Badai YouTube Melanda Sepanjang Tahun

Forum-forum bertajuk "Kaya Raya Lewat YouTube" sedang diramaikan dengan kasus badai YouTube memporak-porandakan ragam channel beraliran Mati Satu Tumbuh Seribu. Konon kabarnya, semua ini diawali dari raibnya channel-channel tak bertuan. Kemudian, merambah kepada channel-channel mayoritas berisi konten jiplakan. Tidak kelewatan juga channel yang menganut prinsip konten re-upload rasa original, termasuk original rasa re-upload. Sebenarnya, ada apa sieh?

Patut diakui bahwa peristiwa ini tidak sepenuhnya negatif, akan tetapi juga tidak sepenuhnya positif. Sebab kadang berimbas kepada pemilik channel yang menilai dirinya adalah content builder yang jujur dan bersahaja.

Ada yang bilang, hanya channel saja yang ter-suspend. Walaupun begitu, para creator studio yang mengalami imbas dari badai YouTube tersebut, masih diberi kesempatan untuk mengajukan banding. Nasib memang nasib. Beberapa dari mereka, masih ada yang bisa mengembalikan channel-channel yang sempat terlibas. Sisanya, mesti siap gigit jemari.

Ada juga yang bilang, lebih dari hitungan jari, ditemukan fakta adanya channel-channel hilang hingga ke akun Gmailnya. Dan sekali lagi, sebenarnya ada apa sieh?

Money Talk About YouTube

Weekly Report

Mari kita beralih dari kabar menegangkan di atas, menuju laporan mingguan. Atau, boleh juga disebut sebagai laporan Jum'atan karena laporan ini dibuat dan dipublikasikan secara spontan setiap hari Jum'at hehe...

Bisa dikatakan, Jum'at ini merupakan hari kebangkitan. Setelah sempat turun rating pada minggu sebelumnya, kini statistik menunjukkan kesehatan channel saya tidak hanya sekedar move on, melainkan juga move up.

Selama tanggal 26 Januari - 1 Februari 2017, data penayangan menunjukkan bahwa video telah dilihat hingga 64 kali dalam satu minggu. Artinya, terjadi peningkatan pengunjung hingga 205% jika dibandingkan dengan informasi minggu lalu.

Ketika saya cek pada laporan penayangan secara realtime 48 jam, terpampang bahwa channel saya telah dikunjungi dan ditonton video-videonya sebanyak 11 kali. Walaupun, masih perlu dipertanyakan juga mengenai durasi tontonannya.

Dan untuk informasi lainnya, seperti jumlah subscribers serta pendapatan, hingga saat ini masih berjalan di tempat, alias belum ada peningkatan atau gejolak yang signifikan.

Mereview hal-hal yang sudah saya kerjakan. Saya mendapati bahwa, saya memperbaharui judul dan thumbnail konten video sehingga tampak lebih efektif, efisien, dan menggelitik.

Apakah itu saja? Tentu saja tidak. Selain itu, saya juga menambah beberapa konten video original yang saya upload di luar jadwal rutin. Dimana konten-konten tersebut berdurasi mulai dari 14 - 100 menit.

Ngomong-ngomong, saya hanya ingin mengingatkan diri sendiri bahwa target saya adalah mendapatkan uang saku 10 US$ setiap hari dari kas YouTube. Terus terang, saya masih sangat penasaran, bagaimana sieh caranya meraihnya?
Bantu saya beli susu hangat sebagai teman menulis artikel
Previous
Next Post »

What do you think? Share your comments below. EmoticonEmoticon