Benahkah Blog Walking Sudah Tidak Mempan Untuk SEO On Page?

Dunia internet semakin kejam. Mayoritas blogger sekarang, gak lagi ngeblog karena suka atau hobi. Banyak blogger merambah ke dunia bisnis online melalui teknik-teknik kelam. Mulai dari taktik booster page views, sampai duplikasi konten copy-paste-edit sedikit. Blog walking pun kalau niatnya cuma ngarepin blogger yang dikomentarin visit balik atau sekedar numpang nampang, sejatinya bikin makan hati karena gak semua blogger seneng sama yang namanya kunjungan balik. Jadi, masih zaman gak sieh ngandelin blog walking buat blog branding?

Make a HUGE impression
Photo by onlinebusiness.volusion


Hampir-hampir saja saya frustasi karena statistik visitors blog saya sejak kemarin gak cuma kembang kempis, melainkan juga susah banget beranjak naik dari 300 visitors menuju 1000 visitors. Dari tahun ke tahun, makin sulit membuat Blog Saidoonee menempati posisi Page One pada Google SERP. Coba bandingkan dengan zaman dulu, waktu zaman-zamannya netizen masih seneng ngeblogging karena hobi menulis. Konten berkualitas sudah pasti jadi jempolan, ditambah promosi blog yang gampang, yaitu tinggal tancep backlink, langsung melejit dan peluangnya besar buat terkenal.



Akhirnya, blogger yang bisa bertahan di dunia maya lagi fana ini, hanyalah blogger yang tulus ikhlas dalam share informasi. Para blogger itu memang memegang prinsip: Suka blogging, hobi blongging, dan blog bukan mesin pencetak uang.

Blog branding tidak bisa disamakan dengan mengincar Search Engine Result Page (SERP). Tujuan utama blog branding adalah mencekal internet user. Layaknya jualan produk atau jasa, maka jasa-jasa atau produk-produk yang ditawarkan kepada target adalah sesuatu yang mereka butuhkan. Sedangkan, jika tujuan utama adalah mengincar Search Engine Result Page (SERP), maka terindeks di urutan pertama search engine sajalah hasil akhirnya.

Promosikan blog kamu sekarang!
Photo by blog-trends.com


Dengan melakukan blog branding, otomatis yang terpikirkan dalam otak para blogger adalah meningkatkan mutu atau kualitas konten. Hal ini dilakukan agar visitor, tidak kecewa setelah mengunjungi blog tersebut. Intinya adalah memikirkan kepuasan visitor. Oleh karena itu, saat ini para blogger, yang benar-benar serius dan mengharapkan pundi-pundi dollar dari Google Adsense dan alternatif Adsense lainnya, sangat menyoroti niche blog.

Nah! Bagi teman-teman blogger yang sudah pusing mikirin statistik visitor yang makin anjlok atau susah naik-naik. Ini dia cara ampuh branding website atau blog kamu. Caranya:

  1. Pesan tiket untuk traveling ke berbagai kota, pulau, bahkan negara, kalau uangnya cukup
  2. Siapkan baju, ikat kepala, dan mini banner bertuliskan domain website atau blog kamu
  3. Siapkan megaphone
  4. Mulailah perjalanan kamu dari rumah menuju kota tujuan dengan terus-terusan promosi blog atau website pakai megaphone tersebut
  5. Kalau orang-orang tetap mengabaikan kamu, maka cobalah meneriakkan: HABISI OBAMA! Dukung gerakan anti-amerika.

Komentar

  1. Gampang bro kalo pengen rame, hari ini bikin satu posting yang ngejelek2in capres no. 1, ntar pasti rame. Trus kalo visitornya sudah mulai turun, bikin lagi posting yang ngejelk2in capres no. 2, ntar pasti lebih rame lagi. Hahaha...

    Btw, yang disebutin di alenia 3 itu langka, saya termasuk di dalamnya, sebagai spesies blogger yang hampir punah. Hehehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. qeqeqe... ide bagus juga itu mas iwan :-d
      coba ah saya praktekin...

      Hapus
  2. Yang jelas nggak termasuk saya ya :"Blogwalking cuma ngarepin blogger mengunjungi balik.." :D Saya sudah punya kanal lain untuk promosi blog. Lagipula, jumlah viewers di blog saya cukup konsisten, tinggal saya menjaga lajunya aja.. Sabar, syukur dan tetap ngeblog ya.. :)

    BalasHapus
  3. hahaha,,,caranya berat banget,,,cukup blogwalking saja dah punya banyak saudara,,,hehehe,,,salah satunya mbak mew :)

    BalasHapus
  4. Jad penulis tamu dgn menulis artikel seputar web di Tutorial-webdesign.com mungkin bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung baru untuk blog mbak ini, coba deh.
    Tapi ada review sebelum artikel di publish :)

    BalasHapus
  5. Saya setuju dengan tulisan ini.. ^_^
    Memang pasti berbeda hasilnya antara mindset blogger yang ingin share informasi dengan tulus, dengan yang ingin mendapat sesuatu dari blog. Sejatinya, tingkatkan kualitas blog secara natural lebih baik.

    BalasHapus
  6. haha, itu namanya cara sadis branding website atau blog :-D

    BalasHapus
  7. Dulu saya juga syok jika Alexa dan Pagerank mlorot, dan senang sekali jika kedunya naik.
    Setelah berjalannya waktu saya merubah pikiran, ada atau tidak ada pengunjung saya terus menulis.
    Niat juga saya luruskan : ngeblog untuk ibadah, berbagi ilmu dan pengalaman. Dengan niat yang lurus ini maka saya tak terllu fokus dengan angka-angka. Pokoknya terus menulis.
    Dari artikel2 blog itu kemudian saya bukukan.

    So, teruslah menulis.
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  8. Soal Blogger Branding dapat dibaca pada buku saya berjudul Blogger Flamboyan yang Insya Allah akan segera terbit

    BalasHapus
  9. hheeeheee, itu mbak saran branding atau karena galau, kalau memang tidak ada kepuasan dalam sisi trafik, coba saja seperti saya mbak yaitu memasang niat yang penting "nulis", kalau mbak masih lumayan trafik 300 menuju ke atas, nah saya saat-saat libur begini sampai hari raya harus sabar dengan kondisi penurunan drastis pada salah satu blog saya yaitu "Aneka Ragam Makalah". rata-rata pengunjung 5000-7000/hari harus saya relakan menjadi 500-800/karena libur, dan tentu hal itu mengurangi penghasilan. Tapi bukan itu tujuan saya, kalau mau tahu, silahkan baca artikel sejarah lahirnya Aneka ragam makalah. Terima kasih dan tetap semangat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wohhh! tujuh riibbuuu??? :D caranya gimana tuh mas?

      Hapus
  10. Emmmm. . .
    Google Panda baru update tuh, naik tingkat menjadi 4.0.
    Kalau mau naik visitornya, abaikan teknik SEO. :D

    BalasHapus
  11. Thanks ya gan udah sharing, thanks kebetulan sedang ada tugas ni hehe tengkyu bacaanya :)

    BalasHapus
  12. Saya dari dulu engga perduli naik apa turun alexa saya :D, ada yg baca atau engga tulisan saya, yang penting ngeblog aja..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya mas... semangat terus yah ngeblognya :D

      Hapus
  13. Apapun Niatnya... yang penting bagi saya HAPPY BLOGGING... hehe... :.D

    BalasHapus
  14. Setuju lagi sama artikel ini. Yang penting nulis apa yang bisa membagi cerita. Kalau incerannya mendatangkan uang, mungkin ngincer niche aja
    :))

    BalasHapus

Posting Komentar

Apa yang Anda pikirkan setelah membaca tulisan ini?