Apakah Script Itu?

Pengertian "script" secara umum adalah identik dengan bahasa pemrograman. "Script", menurut fineblogge.blogspot.com, diartikan sebagai bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat di akses. Sebuah script pemrograman adalah kode yang dapat meningkatkan fungsionalitas dari sebuah situs web. Semakin banyak script yang digunakan maka akan terlihat semakin menarik, dan interaktif serta terlihat lebih bagus.

Tapi, tahukah kamu?

Writing Feather
Photo by showwatcher.com
Ternyata istilah "script" juga digunakan dalam dunia perfilman. Situs screenwriting.info mengartikan "script" sebagai sebuah dokumen yang merincikan setiap aural, visual, behavioral, dan elemen lingual yang diperlukan untuk menggambarkan sebuah cerita secara detail.

Istilah-istilah yang menimbulkan pemaknaan ambigu inilah yang membuat para pencari jatidiri dalam jaringan profesi harus mengerti dengan benar peletakan pemaknaan sebuah istilah pada dunianya masing-masing.

Di Indonesia, istilah untuk "script" dibahasakan sebagai naskah skenario. Tujuannya, selain lebih membumi dan merakyat, kata "skenario" dirasa lebih cocok untuk menggambarkan pengertian "script" yang sebenarnya. Hanya saja, sebutan bagi seorang penulis skenario tetaplah "scriptwriter".



Teman-temanku yang baik, "scriptwriter" berbeda dengan "programmer". Saya boleh sharing pengalaman kan?

Writing a script
Photo by norwichfilmfestival.co.uk
Pertama kalinya saya mendengar istilah "scriptwriter", ketika saya chattingan dengan seorang teman yang berprofesi sebagai "scriptwriter". Waktu itu, dia membahasakan kegiatannya sebagai penulis "script". Dia menceritakan bahwa proyek "script" yang dia tulis sudah menjelajah hingga ke luar negeri. Wow! Iya, betul. Saat itu reaksi saya "WOW!", sambil cengar-cengir, menghayal, dan mikir: Kira-kira script apaan yang cuma berkutat di negeri sendiri ya?

Oh! Ternyata, setelah panjang lebar dia menceritakan profesinya. Bahkan, bisa jadi sampai jemari keputer-puter dan keyboard berbusa-busa, dia baru nyadar kalau sedari tadi saya memahami profesi scriptwriter sebagai programmer.

Barulah, saya dijelaskan bahwa scriptwriter bukanlah programmer. Walaupun, jika istilah "scriptwriter" di Bahasa Indonesiakan akan bermakna "penulis script".

//-- Halo, ibu-ibu? Bapak-bapak? Oom? Tante? Kakak? Adek-adek? Teman-teman semua...? Hey penonton....? Masih hidup kan...?

Maaf ya, kalau bahasanya lebih kaku daripada biasanya. Bisa jadi, terpengaruh oleh topik pembicaraan, sehingga otomatis saya jadi kaku. Tapi, gak seperti bahasa yang digunakan dalam kisah-kisah kerajaan kan? Seperti Tutur Tinular, Nyi Pelet, atau Kisah Gunung Merapi...

Okay! Then, masih mau dilanjutkan bahasannya?

Tapi, kayaknya yang baca juga udah ngantuk deh... Lagian, bahasan kali ini pun juga cuma segitu. Hanya ingin berbagi pengetahuan mengenai istilah "script" dalam dua dunia yang berbeda. Terima kasih ya, teman-teman. Sudah rela kesasar di postingan ini.
Bantu saya beli susu hangat sebagai teman menulis artikel
Previous
Next Post »

4 Blogger Comments

Write Blogger Comments
March 26, 2014 at 4:46 PM delete

Hahahaha
Belum selesai asyik dengan tulisannya, eh sudah diselesain ternyata..
Saya sudah pernah dengar tentang scriptwriter ini sebelumnya..
Oke, sip..!
Good luck..! :D

Reply
avatar
Mew da Vinci
AUTHOR
March 26, 2014 at 4:51 PM delete

hahaha.. sabar aja mas rosyid :-d

Good luck for you too!

Reply
avatar
eruvierda
AUTHOR
March 27, 2014 at 4:09 AM delete

script asal katanya semua hal yang tertulis.... pada awalnya lebih ke pada handwriting text.... baru kemudian mulai sering digunakan pada pertunjukan.... ketika sudah mulai kehidupan digital script mulai digunakan dalam kosakata pemrograman.... mungkin karena awalnya ditulis tangan juga kali ya... (jadi inget pas ujian pascal waktu SMA disuruh bikin program itung2an tapi ngerjainnya di kertas @-) )

Reply
avatar
Mew da Vinci
AUTHOR
March 27, 2014 at 8:23 AM delete

hihihi... :-) saya juga pernah ngalami hal yang sama mbak...
kalau banyak syntax yang sama, entah udah berapa puluh kali saya harus ngulang-ngulang nulisnya... mungkin biar inget ya :-d

Reply
avatar

What do you think? Share your comments below. EmoticonEmoticon