Inilah K-POP Yang Sukses Berlaga Di Jagat Anime!

Annyeong...
Hey! Kamu, pecinta anime. Pasti suka dong, dengerin anime soundtrack.

It's Chobits
Photo by tv-facts.net
Nah! Sekedar info saja nih. Ternyata oh, ternyata... Gak semua soundtrack itu dibawakan oleh penyanyi asal Jepang loh... Ada beberapa yang dibawakan oleh negara tetangganya, yaitu Korea Selatan.

Kalau gitu, kira-kira kapan ya, mereka mengisi soundtrack sinetron di Indonesia...? Hehehehe...
Aku tidak akan banyak basa-basi deh, kita mulai saja ya.

Sudah pada penasaran kan, siapa saja yang sempat mengisi anime soundtrack?
Simak baik-baik.
Bila perlu, dicatat biar ingat terus.

BoA – "Every Heart"

Siapa sih yang gak tahu lagu "Every Heart"? Dan, siapa sih yang gak kenal BoA? Dulu, aku mengira BoA adalah penyanyi Jepang. Dia, sejak umur 20 tahun, sudah merilis album di Jepang berjudul "Twenty". BoA memang lebih banyak mengeluarkan single di Jepang. Pertama kali saya kenal BoA, saat menyanyikan lagu "Every Heart" untuk soundtrack film "Inuyasha". Jadi, sejak saat itu aku pikir, dia itu penyanyi Jepang. Baru lima tahun terakhir ini, aku nyadar kalau ternyata dia adalah penyanyi asal Korea!
*Kasihan banget, ya...*



DBSK – "We Are!"

Don Bang Shin Ki
Photo by sharingyoochun.net
Boyband satu ini merupakan jebolan SM Entertaimant, sama seperti BoA. Awalnya, mereka beranggotakan lima orang tapi sekarang tinggal dua karena JYJ membentuk boyband terpisah. OK. Aku gak bakalan ngebahas masalah mereka bubar atau apalah... Tapi, mau ngebahas anime soundtrack mereka. Mungkin, untuk para pengemar "One Piece", kalian pasti tahu dong lagu "We Are"?

Nah! "We Are Remix" merupakan opening kesepuluh dari anime "One Piece". Lagu "We Are" sebelumnya sudah dibawakan oleh Hiroshi Kitadani, yang menjadi the first opening "One Piece". Selain itu ada "Share The World" dan bonus track "Asu Wa Kuru Kara". Hebatkan?!

Mereka ini emang terkenal di Jepang pada zamannya, dan sekarang juga mereka masih terkenal sih, cuma cahayanya sudah sedikit redup. Hehehe…

2PM – "Take Off"

Aku tidak terlalu mengenal 2PM secara rinci, tapi tahulah beberapa lagu mereka. Seperti "Hands Up" dan "Without You". Sepertinya aku cuma familiar dengan dua lagu itu doang hehehehe...

Selain terkenal di negara asal mereka, yaitu Negeri Gingseng. Mereka cukup terkenal juga di Jepang. Mereka mengisi soundtrack "Ending Theme Anime Shone" untuk anime berjudul "Ao No Exercist" yang tayang pada tahun 2011. "Take Off" sendiri merupakan single pertama 2PM di Jepang dengan album mereka yang berjudul "Republic Of 2PM".

"Ao No Exercist" merupakan anime ber-genre action, secara keseluruhan anime ini sangat bagus. Jadi, bagi kamu, pencinta action, buruan download saja anime-nya. Kamu gak bakalan nyesal deh...

Secret – "Twinkle-Twinkle"

Secret
Photo by koreanmaniac.com
Siapa yang tidak tahu girlband cantik ini? Walau pendatang baru, tapi mereka sudah mampu menjadi pengisi salah satu anime soundtrack di Jepang, yaitu "Naruto". Tapi, jangan salah paham dulu ya... Anime yang dimaksud bukanlah "Naruto Shipuden", melainkan "Naruto SD". Salah satu karakter bernama Lee, menjadi main center atau tokoh utama "Naruto SD". Pasti pada tahukan, yang mana Lee? Yup! Dia adalah murid Guru Gai, dengan potongan rambut bob nyentrik dan baju hijau ketat. Semua yang ada pada Lee itu serba aneh. *Itu sih menurut aku...* Secret membawakan lagu "Twinkle-Twinkle" sebagai ending theme "Naruto SD". Sudah pernah dengar lagunya? Aku malah belum pernah denger tuh. Nonton "Naruto SD" saja belum. Jadi, maklum saja kalau lagu ini belum pernah terdengar sampai ke telingaku.

SS501 – "Kokoro"

Ya, betul banget. Boyband ini memang lagi vacum, tapi dulu mereka sempat mengisi anime soundtrack loh. Pernah dengar atau nonton "Blue Dragon"? Yup! Mereka adalah pengisi soundtrack dari anime tersebut, dengan judul lagu "Kokoro". Kalau nggak salah sih, anime ini pernah diputar di Indosiar, dan aku sempat mengikutinya tapi entah kenapa menghilang begitu saja. Sebagai tambahan saja, SS501 memang vacum, tapi para membernya masih pada exist loh di industri musik Korea Selatan. Masing-masing sudah mengeluarkan album solo.

Younha – "Houkiboshi"

Para pengemar "Bleach" pasti tahu dong lagu yang satu ini? Yup! Benar, kalau lagu ini merupakan ending theme ketiga untuk serial "Bleach". Sudah lama sih gak nonton "Bleach", jadi aku sudah rada-rada lupa gitu lagunya. Cewek ini memulai karirnya dengan mengikuti beberapa audisi tapi karena dia tidak terlalu memiliki wajah yang cantik, oleh karena itu dia ditolak terus. Dan, dengan lagu "Houki Boshi", karirnya naik di top chart musik Jepang. Secara "Bleach" itukan "Anime Shonen" yang popular.

FT ISLAND

FT Island
Photo by ftisland.livejournal
FT Island, band beraliran musik Indie, memang sering mengeluarkan single Jepang. Pertama kali dengar lagu mereka yang bahasa Jepang adalah "Flower Rock". Lagu itu keren banget sumpah! FT Island, kali ini, membawakan "Toriko Anime Soundtrack" yang bertajuk "Saiawe Ori (Theory Of Happiness)" dan sudah bisa dinikmati pada 24 Juni lalu. Sebenarnya, ini adalah yang kedua kalinya FT Island membawakan soundtrack "Toriko", dimana sebelumnya mereka membawakan lagu berjudul "Satisfaction". Suara Lee Hong Ki emang OK banget bangeetttt...!

Gak gampang loh, untuk menjadi pengisi anime soundtrack. Bahkan, orang Jepang sendiri saja harus bekerja keras untuk mendapatkan kesempatan mengisi anime soundtrack, secara saingannya seabrek-abrek gitu. Tapi, kenapa malah artis Negeri Gingseng mendapat kesempatan tersebut? Jawabannya, mungkin karena lagu dan musik mereka sesuai dengan karakter dan alur cerita anime itu sendiri. Biasanya anime itu cenderung ke arah persahabatan. Jarang-jarang ada anime percintaan yang populer. Lirik pun menjadi salah satu penentu untuk terpilihnya sebuah boyband/girlband untuk mengisi anime soundtrack. Jadi, gak gampang untuk masuk ke "dunia" anime soundtrack. Salut saja deh buat mereka-mereka yang mendapatkan kesempatan itu! Akhirnya, kerja keras mereka menuai hasil, sehingga musik mereka bisa dinikmati oleh semua kalangan. Bagi yang belum mendapatkan kesempatan tersebut, sebaiknya lebih kerja keras dan cobalah untuk menemukan lagu-lagu yang lebih sesuai.
Bagi semuanya, semangat saja deh! Dan, terus berkarya. Hwaiting...
Bantu saya beli susu hangat sebagai teman menulis artikel
Previous
Next Post »

1 Blogger Comments:

Write Blogger Comments
fey hadriyan
AUTHOR
July 1, 2014 at 8:46 AM delete

Boa - Every Heart (OSt.Inuyasha) <3 memang mantaap..

Reply
avatar

What do you think? Share your comments below. EmoticonEmoticon