Cara Praktis Menggunakan Menu Navigasi Profile Blogger

Sudah dua hari ini saya blog Mbak Dwi Puspita Nurmalinda tidak update dengan artikel terbaru. Mungkin beliau sedang sibuk-sibuknya ya? Walaupun begitu, saya yakin silaturahim antara Mbak Dwipita dengan teman-teman sesama blogger akan tetap dijaga.

Aku butuh bantuan kalian
Photo by uncyclopedia.wikia
Akhirnya, saya menelusuri rekam jejak artikel-artikel beliau di Blog Tweetysaya. Saya menemukan artikel yang nuansanya berbeda dengan artikel-artikel sebelum dan sesudahnya, yaitu "Aku Butuh Bantuan Kalian :("

Emoticon sedihnya itu lho, yang menggugah hati saya buat ngeklik, sambil bergumam: Eh, ada apa ini? Ada apa?

Saya baca dari awal sampai habis, ternyata beliau memang sedang mengalami masa-masa sulit berkaitan dengan settingan pada blog template. Saya adalah pemain lama yang baru belajar cara menggunakan blog. Belum paham betul fungsi feedburner, cara optimalisasi Google Adsense, teknik meningkatkan pageviews, termasuk istilah "uv" dalam Google Adsense. Apakah "uv" ada kaitannya dengan sinar ultra violet?



Itulah sebabnya, saat saya membaca kegelisahan serta kebingungan Mbak Dwipita, saya hanya bisa ikut prihatin sambil ikut mempraktekkan langkah demi langkah yang pernah ditempuh oleh beliau. Sayangnya, dari dua cara yang dipaparkan beliau dalam artikel tersebut, cara terakhir yang notabene mengutak-atik Profile Blogger belum bisa saya terapkan.

Ditulis dalam artikel tersebut, seperti di bawah ini:
"Cara lain seperti ini.
  1. Silahkan masuk ke dashboard blogger, kemudian klik Menu Navigasi Profile pojok kanan atas 
  2. Setelah masuk klik Profil Blogger 
  3. Klik Edit profile 
  4. Centang Tampilkan alamat email saya (1) dan isikan email yang akan ditampilkan (2) 
  5. Klik Simpan profile 
  6. Dan lihat hasilnya (hasil yang aku lakukan gagal lagi)
Dan, GAGAL lagi."

Saya muter-muter, klik sana, klik sini. Berharap menemukan Menu Navigasi Profile di pojok kanan atas. Sayangnya, yang saya temukan hanyalah settingan Profile Google+. Walaupun begitu, saya gak kenal nyerah, saya klik-klik semua link yang kira-kira berkaitan dengan settingan Profile Blog. Apa saja saya klik sampai gak inget lagi jalan pulang. Akhirnya, daripada ribet back-beck back-beck pakai tombol navigasi bawaan Google Chrome, saya pilih mengeklik tombol Close pada pojok kanan atas.

Settingan Google Plus


Karena masih penasaran dengan Menu Navigasi Blog Profile tersebut, saya masuk ke Blogger Dashboard. Kemudian, saya klik tombol roda perkakas di sebelah pengaturan bahasa. Siapa tahu pencarian saya berlabuh dan berakhir di situ. Dan, benar saja! Pencarian saya berakhir di menu ini. Tidak saya temukan tampilan yang merujuk pada link-link lain, kecuali dua check boxes User Blogger Draft dan Feature announcement, seperti terlampir pada gambar di bawah ini:

Edit user setting di Blogger Dashboard


MasyaAllah... Niatnya sieh mau bantuin Mbak Dwipita menyelesaikan permasalan tersebut, tapi kok malah jadi saya nieh yang perlu dibantu. Kemana lagi saya harus mencari? Apakah karena profile blog saya sudah terintegrasi dengan Google Plus? Sehingga, saya tidak bisa melakukan settingan seperti penuturan Mbak Dwipita ya...

Btw, artikel ini ikut sertakan dalam "NgeBlog Have Fun Ala Estafet" yang diselenggarakan via Warung Blogger. Ikutan, yuk? Biar makin akrab dengan teman-teman blogger, terutama sobat Warung Blogger. Cari tahu lebih lanjut tentang apa itu "Ngeblog Have Fun Ala Estafet" di link: facebook.com/groups/warung.blogger/permalink/807856439226684/

Komentar

  1. Kalo gak salah, semua akun Google itu terhubung jadi satu (Blogger, Gmail, Youtube, Google Drive, Picasa). Jadi kalo mau ngubah Foto Profil, Keterangan,dll harus lewat G+.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah mas ope, kalau masalahnya kayak yang ada di punya mbak dwipita itu gimana? tiap postingannya ada tulisan: noreply@blogger.com

      Hapus
    2. baru tahu kalo ada masalah seperti itu
      mau ke TKP dulu buat liat masalahnya

      Hapus
    3. wah, oke mas ope dan mbak enny, siap! :)

      Hapus
  2. yeay,,,terima kasih sayang,,,,,akhirnya ada yg bantu aku,,,iya mbak,,aku sibuk banget nget nget,,,insyaallah pasti silaturahmi dijaga,,,sekali lagi,,,terima kasih,,, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi aku ngekel ngekel sendiri baca postingannya mbak mew,,,ternyata punya mbak mew bermasalah juga,,,hehehehe..eh mbak,,aku mau join blognya gmn nih??? nggak ada menu join ya???

      Hapus
    2. wah iya mbak... alhamdulillah :D saya juga banyak lihat foto-fotonya mbak dwi... :D
      btw, join blog saya itu gimana maksud dan caranya ya? :-d

      Hapus
  3. maaf ni mbak, untuk bantuannya mau yang kayak mana ya, apakah ingin menampilkan profile mbak di menu atau gimana, soalnya saya masih belum paham, dan jika mbak berminat, saya bisa membantunya, ya itung-itung amal ni heehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya sendiri masih nyari menu Navigasi Profile Blogger yang ada di Blogger dashboard mas...
      untuk permasalahannya sendiri ada di blog mbak dwipita, karena tiap postingan beliau ada tulisan noreply@blogger.com, lebih lanjutnya coba kunjungi artikel beliau...
      nah saya juga pengen tahu cara menyelesaikannya gimana...

      Hapus
  4. waahh! kayak nya saya juga gak tauu nih hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe... makasih udah mampir ya mas munawir :)

      Hapus
  5. Saya meletakkan Profile dengan menggunakan Halaman dan saya letakkan di bawah header. Disampingnya ada menu Sitemap
    Yang penting ada menu "About" atau "Tentang" atau apa saja istilahnya. yang penting pengunjung tahu siapa pemilik blog.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pakde, siap! Terima kasih ya saran dan kunjungannya :)
      Salam miaw!

      Hapus

Posting Komentar

Apa yang Anda pikirkan setelah membaca tulisan ini?