Kismis Itu Buah Apa?

Kamu suka makan kismis? Kalau saya tidak terlalu suka kismis, karena saya sering menemukan rasa kecut pada kismis, biarpun cenderung manis. Kismis kerap kali ditemukan dalam berbagai olahan makanan, khususnya roti. Nah! Salah satu kebiasaan saya adalah menyingkirkan kismis.
Dark Raisin
Photo by nutfruit.org

Saya mau cerita sedikit kali ini, yaitu percakapan saya dengan kakak saya, tentang kismis tentunya. Suatu siang, ketika kami baru selesai makan siang, beliau mengambil kismis dari kulkas. Ditawarinya saya berkali-kali, "Lut, mau kismis gak?"

Saya diam agak lama, sambil ngeliatin seplastik kismis di tangannya, setelahnya cuma bilang, "iya." Beliau tahu bahwa saya gak doyan kismis, hanya saja sungkan untuk menolak. Akhirnya diprospeklah saya. Kira-kira seperti berikut ini percakapan kami:

"Kismis itu bagus lho, Lut."
"Oh... Iya," rada gak konsen dengerin.
"Ini ambil," sambil nyodorin beberapa butir kismis, "enak kok. Manis."
Saya diam sambil membatin, "duh! Apa gak ada tawaran yang lain, mbak?"
"Mau gak? Cobain aja satu. Ini kismis arab, rasanya lain dari kismis yang beredar di sini," tangannya semakin mendekat ke badan saya, sampai saya jadi rada melotot bin galau mandangin itu kismis.
"Katanya sieh, kismis yang ini bisa mencerdaskan otak, karena kandungan zatnya lain," kali ini gak cuma tangannya yang maju, tapi sebadan-badan, "ayo! Ambil."
"Iya, makasih ya," sambil pasrah gitu wajahnya, dan dalam hati berdoa, "bismillah, semoga manis total."


Hap! Nyam nyam nyam...
"Wih! Manis ya," lidah saya muter-muter cari kecutnya kismis yang biasa saya temukan di aneka kismis, "gak ada kecutnya sama sekali!"

Baru aja saya mau tanya, 'beli dimana' eeh keduluan beliau tanya ke saya, "Lut, coba tebak, apa itu kismis?"
"Kismis?"
"Iya, apa itu kismis?"
"Buah lah!"
"Iya, tahu buah. Tapi buah apa?"
"Buah kismis..." Polos banget jawabnya, saya jadi diketawain deh sama beliau...
Kamu tahu apa itu kismis?
California Grapes
Photo by ucanr.edu

Sejak hari itu, saya baru tahu, ternyata kismis merupakan hasil olahan buah anggur yang dikeringkan. Mengonsumsi kismis secara rutin, dapat mencegah terjadinya gigi berlubang, penyakit gusi, osteoporosis, dan hipertensi. Selain itu, kismis berfungsi sebagai anti-oksidan dan penambah energi. Sangat membantu pemilik gaya hidup insomnia dan aktif bergerak.

Jika kamu memiliki gangguan mata, kismis bisa menjadi cemilan alternatif untuk merawat mata dari gangguan penuaan rentina, atau yang disebut sebagai macular degeneration.

Wah, saya jadi tertarik nieh, menjadikan kismis sebagai pendamping kurma sebagai cemilan utama di rumah.

Komentar

Posting Komentar

Apa yang Anda pikirkan setelah membaca tulisan ini?