui salah satu paper Mitsuyuki Ikeda di UNESCO berjudul, "Building an Environmental Education System for Peaceful Global Community".

Saya juga menemukan video presentasi menarik berkaitan tentang Poop Burger, yang katanya, rasa daging daur ulang tersebut seenak daging sapi.



Nah! Siapa yang mau nyobain Poop Burger?

Komentar

  1. nggak ah,,jijik mbak,,nggak mau aku,,itu ,,kotoran manusia tuh *****,,masak mau dimakan ya,,,aku merinding ngebacanya :)

    BalasHapus
  2. ya ampun, ada ada aja, emang makanan di dunia ini sudah langka ya sampai-sampai kotoran pun jadi makanan wiss wisss ada aja

    BalasHapus
  3. wah itu zmn sy smp awal 90an sdh ada beritany mb. sy bc di majalah 'kawanku' dulu. konon utk memanfaatkn protein yg terbuang.
    trus ada jg yg gila mb. ilmuwan jepg ingin memotong kaki ayam broiler biar cepat gendut krn ga bs kmana2. ini info wktu sy kuliah. entah udah terlaksana ato blum.

    BalasHapus

Posting Komentar

Apa yang Anda pikirkan setelah membaca tulisan ini?