Teknik Belajar Mengetik 10 Jari

Salah satu hal rutin yang akan dilakukan seorang blogger ialah mengetik!

Dimulai dari mengetik konten postingan yang malas aku lakukan tapi memang tidak terhindarkan. Kemudian bisa juga mengetik HTML yang sangat jarang aku lakukan karena aku tidak terlalu mengerti bahasa pemrograman. Ataupun sekedar untuk mengetik komentar, yang paling sering aku lakukan karena memang pendek dan mudah.

Kesemuanya berujung pada satu kegiatan yaitu mengetik!

Mengetik di depan laptop, awalnya menjadi kegiatan yang sangat memuakkan bagiku. Karena memang dulu aku sangat jarang mengetik, kalaupun ada aktifitas mengetik, itu karena ada tugas kuliah yang tidak bisa di-copy-paste. Bahkan aku lebih memilih untuk tulis tangan ide postinganku sebelum kuketik di komputer. Padahal kalau harus menulis tangan, Aku harus menulis ulang atau mencoret-coret kalau ada yang salah tulis. Tapi itu yang kulakukan.



Salah satu masalahnya dalam mengetik di komputer ialah aku mengetik dengan sangat lambat! Sehingga, aktifitas menulis di dunia maya jadi tidak menyenangkan. Setelah berada di semester akhir, aku memutuskan untuk menghadapi masalahku itu. Terutama karena harus mengetik skripsi dan membuat program pada skripsiku. Oke belajar ngetik!
Aku belajar mengetik sepuluh jari atau 10 fingers, teknik yang sudah dikenal sangat luas. Kenapa harus 10 fingers? Kenapa nggak pakai 11 jari aja (mengetik dengan satu jari kanan dan satu jari kiri)?

Panduan keyboard dengan warna
Photo by upbuntu.blogspot

Oke, kalau kamu merasa sudah bisa mengetik dengan kecepatan 70 kata per menit dengan 11 jari, maka kamu tidak lagi butuh teknik 10 fingers. Tapi kalau kamu cuma bisa mengetik kurang dari 30 kata per menit, maka kamu sangat butuh teknik ini. Dengan teknik ini kemampuan mengetikmu bisa mencapai 70 kata permenit bahkan lebih.

Oke kita mulai belajarnya. Belajar itu sebenarnya bukan istilah yang tepat untuk hal ini. Karena memang mudah sekali memahami konsepnya. Konsepnya hanya seperti pada gambar ini:

Kenyataannya hafal dengan semua tugas jari itu tidak membuat kita bisa mengetik cepat. Bukan menghafalnya yang menjadi intinya. Bisa saja otak kita sudah hafal semuanya tetapi tangan kita tidak meresponnya dengan benar. Jadi yang sebenarnya perlu dilakukan ialah melatih teknik mengetik ini. Semakin banyak berlatih maka semakin cepat kita bisa mengetik dengan 10 jari. Untuk melatihnya aku menggunakan beberapa software. Berikut ini beberapa software yang bisa digunakan:

Rapid Typing
Software ini didesain untuk membuat anda bisa belajar mengetik 10 jari dengan tahapan yang benar. Software ini dimaksudkan untuk membuat tangan anda mengenali satu-persatu huruf pada keyboard, baru kemudian mengetikkan kata demi kata. Sejauh ini, menurutku software ini cukup membantu.

10FastFingers.com
Jika jari-jari anda sudah cukup mengenali keyboard, maka beralihlah ke layanan online 10fastfingers.com. Tujuan dari menggunakan layanan online ini adalah, agar dapat latihan mengetik dengan spesifikasi bahasa. Bisa memilih Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

Ketika telah mencapai kecepatan 25 kpm atau 25 kata per menit, dengan menggunakan teknik 10 fingers, Aku menggunakan trik rahasia. Trik ini dibuat dengan tujuan memberikan tekanan lebih pada otak.
Aku yakini kalau diberi tekanan, otak kita mampu bekerja lebih efektif dan belajar lebih cepat.

Maka kemudian kututup semua keyboard dengan selotip lalu aku menggunakan teknik 10 jari ini setiap kali mengetik.

Berikut ini foto laptopku, yang masih kugunakan hingga sekarang. 
Keyboard laptop jadi korban latihan
Photo by upbuntu.blogspot

Ini sangat menyiksaku dalam dua minggu pertama. Tetapi selanjutnya aku sangat menikmati mengetik di laptop dan keyboard komputer. Dengan cara ini anda bisa mencapai kecepatan mengetik 50-70 kata permenit dalam waktu kurang dari dua bulan. Semuanya tergantung latihan Anda.

Aku sudah melakukannya. Sekarang kecepatan mengetikku mencapai 70 kpm, sangat cukup untuk pekerjaan blogging, menulis, ataupun editor. Kalau biasanya Aku menghabiskan waktu 1-3 jam untuk mengetik satu postingan, sekarang aku hanya akan menghabiskan waktu tidak lebih dari 30 menit.

Peringatan!
Teknik ini tidak boleh diterapkan untuk mengetik di mesin tik, akan menyebabkan jari pegel-pegel dan kram.


***
Artikel ini ditulis oleh Mahfuzh tnt.
Pemilik dan kontributor tetap www.mystupidtheory.com dan www.upbuntu.blogspot.com
Bantu saya beli susu hangat sebagai teman menulis artikel
Previous
Next Post »

5 Blogger Comments

Write Blogger Comments
July 14, 2014 at 8:30 AM delete

Pernah belajar cara ngetik kayak gini tapi ga bisa-bisa hahaha...akhirnya sampe sekarang gua membiasakan diri ngetik 11 jari...dengan dua jari telunjuk...wakakakaka

Reply
avatar
Dwiex'z Someo
AUTHOR
July 14, 2014 at 11:21 AM delete

aku biasanya asal ketik aja,,,2 jari telunjukku udah lumayan cepat seperti 10 jari itu mbak mew,,

Reply
avatar
July 15, 2014 at 1:25 AM delete

Sulit ya mas kelihatannya, coba belaja deh.

Salam balik dari Galassia del Sogno | http://gebrokenruit.blogspot.com

Reply
avatar
July 15, 2014 at 5:02 AM delete

kalau aku pake jari tengah semua. yang penting cepet dan hafal tempatnya.

Reply
avatar
Adi Pradana
AUTHOR
July 15, 2014 at 9:09 AM delete

Waktu EsEmPe dulu saya ada mata pelajaran mengetik... dan disana diajarin teknik mengetik 10 jari.

Reply
avatar

What do you think? Share your comments below. EmoticonEmoticon