Niche Itu Apa Sieh? Dan Bagaimana Cara Membidik Keyword Blog Terpopuler?

Apakah itu Niche?

Pertanyaan tersebut baru saya sadari keeksisannya melalui komentar Mbak Chikita pada artikel berjudul, "Apakah Blog Gado-gado Punya Niche?" Saya kira, awalnya Mbak Chikita hanya ingin sekedar menggoda saya karena kebingungan plus kendablekan saya dalam memahami istilah "niche". Saya tidak menyangka ternyata beliau serius menanyakan hal tersebut. Pasalnya, rentang pengalaman ngeblog mbak cantik ini, sudah mencapai usia tahunan. Mungkin, sebelum saya kenal dan aktif di dunia blog, nama beliau sudah eksis.

Sepemahaman saya saat ini,
"Niche adalah topik, area, bidang, atau pasar."

Analisa niche untuk blog
Photo by problogger.net
Yups! Secara ringkas, pemahaman niche memang hanya itu. Tidak lebih dan tidak kurang. Sekaligus, gak ada kaitannya dengan swalayan, mall, bazaar, pasar tradisional, pasar malam, pasar ikan, atau jajanan pasar. Plus, gak ada hubungannya juga dengan stasiun... --Stasiun Pasar Minggu, Pasar Senen, Pasar Rebo... Jadi, jauhkan bayangan itu dari benak kamu. Jauhkan!

Soktahunya saya, penyusunan kata yang benar ketika di Bahasa Inggriskan adalah: Niche Blog. Artinya, Pangsa pasar blog, topik blog, atau area sasaran blog. Tidak mengapa, jika ada yang nyebutnya kebalik-balik menjadi "Blog Niche". Sebaiknya, huznudzon saja. Mungkin, maksudnya adalah pemilik blog itu bernama Niche. Atau, trend sekarang adalah mencampur adukan Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris dalam satu padanan kata.



Gak keren dunk, kalau saya lagi ngobrol saya orang-orang elit kelas intelek yang melek kamus bahasa terminos, etymos, logos, --termos, kompos...? Lalu, saya nanya, "Hey! Topik blog kamu apa?"

Bakalan dianggap gak gaul, kalau saya bilang, "Area blog saya sejak dulu di bidang teknologi, lhoo..." 

Selain itu, saya akan dituduh pembunuhan karakter, kalau ngomongnya, "Hai, pasaran blog kamu apa?" Plus, sambil ngegaya cengar-cengir sok pede, sok akrab.
"Hmm... Iya sieh, Mew... Bahasan blog saya memang masih umum, tapi bukan berarti pasaran, iya kan...?"

Jadi, apa itu niche?


Oleh karena itu, saya menerjemahkan "niche" sebagai passion. Niche adalah suatu tema bahasan yang bikin saya bersemangat, bergairah, berselera, berhasrat, dan bernafsu buat ngomongin hal itu. Apalagi, kalau obrolannya lebih spesifik dan lebih mendalam. Tentu saja, dampaknya adalah jika lawan bicara saya tidak berselera buat ngomongin hal yang sama, otomatis dia bakalan ngerasa ngomong sama lalat. Dia dengerin serius sampai ngantuk-ngantuk, tapi yang kedengeran cuma bunyi "ngiiiiiiingggggg....."

Pemahaman "niche" umumnya diembel-embelin kata "khusus" atau "spesifik", dengan maksud melakukan penekanan pada sub niche. Misalnya:

Niche Blog:Wisata Kuliner
Sub-niche Blog:Jajanan Pasar Murah dan Enak
Sub in sub-niche:Kue Tradisional Khas Nusantara
Sub in sub-niche:Di Yogyakarta - Solo, Indonesia


Ribet gak bahasanya? Okay! Then, who ask a question?

Komentar

  1. Jika diijinkan saya memberi tambahan mbak, maka dapat disimpulkan bahwa Niche Blog secara umum diartikan sebagai blog yang mempunyai tema atau pembahasan tertentu.

    Namun, perlu juga diketahui bahwa blog gado-gado juga bisa dikatakan blog niche jika dikaitkan secara maknawi, sebab blog gado-gado juga mempunyai kategori khusus yang bisa diterjemahkan sebagai niche blog bercabang.

    Ibarat sebuah pohon, niche blog utama adalah pohon, akar, daun, buah. Sedangkan niche blog gado-gado adalah bagian dari blog utama yang lahir dari cabang pohon, akar pohon dan anak buah pohon. Itu saja mbak, kira-kira paham kan heehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mas... gado-gado juga punya niche walau gak bisa dikatakan niche blog :D

      Hapus
  2. yapz,,betul,,setuju ama mas ibrahim,,,di blogku juga ada labelnya,,,hahaha,,apakah itu termasuk niche gado2???

    BalasHapus
  3. Blogku niche gado2, saya punya dua blog yang berniche khusus, membahas kesehatan dan jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. horeee...! ketemu lagi blogger yang sama kayak saya... sama-sama suka gado-gado...

      Hapus
  4. saya pikir lebih baik kita fokus pada satu niche daripada gado-gado. seseorang yang melahap beberapa niche sekaligus, seringkali tidak mengetahui kedalaman dari masing-masing niche.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, yang pilih niche khusus saya yakin ilmunya sudah mumpuni...

      Hapus
  5. I think depend on the purpose why we write a blog :) kalau memang segmented, maybe Niche is a must to fight on google, cmiiw dear

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, mbak.. thank you very much yaa sudah visit my blog :D

      Hapus
  6. sejauh ini saya masih gado - gado, sejauh saya enjoy, sejauh itu jg saya berusaha ngeblog :D

    BalasHapus
  7. saya sekarang akhirnya memahami apa yg dimaksud dengan NICHE setelah membaca artikel ini....great share...
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
  8. Hehe.. Baru Belajar Niche euy.. :D masih hijau di masalah ginian. :D

    Thanks for sharing..

    BalasHapus
  9. Yampun di ultah ke 13 aku bisa bikin blog, tapi masi ga ngerti niche apaan

    BalasHapus

Posting Komentar

Apa yang Anda pikirkan setelah membaca tulisan ini?