Envato Studio Galakkan Freelancer Wajib Bayar PPh Mulai 1 Januari 2016

Tahun baru, baju baru, resolusi baru, dan... Apa lagi ya yang baru?

Kapan ya Indonesia bebas pajak, eh hutang...?


For your information, mengawali tahun baru 2016 ini, Pajak Penghasilan (PPh) untuk pekerja di Indonesia mulai naik-naik ke puncak gunung. Tinggi... Tinggi sekali...

Semoga gak ada yang menyadari hal ini, karena rakyat sibuk bergembira sebab harga BBM turun.

Pajak Penghasilan (PPh) di Indonesia mulai 1 Januari 2016 - 30 Juni 2016 meningkat dari 3% ke 4%. Kemudian akan meningkat lagi sebanyak 2%, sehingga menjadi 6% mulai tanggal 1 Juli - 30 Desember 2016.

By the way, ini hanya FYI lho. Bukan FYA atau CMIIW, apalagi IYKWIM hehe...

Hal terbaru selanjutnya datang dari Envato Studio. Surat cinta nan mesra juga maksa dari Manajemen Arus Data Serta Pengayaan Informasi Legalitas Dokumen Usaha Mandiri Penduduk AS Dan Warga Negara Asing milik badan usaha internasional Envato.

Disebutkan bahwa mulai Bulan Januari, tahun 2016, mereka memberlakukan aturan wajib bayar pajak negara kepada para seniman inspiratif berpemikiran bebas yang bergabung di komunitas-komunitas mereka, seperti Envato Studio, Graphic River, Theme Forest, Code Canyon, Audio Jungle, dan lain-lain.

[Apa sieh Envato itu?] | [Informasi pajak dan Form W-8]

Bagi para anggota yang belum mencantumkan nomor pajak negaranya, harus segera menginformasikan kepada mereka nomor pajak atau tax number pribadi melalui formulir yang tersedia di Menu Account. Jika pesan tersebut diabaikan, padahal kolom Tax ID Number atau Nomor pajaknya masih kosong, maka penggunaan akun tersebut menjadi dibatasi, bahkan pengahasilan yang diperoleh dan disimpan di brankas Envato dibekukan.

Akan tetapi, jika kolom Tax ID Number sudah diisi atau anggota tersebut sudah tidak berminat lagi menggunakan akunnya, maka pesan tersebut bisa diabaikan termasuk isi celengannya.

[Update lain tentang Envato di Tahun 2016] | [Subscribe mewdavinci.com]


Bagaimana Cara Mengisi Tax ID Number Untuk Freelancer Non-US?


Freelancer non-US artinya, freelancer yang tidak terdaftar sebagai penduduk Amerika Serikat (AS) seperti penduduk Indonesia, Malaysia, Italia, India, dan Australia, termasuk penduduk Bikini Bottom dan Neverland.

Lalu, jika saya adalah penduduk Indonesia, maka bagaimana caranya saya mengisi Tax ID number di Envato Studio?

Jawaban singkat dari pertanyaan tersebut adalah Tax ID number bisa diisi dengan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Saya sarankan agar anda menggunakan NPWP atas nama anda sendiri jika dan hanya jika akun Envato Studio milik anda terdaftar atas nama anda. Hindari menggunakan NPWP milik ibu, ayah, kakak, adik, suami/istri, anak, kakek, nenek, cucu, cicit, sepupu, oom, tante, pakde, bude, bule, pakle, atau ipar anda. Dan, sama sekali tidak disarankan untuk mengisi Tax ID number dengan NPWP milik kekasih, sahabat, atau tetangga anda, jika anda tidak mau dipersulit dalam proses serah terima insentif.

Pilihnya Foreign Tax ID Number ya...


Sedangkan, penjelasan terperinci untuk cara pengisian Tax ID number adalah sebagai berikut:

  1. Klik opsi I am not a US person;
  2. Klik opsi I am registered as an individual. Jika anda memilih opsi I am registered as a corporation, maka anda harus bersedia menyertakan dokumen lanjutan mengenai legalitas perusahaan anda;
  3. Isi nama lengkap sesuai KTP, alamat, kewarga-negaraan, dan menjadi penduduk di negara mana;
  4. Kilik opsi Foreign Tax ID Number pada pilihan Tax ID Type;
  5. Isi kolom Tax ID Number dengan nomor yang tertera pada kartu NPWP;
  6. Centang kotak I have read and acknowledge the certification;
  7. Isikan nama lengkap anda pada kolom Signature, sama dengan nama yang di-input-kan sebelumnya, sebagai tanda bukti anda menyetujui T.O.S.;
  8. Terakhir, tekan tombol Submit.


Informasi mengenai langkah pengisian kolom Tax ID Number pada Envato Studio juga bisa diterapkan pada akun komunitas Envato lainnya, seperti pada komunitas Graphic River, Theme Forest, Code Canyon, Audio Jungle, dan lain-lain.

Gimana? Mudahkan?

[Lihat mutu desain para author Envato - Graphic River] | [Subscribe mewdavinci.com]

Saya yakin, dengan adanya NPWP ditangan anda, maka proses pengisian kolom Tax ID Number tidak ribet atau repot, apalagi lambret. Kalau bahasa kekiniannya, dengan NPWP, anda tidak baper lagi, alias gak bikin mood fluktuatif.

Hanya saja, problem saya yang sebenarnya adalah....

Saya belum punya NPWP...

Hehe... Mungkin komentar Ahok, "makanya bikin dunk! Bikin NPWP kan sekarang sudah gampang dan gratis. Online juga bisa!"

Okelah! Sampai di sini dulu update dari saya. Jika artikel ini bermanfaat bagi anda, tolong klik tombol share untuk membantu saya membagikan artikel ini kepada keluarga, saudara, dan handai taulan anda dengan cara memaksimalkan timeline akun sosial media.

Oh ya, klik "Subscribe Mew da Vinci Official Newsletter" untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru di website www.mewdavinci.com. Sampai jumpa lagi pada artikel berikutnya. Wassalamu'alaikum...
Bantu saya beli susu hangat sebagai teman menulis artikel
Previous
Next Post »

What do you think? Share your comments below. EmoticonEmoticon