Cara Memanfaatkan Blogspot Post Schedule

Pernah ngerasain jadi penulis galau?

Schedule your post
Photo by commons.wikimedia
Hmm... Semua ini ada hubungannya dengan aktivitas penulis, yang nantinya bisa tiba-tiba nge-blogging, atau malah meninggalkan blog selama-lama-lamanya. Saya pernah juga mengalami ini. Sampai hampir setahun gak bikin artikel apa-apa, lantaran gak mood nulis. Akibatnya, jumlah visitor menurun dan kemampuan berkarya tidak meningkat.

Tapi, sejak saya menerapkan fungsi Post Schedule, rasanya gak ada lagi alasan bagi saya untuk berhenti menulis. Baik ketika saya sibuk, atau tidak terkoneksi ke internet dalam jangka waktu yang lama, blog saya tetap mempublikasikan artikel secara otomatis. Wow! Ini ngebantu saya banget, biar seolah-olah saya konsisten menulis. Apa lagi, authors Blog Saidoonee ada empat orang.

Caranya mudah saja. Setiap kali mau buat postingan, saya pastikan untuk memilih tanggal dan jam publikasinya terlebih dahulu. Misalnya, karena saya selalu posting setiap dua hari sekali, maka... Jika kemarin saya sudah buat artikel untuk dipublikasikan pada 26 Maret 2014. Selanjutnya, artikel yang saya tulis sekarang, akan dipublikasikan pada tanggal 28 Maret 2014. It's easy! Gampang banget...

Gak bingung kan?



Untuk mempermudah kamu, coba deh lihat gambar di samping berikut ini. Gambar tersebut, sengaja saya beri nomor, yang artinya merupakan langkah-langkah yang perlu di tempuh.

Semua langkah pada tutorial, biasanya dimulai dari nomor urut satu. Di bagian kanan sidebar, ada sederet menu seperti Label, Schedule, Permalink, Location, Search Description, dan Options. Klik menu Schedule untuk mengatur jadwal publikasi artikel.

Kemudian, check button "Set date and time". Nanti muncul tanggalan. Nah, pilih tanggal yang diinginkan untuk publikasi. Kali ini, saya memilih tanggal 28 Maret 2014. Untuk jam tayangnya, bisa juga di atur dengan mengklik textbar di atas tanggalan.

Saya sudah selesai pilih-pilih tanggal baik untuk publikasi artikel. Lalu, saya klik tombol Done. Dan Publish!

Ingat ya! Pilihlah Publish. Bukan Save atau Preview, apalagi Close.

Saya harus tekan tombol Publish agar artikel yang saya buat bisa dipublikasikan sesuai dengan tanggal yang saya inginkan. Kalau saya pilih Close, maka artikel tetap tidak akan terbit, walaupun sudah dijadwalkan jam tayangnya.

Selamat mencoba dan tetap berkarya!

Salam Miaw.
Bantu saya beli susu hangat sebagai teman menulis artikel
Previous
Next Post »

3 Blogger Comments

Write Blogger Comments
Elsawati Dewi
AUTHOR
March 29, 2014 at 1:26 PM delete

saya juga pakai cara ini mas, menyenangkan rasanya kalau kita bisa menulis beberapa artikel sekaligus dan publikasinya dijadwal :D kekurangannya cuman nggak autoshare ke google+

Reply
avatar
Mew da Vinci
AUTHOR
March 30, 2014 at 8:15 AM delete

bener banget mbak elsa ;-(

Reply
avatar
December 19, 2014 at 2:51 PM delete

maksudnya bagaimnana ya? kok ga bisa dishare ke google+?

Reply
avatar

What do you think? Share your comments below. EmoticonEmoticon