Ajaib! Meja Biasa Disulap Jadi Drum Elektornik

Piano dan headset
Photo by psmag.com

Suka main drum? Atau jangan-jangan pemain drum? Tapi, wait! Saya tahu satu hal yang paling dinanti saat Bulan Ramadhan ini, yaitu ditabuhnya bedug tanda adzan maghrib akan dikumandangkan...

Well, back to topic. Kalau cuma main asal nabuh, sayapun suka. Jangankan drum, kalau lagi kumat sintingnya, dengkul pun bisa jadi sasaran buat tepak-tepuk. Asalkan bunyi PAK-PARARAPAK-PAK-PAK mengiringi irama hati, saya sudah kehibur.

Semasa SMP sampai SMK, saya gak gitu ngerti, kenapa sieh segelontor drummer seneng banget punya drum beneran? Bukankah zaman semakin maju? Teknologi makin berkembang. Apa saja bisa diganti. Seperti bergesernya kuas-kuas dan kanvas pelukis oleh kecanggihan software gambar yang ada di notebook, tablet, dan ipad. Begitu juga dengan piano tang ting tung, atau indahnya alat musik perkusi yang bisa diganti dengan elektronik.



Kenapa drummer masih ngarepin ngoleksi satu set drum lengkap yang besar-besar dan ngehabisin tempat?! Mungkin tiap komponen drum tersebut tidak bisa diwakilkan kenyaringan suaranya oleh instrument lain. Sisi lainnya adalah, bisa jadi ada prestise spesial saat melihat sekaligus memiliki fisik asli alat musik tersebut di ruangan pribadi. Ada kesan mahal jika sukses mengoleksi alat musik aslinya. Dan, memang alat musiknya itu sendiri pun harganya mahal.

Bicara tentang drum elektronik, saya baru tahu perkembangan teknologi semakin mantap. Hal tersebut, sesuai dengan sekilas info yang diunggah oleh teman saya di News Feed Facebook Group Indonesia Envato Authors (IdEA). Yaitu, video persembahan Drum Anywhere, dimana hanya dengan meja biasa, modal spidol temporary marker, sticks, microphone, dan software musik. Silakan tonton video di bawah ini:



Bagi saya, hal ini tidak hanya sekedar menarik, tapi juga menginspirasi. Saya sampai nonton Video Drum Anywhere sebanyak dua kali. Untuk memastikan kalau meja yang digunakan, ya memang meja biasa. An ordinary table like mine. Karena, setahu saya, ada yang namanya reactable. Yaitu meja yang memang dirancang untuk mendeteksi frekuensi atau gelombang suara dari box-box mini, seperti video di bawah ini:



Asyik ya, kalau bisa ikutan ngedrum dimana saja, dengan apa saja.
Bantu saya beli susu hangat sebagai teman menulis artikel
Previous
Next Post »

2 Blogger Comments

Write Blogger Comments
cara ampuh
AUTHOR
July 19, 2014 at 2:35 PM delete

Ko bisa gan,,, gimana ceritanya ??

Reply
avatar
Dwiex'z Someo
AUTHOR
July 20, 2014 at 3:10 AM delete

tapi suara meja yg satu dgn yg lainnya pasti berbeda mbak mew,,tapi kalo dia hobby bgt buat mukul2 gitu sih gpp walau beda meja dan beda bunyi,,,

Reply
avatar

What do you think? Share your comments below. EmoticonEmoticon