Kenapa Saya Pilih Envato Sebagai My First Marketplace?

Envato. Satu kata yang memikat, cantik, trendi, dan mudah diingat. Singkatnya, cocoklah kalau mau dijadikan brand kekinian.

Sebagai salah satu marketplace kawakan, Envato merupakan lahan potensial, apik dan menjanjikan untuk dijadikan sebagai langkah awal berkarir sebagai pedagang produk digital.

Envato Marketplace


Melalui artikel ini, saya akan memperkenalkan Envato kepada kamu, sekaligus bagi-bagi rahasia: Kenapa saya jatuh cinta kepada Envato pada pandangan pertama?

Tapi, buat kamu yang sudah gak asing lagi dengan pelopor pasar produk digital satu ini, saya rasa kamu setuju bahwa Envato bisa dijadikan sumber passive income utama, bener kan?

Well, cara ngepet masa kini lah. Kalau dulu kan masih primitif, masih jaga lilin. Sekarang sudah era digital, jadi boleh lah kalau kita beralih dari lilin ke gadget.

Ketika saya memikirkan tentang teknik mendistribusikan produk, saya menemukan banyak opsi. Pertama, saya bisa langsung menjualnya melalui platform online seperti blog, website, video, forum, grup, fans page, dan masih banyak lagi.

Atau, saya bisa memilih untuk menawarkan produk layanan berlangganan. Alternatif lain adalah nge-drop produk di toko online alias mencari pihak ketiga.

Envato helps designers grow their strenght


Cara-cara tersebut biasa digunakan para pedagang untuk mempromosikan sekaligus menjual produk-produk mereka. Singkatnya, setiap pilihan pasti ada pro dan kontra, yang perlu dievaluasi tentang potensi menjangkau audience. Setuju?

Saat ini, kelemahan saya adalah tidak adanya hasrat yang besar dalam urusan marketing. Saya lebih tertarik menciptakan produk, daripada masarin produk.

Sekalipun saya harus melakukan promosi, maka saya tidak segencar itu untuk melakukannya. Siapa sangka hal tersebut bisa mempertemukan saya dengan Envato Graphicriver, salah satu marketplace ngetop.

Envato berani mengambil sikap tegas menanggapi masalah lisensi, bantuan teknik dan promosi, serta program afiliasi.

Saya masih punya banyak alasan, kenapa saya pilih Envato sebagai my first marketplace. Penasaran kan? Baca lanjutannya ya.

Sell your imagination


Sangat Memperhatikan Masalah Hak Cipta

Envato benar-benar menanggapi masalah hak cipta dengan sangat serius. Selalu ada saja oknum-oknum yang mengabaikan pentingnya lisensi produk yang digunakan.

Selama pekerjaan mereka bisa selesai, dan pimpinan mereka pun merasa puas atas hasil kerjanya. Maka, perkara lisensi sudah tidak jadi soal

Padahal sebagai author, perilaku menggunakan, menjual kembali, memodifikasi, menjiplak, bahkan menyebarluaskan produk tanpa memperhatikan lisensi dan meminta izin kepada pencipta produknya, benar-benar menyebalkan.

Begitulah Envato melindungi author dan produk-produk ciptaan para author mereka dengan terus mengedukasi tentang pentingnya hak cipta.

Setiap author berkewajiban menjual items yang sepenuhnya berada dalam tanggung jawab mereka.

Our ideas. Our community
Coba tebak! Mew da Vinci Official dimana?
Photo by Envato

Didukung Jutaan Komunitas

Persis batu bata yang ditumpuk-tumpuk kemudian disusun sampai jadi dinding. Toko terbaik wajib memiliki pengelola yang mampu mengarahkan pelanggan-pelanggannya agar tetap setia dan terus-menerus datang ke toko tersebut.

Kalau kamu punya sebuah toko, baik di dunia nyata maupun virtual, pasti kamu mengerti tantangan-tantangan yang perlu dihadapi. Seriuslah!

Saya paham kok gimana rasanya. Sepengalaman saya, agar mewdavinci.com punya traffic yang menguntungkan, sekaligus menarik perhatianmu, butuh waktu, riset, dan proses kerja yang optimal.

Setiap hari, Envato sanggup meraih lebih dari satu juta page views. Dengan kata lain, Envato berpotensi besar untuk mengarahkan para pengunjungnya ke lapak saya.

Sejak saya bergabung dengan Envato Marketplace, seakan-akan tanpa saya perlu melakukan apapun, saya bisa nyundul items saya sehingga dilirik visitor-nya.

Perlu disadari bahwa, prinsip semua online shop sama saja, semakin gencar mempromosikan items, maka grafik penjualan di Envato akan semakin meningkat.

Envato is our market place


Sales And Growth Potential

Envato memulai debutnya dengan meluncurkan FlashDen pada Agustus 2006, dan FlashDen pun sukses besar. Envato terus melakukan banyak updates dan menyuguhkan fitur-fitur terbaru, dengan tujuan membantu author saling terintegrasi.

Hingga awal bulan Agustus 2014 ini, Envato mampu menjual hingga 6 juta items, dan memiliki member sebanyak 4 juta orang.

Nah! Begitulah cerita antara saya dengan Envato Marketplace. Kamu punya pengalaman dengan Envato juga? Kalau iya, bagi-bagi cerita di kolom komentar, ya.

Komentar

  1. bisa menghasilkan uang juga nih ya,,,online shopnya itu seperti apa mbak mew,,apa yg biasa kita lihat itu ya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bisa juga mbak dwie... tampilan online shopnya kayak zalora atau ebay mbak... :)

      Hapus
  2. wah keren ... saya udah jadi member envato, tapi belum bikin produk #ironi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini komentar tahun 2014. Saat itu belum bikin produk. Tapi sekarang? :D Kayaknya Mas Iskael udah jadi juragan themes hehehe...

      Hapus

Posting Komentar

Apa yang Anda pikirkan setelah membaca tulisan ini?