Mengenal Super Junior I Lebih Dekat

Super Junior, sekarang ini siapa yang tidak mengenal nama boyband ini. Hampir semua kalangan mengenal nama besar Super Junior, mulai dari anak SD hingga ibu rumah tangga. Kiprah mereka dalam industri musik di mulai pada tahun 2005, tepatnya pada tanggal 6 November 2005. Sebenarnya sih, Super Junior terbentuk secara resmi pada tanggal 26 oktober 2005. Namun, masih banyak yang menganggap bahwa kehadiran mereka di acara SBS pada tanggal 6 november 2005 sebagai terbentuknya Super Junior. Hingga sekarang Super Junior merayakan anniversary mereka setiap tanggal 6 november.

Super Show 5
Photo by woowkeren.com

Super Junior dilahirkan oleh sebuah perusahaan rekaman raksasa Korea Salatan, yaitu SM Entertaiment dengan nama Super Junior05. Jumlah mereka yang terbilang sangat banyak memcetak rekor dunia “Boyband terbesar” sepanjang dunia permusikan. Awalnya Super Junior dibentuk dengan kemiripan pada grup wanita Jepang “Morning Musume”, tujuan mereka adalah memiliki generasi yang berbeda dan anggota lulus dari grup saat anggota baru akan datang menggantikan yang lama. Super Junior05 dipilih sebagai nama generasi pertama.

Di tahun berikutnya SM Entertaiment mulai mempersiapkan debut generasi kedua namun pada detik-detik terakhir SM Entertaiment mengubah keputusannya. Tidak ada member pada generasi pertama yang “lulus” bahkan ditambahkan satu member menjadi tiga belas member. Dengan tiga belas member, maka angka "05" di nama Super Junior05 dihilangkan, sehingga menjadi Super Junior, bukan Super Junior05.


Dalam Music Video (MV) "Don’t Don", muncul seorang laki-laki dengan biola ditangannya, banyak yang mengatakan kalau dia akan menggantikan salah satu member dari Super Junior. Namun, itu tidak benar. Super Junior tetap pada seluruh membernya namun ada dua member tambahan untuk sub-grup Super Junior Mandarin yaitu, Henry dan Zaomi.

Super Junior KRY
Photo by sujuelfkyu05.blogspot
Hingga sekarang Super Junior memiliki lima sub-grup. Yang pertama dibentuk adalah Super Junior KRY (Kyuhyun, Ryeowook, Yesung) pada tanggal 27 Oktober 2006. Mereka ini adalah Lead Vocal untuk Super Junior) Namun KRY mulai debut pada tanggal 5 november 2006 dengan lagu "Only For One Person" yang merupakan Ost serial drama Hyena. KRY lebih banyak membawakan Ost untuk beberapa drama serial, seperti "Ost. Snow Flake" yang dibintangi oleh Ki Bum, yang merupakan salah satu member Super Junior. Kemudian, pada tanggal 5 januari 2007 KRY kembali membawakan soundtrack serial "Billy Jean" yang dibintangi oleh aktor Lee Jee Hoon. Hingga sekarang khususnya Super Junior KRY memiliki banyak fans tersendiri. Dengan suara indah yang mereka miliki membuat semua orang hanyut dalam setiap musik dan lirik yang mereka bawakan. *maklum lagu mereka cenderung ballet*

Karya atau album terakhir dari Super Junior KRY adalah "Promise U" yang merupakan mini album Jepang pertama mereka. Bahkan, KRY lebih dulu debut secara resmi di Jepang daripada Super Junior itu sendiri. Super Junior KRY juga menggelar konser dibeberapa kota di Jepang dalam rangka mempromosikan album tersebut. Dan, album terbaru dari KRY dibutuhkan menunggu waktu kurang dari 2 tahun, dihitung dari sekarang. Karena, Yesung sedang melaksanakan wajib militer sejak Bulan Mei 2013.

Super Junior-T
Photo by webbienhoa.net
Super Junior-T, sub-grup ini beranggotakan Leeteuk, Sungmin, Eunhyuk, Shindong, Sungmin, Heechul. Tema sub-grup ini adalah lagu-lama lama, atau kata anak sekarang "lagu jadul" gitu. Lagu yang paling terkenal dari mereka adalah "Rokkuguh". Musiknya yang santai dan ceria membuat lagu ini begitu enak untuk di dengar, sampai-sampai rasanya ingin ikut bergoyang setiap kali mendengar lagu yang satu ini. Selain bernyanyi, Super Junior-T juga membawakan serial pendek berjudul "T Palace". Pada serial tersebut, Sungmin dan Heechul berperan sebagai wanita, Eunhyuk sebagai anak sulung raja, Lee teuk sebagai anak raja kedua, Shindong sebagai teman dari Eunhyuk, dan Kangin berperan sebagai Ketua Kasim. Secara keseluruhan mini serial ini terbilang sukses (sukses mengocok perut). Pada tanggal 5 November 2008 Super Junior merilis album solo versi Jepang berjudul "Super Junior-T x Meo Yan".

Super Junior Happy
Photo by songspkvideos.com
Super Junior Happy, sub-grup ini memiliki member yang sama dengan Super Junior-T hanya saja Heechul di gantikan oleh Yesung. Lagu-lagu mereka bertema lagu ceria dan memiliki pangsa pasar Jepang. Lagu mereka yang cukup terkenal adalah "Cooking", dimana Music Video-nya adalah salah satu member Girl Generation yaitu "Sunny". Lagu ini mengatakan ada seorang gadis yang cantik tapi tidak bisa memasak. Lagu yang ceria dan memiliki arti yang cukup ringan. Begitulah, Super Junior Happy.

Super Junior Mandarin
Photo by ennyparanggai.wordpress
Super Junior Mandarin. Oh, kalau yang satu ini sangat populer. Terdiri dari Siwon, Donghae, Kyuhyun, Ryeowook, Hangeng, Zaomi, dan Hendry. Namun, pasca ditinggal oleh Hangeng pada tahun 2010, Hangeng diganti oleh Sungmin dan ditambah oleh Eunhyuk. Jadi sekarang jumlah member Super Junior Mandarin adalah 7 orang. Album-album mereka juga terjual laris manis setiap tahunnnya. Lagu terpopuler mereka adalah "Super Girl", bisa dibilang itu lagu wajib untuk Super Junior Mandarin. Pada tahun 2012 lalu, "Suju M" sebutan akrab untuk "Super Junior Mandarin" sering mondar mandir Seoul-China. Mereka mengadakan konser tunggal dan juga mengisi beberapa acara di beberapa stasiun TV lokal. Dibanding dengan sub-grup yang lain, sub yang satu ini memiliki member yang paling tampan.

The duet! EunHae
Photo by jpopasia.com
Lalu, sub-terakhir adalah duet antara Donghae dan Eunhyuk. Mereka debut pada tahun 2012 dengan lagu "Oppa-oppa" yang berhasil membuat seluruh Elf berteriak dan bergoyang bersama. Tempo yang sering mereka bawakan, termasuk cepat, karena mereka lebih suka nge-rap. Maklum saja, mereka berdua itukan rapper Super Junior. MV terakhir mereka adalah "I Wanna Dance" tahun 2013 dalam versi Jepang. Dan, lagi-lagi mereka mengusai chart music di Jepang dengan lagu tersebut. Setelah KRY sukses besar dalam album "Promise U", dan mengadakan konser, akhirnya, "EunHae" alias "Eunhyuk dan Donghae" mengikuti jejak mereka. Lagu dan album mereka laris terjual di Jepang.

Secara keseluruhan, boyband yang beranggotakan 13 member ini terbilang sangat sukses di dunia permusikan Korea Selatan, bahkan Asia. Walaupun mereka terbagi dalam beberapa sub-grup, mereka tetap tegap berdiri sebagai Super Junior. Bahkan, setelah ditinggal oleh Hangeng di tahun 2010, mereka tetap mengeluarkan album keempat mereka yang berjudul "Bonamana" dan hasil tetap laris manis. Banyak yang sudah terjadi pada mereka bertigabelas, seperti Kibum vacum dari album ketiga hingga sekarang, Hangeng keluar dari SME, sedangkan Kangin wajib militer.

Sekarang, ada 8 member Super Junior yang masih aktif yaitu, Kangin --yang sudah kembali wajib militer tahun lalu, Siwon, Kyuhyun, Donghae, Eunghyuk, Shindong, Sungmin, Ryeowook. Heechul, wajib militer pada tahun 2011 dan sebentar lagi keluar, Leeteuk pun ikut wajib militer tahun 2012 dan akan menyelesaikan tugas negaranya tahun depan, sedangkan Yesung masuk wajib militer (wamil) pada Bulan Mei lalu dan akan keluar pada tahun 2014 nanti.

Super Junior sedang menyelesaikan "Super Show Tour World" mereka yang kelima. Mereka sukses mengelar konser di beberapa negara salah satunya Indonesia. Indonesia sudah kedua kalinya dikunjungi oleh "Super Junior Show", diantaranya "Super Show 4" yang diadakan tahun 2012, dan "Super Show 5" pada Bulan Juni 2013, dan mereka sukses membuat seluruh Elf histeris melihat penampilan idola mereka termasuk aku.

Setelah menjadi Elf, banyak yang bisa dipelajari dari Super Junior, dan yang paling aku sukai dari mereka, bukan tampang sebenarnya tapi kerja keras, perjuangan, kekeluargaan, persahabatan mereka yang mampu membuat aku ini meneteskan air mata. Saat mereka tertawa, aku pun tertawa. Saat mereka menangis, aku juga menangis. Menjadi elf itu seperti kamu menjadi bagian "menyenangkan" dari mereka. Motto Elf adalah "13elieve to Prom15e". Seperti yang dikatakan oleh Eunhyuk, Super Junior dan Elf itu bagaikan suami-istri yang tidak dapat dipisahkan oleh manusia untuk selamanya. Ya begitulah.
Bantu saya beli susu hangat sebagai teman menulis artikel
Previous
Next Post »

2 Blogger Comments

Write Blogger Comments
April Bunny
AUTHOR
August 24, 2013 at 1:25 PM delete

BEL13VE to PROM15E.... (h)
ELF terus dukung SUPER JUNIOR sampai akhir jangan setengan-setengan...
Okeee!!!

Reply
avatar
sunny feehily
AUTHOR
August 26, 2013 at 9:44 AM delete

Sampai akhir ELF dan SUJU itu akan terus bersama.
kita sebagai elf harus terus bersama mereka, jgn pernah beralih pada yang lain.
proud to be elf.

Reply
avatar

What do you think? Share your comments below. EmoticonEmoticon