Indonesia Negeri 1001 Senyum

Jika keberadaan saya ini dibahasakan secara puitis, maka saya adalah salah satu pemuda yang ikut menyentuh, menikmati, dan mengisi relung-relung negara. Dan bukanlah kapasitas saya untuk berbicara panjang kali lebar ditambah phi kuadrat kurung buka alas kali tinggi bagi dua kurung tutup.

Smile of Indonesia
Art by ugm.ac.id
Modified by Mew da Vinci

Siapa yang tidak tahu Indonesia? Negeri cantik, mempesona, berkarakter, dan memiliki selera humor yang tinggi. Itulah sebabnya, walau usia Indonesia sudah tidak muda lagi, namun tetap tampak belia. Bahkan dalam peta dunia, terlihat Indonesia adalah satu-satunya negara dengan susunan tekstur geografi seperti sedang tersenyum.

Dari zaman ke zaman. Era berganti euphoria. Indonesia masih tetap konsisten dengan sejarahnya. Masih ingat bagaimana perjuangan Bung Karno, Pak Harto, dan Pak B.J. Habibie membentuk, membangun, dan mengembangkan karakter para pemuda? Kebayang gak sieh, gimana sulitnya mengajak seluruh pemuda Indonesia yang notabene gagah, berani, kritis, vokal, dan open-minded, untuk mencintai bangsa hingga mengakar?


Jargon "berikan kepada saya sepuluh pemuda yang mencintai bangsanya, maka akan kuguncang dunia", hingga saat ini merupakan kebutuhan mutlak. Tidak bisa diganggu-gugat. Harga mati. Sepakat?

MarketGlory Indonesia
Bagaimana jadinya, jika suatu hari Indonesia sepenuhnya di bawah kendali orang-orang yang hanya memikirkan untung dan rugi baik dari sudut pandang dompet pribadi maupun kelompok tertentu. Harga produk lokal sengaja dijual sama mahalnya dengan harga ekspor, atau bahkan lebih mahal, karena hanya memikirkan profit. Hingga pada akhirnya, suara rakyat serak-serak parau, hanya sekedar senandung dangdut koplo yang disawer lima ribuan, entah untuk diam atau sekedar pencitraan.

Jika dalam game MarketGlory Indonesia, setiap pemain yang jenuh akan kebijakan ajaib pemerintah, bisa dengan mudahnya meninggalkan Indonesia dengan dua cara, yaitu:
  1. Travel ke negara lain, lantas mengubah status kewarganegaraannya, (in progress) atau
  2. Menamatkan riwayat user WNI, kemudian re-register menggunakan proxy US, Malaysia, Phillipine, atau negara lain.
Di kehidupan nyata, tidak akan semudah itu. Benar, bahwa pindah warga negara masih bisa dilakukan, tapi bunuh diri lantas terlahir kembali di negara mana saja sesuai rencana, apa bisa?

Tapi, ah... Indonesia. Bagaimanapun kamu, wajahmu akan tetap tersenyum, selama masih menyimpan jiwa persatuan.

Sekian reportase sore, berita hari ini, +Mew da Vinci melaporkan dari arena kadal cicak buaya. Terima kasih dan kembali ke studio bersama +NM Palagan dan Ranz Masada.

---
Klik untuk memilih salah satu dari kami menjadi mentormu di MarketGlory Indonesia:
spa spa
moldymen
palagan
lutfia1313
Bantu saya beli susu hangat sebagai teman menulis artikel
Previous
Next Post »

What do you think? Share your comments below. EmoticonEmoticon